5 Tempat Terbaik Menikmati Sunset di Tambolaka

Sunset di Tambolaka.

Tidak ada habisnya jika kita membicarakan keindahan Sumba. Pesona keindahan Negeri Seribu Bukit ini memang sudah terkenal dengan semua objek wisatanya yang indah. Pantai – pantai berasir putih dengan air yang jernih, jajaran bukit yang berbaris rapih, air terjun deras yang menenangkan, dan masih banyak lagi yang bisa kita temukan di sini.

Para wisatawan berkunjung ke pulau Sumba tidak mungkin tidak mengincar keindahan matahari terbenam di bumi Sumba. Mereka pasti akan mencari spot spot terbaik untuk menikmati keindahan ratu siang tersebut.

Membicarakan matahari terbenam, kali ini kita akan membahas 5 tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam atau sunset di Tambolaka. Mari kita bahas bersama sama.

1. Pantai Kawona.

Pantai Kawona merupakan salah satu pantai di Sumba Barat Daya yang menyajikan panorama yang indah. Pantai ini berlokasi di Wee Londa, Kota Tambolaka, Sumba Barat Daya NTT. Untuk mencapai ke pantai ini, pengunjung perlu kurang lebih dua jam dari ibu kota Sumba Barat Daya menuju pantai ini menggunakan sepeda motor.

Dalam dua jam perjalanan tersebut pengunjung akan di hadapkan pada rute yang cukup memacu adrenalin. Jalanan di area ini bisa terbilang masih belum mudah untuk diakses. Ada banyak jalan jalan dengan pengerasan tanah yang berbatu dengan karang-karang yang tajam.

pantai kawona, sumber: Tripadvisor

Setelah mencapai pantai ini, perjalanan dua jam melelahkan itu akan terbayarkan ketika kamu melihat keindahan pantai ini. Pasir putih yang lembut dipadukan dengan air laut yang jernih bisa kamu nikmati disana. Kamu bisa berenang atau hanya sekadar berfoto di atas batu karang sama indahnya.

Sekarang pantai Kawona ini sudah cukup banyak restoran di tepi pantai tersebut. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam sambil menikmati minuman segar.

2. Pantai Oro.

Selanjutnya adalah pantai oro. Pantai oro ini masih terbilang asing di kalangan wisatawan. Pantai ini masih jarang dijamah manusia atau masih sepi. Keasrian dan masih sedikitnya pengunjung membuat kamu betah untuk berlama lama di pantai ini. Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahan matahari tenggelam dengan berbaring dari atas gugusan karang yang tersusun alami.

keindahan pantai oro, sumber: Detik Travel

Di sisi yang lain deru ombak menerjang karang menjadikan suasana yang tiada duanya bagi wisatawan. Jika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu akan merasa berkunjung ke pantai pribadi karena sepinya pantai ini.

Pantai Oro sangat cocok bagi wisatawan yang tidak terlalu suka keramaian pantai. Pengunjung akan disuguhkan dengan sebuah  keramahan alam yang membuat perasaan nyaman dan privasi menjadi terjaga.

Pantai indah ini terletak di Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Untuk sampai di pantai ini membutuhkan waku 45 menit sampai 1 jam perjalanan dari Tambolaka, atau kurang lebih berjarak 14 km dari bandara. Masih belum ada angkutan umum untuk menuju pantai ini. Pengunjung perlu menyewa kendaraan pribadi.

3. Danau Weekuri.

Yang ketiga adalah Danau Weekuri yang terkenal keunikannya. Danau Weekuri ini terletak di Desa Kalenarogo, Kec. Kodi Utara, Kab. Sumba Barat Daya, NTT. Danau Weekuri ini sudah mulai banyak dikunjungi wisatawan karena keindahan dan airnya yang jernih membuat semua orang terpesona. Danau ini berjarak sekitar 60 kilometer dari Tambolaka.

tempat wisata di sumba Barat

danau weekuri, Sumber: voinews.id/

Akses untuk menuju ke paintai ini masih cukup sulit, Danau Weekuri ini direkomendasikan karena keindahan alam dan kejernihan air dari Laguna yang tersembunyi di Sumba. Kamu bisa menikmati keindahan matahari terbenam dari atas tebing di tepi Laguna indah ini.

4. Tanjung Mareha.

Rekomendasi tempat selanjutnya adalah Tanjung Amareha. Seperti namanya Tanjung Mareha ini adalah sebuah bukit yang menjorok ke lautan. Semilir angin berkolaborasi dengan hikmat bersama deburan ombak memberikan ketenangan yang menjadi obat untuk segala beban pikiran yang ada.

sunset di tambolaka

Tanjung Mareha, Pantai Bwanna. Sumber: Tempat Wisata

Untuk menikmati pemandangan matahari terbenam, dari atas tebing Tanjung Mareha ini adalah tempat yang tepat. Guratan cahaya oranye terlukis indah di atas langit hamparan Samudra Hindia yang mempesona. Tanjung Mareha ini menjadi tempat favorit wisatawan ketika berkunjung ke Sumba. Karena Tanjung Mareha ini merupakan tempat favorit para wisatawan untuk mengincar keindahan matahari terbenam, belum lagi keindahan Pantai Bwanna dibawah Tanjung Mareha ini yang terkenal dengan batu bolongnya.

Tanjung Mareha ini terletak di Kabupaten Sumba Barat Daya, Kecamatan Kodi, NTT. Tanjung mareha ini berada sekitar 50 km dari Tambolaka.

5. Pantai Mananga Aba.

Rekomendasi yang terakhir adalah pantai Mananga Aba yang  terletak di perbatasan Desa Ramadana dan Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya. pantai ini tidak sepopuler Danau Weekuri, Bukit Wairinding, atau Pantai Walakiri. Tapi keindahannya tak dapat terkalahkan dari semua destinasi wisata ini.

Lebar pantai pasir putih halusnya sekitar 30-60 meter dan pantai ini memiliki panjang 7 km. Pantai ini masih tergolong sepi. Tempat ini menjadi tempat pilihan untuk melihat matahari terbit dan terbenam. Keindahan pantai ini bisa dilihat dari berbagai posisi.

sunset di tambolaka

sumber: Travelink Magazine

Keunikan pantai ini adalah pengunjung bisa melihat matahari terbit di pantai ini begitu juga matahari terbenam. Karena pantai ini tegak lurus menghadap utara dan sisi barat maupun timurnya tak ada apapun yang menghalanginya. Itulah yang membuat orang tertarik untuk mengujungi pantai ini.

Itulah 5 spot terbaik untuk menikmati matahari terbenam di Tambolaka. Tempat mana yang sudah pernah kamu kunjungi?

baca juga:

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x