Pantai Rita, Keindahan yang diLupakan

Pantai Rita. Siapa yang tidak ingin menikmati keindahan alam Sumba? Dari anak – anak mungkin sampai lansia pun semuanya ingin melihat pesona keindahan bumi Sumba yang eksotis ini. Mungkin kamu yang sedang membaca artikel ini, pasti kamu sedang membayangkan betapa indahnya bumi Sumba ini.

Sumba menyuguhkan keindahan alam yang lengkap, mulai dari wisata adat, barisan bukit yang indah, air terjun yang menenangkan, pantai yang indah dengan pasir putih dipadu air yang jernih, hingga padang savana yang luas. Semua hampir tesedia di sini.

Semua orang yang berkunjung ke Sumba, dari sekian banyak destinasi wisata yang mereka pilih pasti ada pantai di dalam list destinasi yang akan dia pilih tersebut. Pantai di Sumba ini memang terkenal dengan pesona keindahannya yang membuat orang yang mengunjunginya bahagia ketika melihat keindahan tersebut.

Salah satu pantai yang akan kita bahas kali ini tidak kalah indah dibandingkan pantai pantai di Bali atau di Lombok.

Pantai Rita.

Pantai yang dimaksud adalah Pantai Rita. Pantai Rita ini terletak di bagian barat pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pantai ini memang tidak sepopuler pantai Walakiri yang terkenal dengan keindahan sunsetnya atau dengan pantai Bwanna dengan keindahan batu bolongnya. Pantai Rita ini tidak kalah indah dari pantai pantai lain yang ada di Sumba tersebut.

pantai rita sumba

Pemandangan dari Pantai Rita, sumber: Sumba Land and Property

Masih sedikit orang yang berkunjung ke Pantai Rita. Pantai ini mungkin hanya sesekali saja orang mengunjunginya. Ketika kita menikmati alam di pantai ini kita serasa sedang berada di pantai pribadi.

Menuju Pantai Rita.

Untuk mengunjungi Pantai Rita, kita perlu melewati jalanan yang masih terbilang ekstrem. Daerah yang masih sepi penduduk, dengan jalan yang berbatu sedang melalui proses pengerasan tanah, dan belum ada maps yang menunjukan jalan ke pantai ini. Jika ingin mengunjungi pantai ini kita harus sering bertanya dengan penduduk sekitar yang sesekali lewat.

pantai rita sumba

keadaan pantai rita, sumber: Lae Eha

Menuju pantai ini juga belum ada transportasi umum yang lewat, jadi kamu harus menyewa kendaraan pribadi motor atau mobil. Untuk biaya sewa motor di Sumba kamu perlu megeluarkan uang mulai dari Rp150.000 per harinya. Untuk menyewa mobil kamu harus merogoh kocek mulai dari Rp700.000 per mobil.

Jika kamu menyewa mobil di Sumba, ada baiknya kamu sekalian menyewa supirnya. Karena supir tersebut bisa mengajak kita ke destinasi destinasi wisata yang ada disini tanpa tersesat.

Keindahan Pantai Rita.

Gulungan ombak yang tenang, pasir pantai yang lembut, tiupan angin sejuk yang menggerakan pohon pohon di tepi pantai semua bisa kamu dapatkan di pantai ini. Pantai ini sangat cocok untuk kamu yang menyukai ketenangan karena pantai ini masih sepi sekali pengunjung yang datang. Jadi di pantai ini privasi mu lebih terjaga dan kamu serasa sedang berada di pantai pribadi.

pantai rita sumba

pantai rita, sumber: Twitter @allbalipro

Menikmati sunset di pantai ini juga sangat nikmat. Kamu mendapatkan keindahan matahari terbenam dan mendapat ketenangan. Kamu pasti akan mendapatkan ketenangan dan kamu bisa menikmaiti keindahan alam dengan sepenuhnya.

Biaya ke Pantai Rita.

Karena masih terbilang perawan atau belum banyak orang yang mngunjunginya, untuk mengunjungi ke pantai ini kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Kamu hanya perlu membayar biaya sewa mobil untuk dan membayar supir untuk mengunjungi pantai ini. Itu merupakan salah satu kelebihan jika kita berkunjung ke Sumba., masih banyak destinasi wisata yang tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjunginya.

Tapi sepertinya memang pemerintah harus lebih tegas lagi untuk menjaga kekayaan alam bumi Sumba ini. Karena destinasi di sini termasuk Pantai Rita ini, semuanya berpotensi untuk memajukan ekonomi Sumba. Karena keindahannya yang luar biasa.

Ada beberapa oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab, mereka mencoba menjual pantai ini ke investor asing, sebagai contoh ada beberapa website di Google yang menjual pantai ini. Itulah yang mengharuskan pemerintah Sumba harus membuka mata lagi untuk memajukan ekonomi Sumba melalui sektor pariwisatanya.

Berikut merupakan pesona keindahan Pantai Rita ini, memang tidak ada habisnya jika kita membahas tentang keindahan Sumba. Apa kamu tertarik untuk berkunjung ke sini?

Baca juga.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x