5 Tempat Wisata di Sumba Barat yang Mendunia

Tempat Wisata di Sumba Barat – Sumba Barat, terbentang di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Di setiap penjuru mata angin daerahnya memiliki keunikan masing-masing.

Begitu pula dengan destinasi wisata yang dapat wisatawan kunjungi. Pantai, tanjung, perbukitan, dan desa adat merupakan beberapa contoh destinasi yang wajib dikunjungi ketika berwisata ke Pulau Sumba.

Di bagian barat pulau Sumba terdapat 5 wisata keren yang diharuskan menjadi daftar destinasi wisata. Berikut kami sampaikan 5 tempat wisata di Sumba Barat yang bisa kamu datangi:

 1. Tanjung Mahera

mahera

Tanjung Mahera – Foto @melissa_suryaningtyas

Tempat Wisata di Sumba Barat yang pertama adalah Tanjung Mahera yang berjarak sekitar 50 km dari pusat Kota Tambokala, Sumba Barat. Perjalanan menuju tanjung ini adalah sekitar 2 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Tebing-tebing yang tinggi menjadi daya tarik utama dari Tanjung Mahera di Pulau Sumba ini. Dari tebing-tebing ini kalian bisa dengan mudah melihat keindahan air laut yang biru dari Pantai Mbawana.

Deretan tebing-tebing karang ini juga saling menyambung satu sama lain sampai ke Pantai Watu Maladong. Kalian bisa melihat pantai yang berpasir putih dari kaki tebing.

Tanjung ini sering dijadikan tempat singgah sementara oleh wisatawan yang ingin melancong ke Pantai Mbawana dan Pantai Watu Maladong.

2. Pantai Mbawana

Pantai bmawana, Tempat Wisata di Sumba Barat

Pantai Bmawana, Tempat Wisata di Sumba Barat – Foto @lusi_xiaofeng

Pantai Mbawana adalah Tempat Wisata di Sumba Barat yang juga wajib kalian kunjungi. Pantai ini biasa juga disebut Pantai Batu Bolong  terletak di Kecamatan Kodi, Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur.

Akses menuju Pantai Mbawana memang tergolong agak kurang mudah, medan yang meliuk-liuk dan off road. 

Setelah sampai di lokasi, pengunjung diharuskan menuruni sekitar 300 anak tangga yang lumayan curam, dan ketika sampai di Pantai Mbawana hamparan pasir putih, laut biru  dan deburan ombak akan menyambut wisatawan.

Keunikan dari Pantai Mbawana ini ada pada tebing batung karang yang menjorok ke pantai, membentuk dinding dengan lubang besar di tengahnya, karang bolong ini mempercantik Pantai Mbawana.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

3. Pantai Mandorak, Tempat Wisata di Sumba Barat

mandorak

Pantai Mandorak, Tempat Wisata di Sumba Barat – Foto @chairulirfani

Tempat Wisata di Sumba Barat selanjutnya adalah Pantai Mandorak. Pantai indah ini merupakan salah satu pantai yang menjadi surga tersembunyi di Sumba Barat.

Keindahannya berasal dari air lautnya yang berwarna biru, pasirnya berwarna putih bersih, dan ada dua tanjung menjorok yang membentuk paduan yang sangat indah.

Pantai Mandorak ini berlokasi di Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi. Wisatawan bisa bermain air, berenang atau hanya sekadar menikmati pemandangan dan aktivitas nelayan di sekitar pesisir pantai.

Di Pantai Mandorak juga kita bisa menyewa perahu kecil yang dilengkapi dengan sampan untuk bisa mengarungi laut. Menikmati angin yang segar dan hembasan ombaknya menjadi suatu aktivitas menyenangkan yang bisa wisatawan lakukan di Pantai Mandorak ini.

4. Watu Maladong

watu Maladong, Tempat Wisata di Sumba Barat

Watu Maladong, Tempat Wisata di Sumba Barat – Foto @come2indonesia

Watu Maladong berlokasi di Desa Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Balaghard, Sumba Barat. Cuaca cerah ditambah keindahan biru air laut dan langit menjadikan tempat ini begitu indah dan memesona.

Pantai Maladong juga terkenal dengan sebaran batu-batu besar yang cantik untuk latar foto. Watu berarti batu dimana terdapat banyak bebatuan yang tersebar dengan berbagai ukuran di sekitar kawasan Pantai Maladong.

Terdapat satu batu karang yang sangat besar dan unik dimana terdapat lubang di bawahnya. Senja, menjadi waktu yang sangat pas untuk menikmati suasana matahari terbenam. Cahaya matahari akan memantul pada batuan karang dan juga air laut.

5. Kampung Adat Ratenggaro

ratenggaro

Kampung Adat Ratenggaro – Foto @ichakrsnwati_

Tempat Wisata di Sumba Barat yang membuat kita bisa melihat kebudayaan Sumba adalah Kampung Adat Ratenggaro. Kampung ini berlokas tepatnya di Desa Umbu Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Sumba Barat. Kampung adat khas Sumba Barat ini berjarak sekitar satu jam perjalanan dari pusat kota Tambolaka.

Kampung Adat Ratenggaro merupakan kampung adat di Sumba yang paling banyak didatangi wisatawan. Lokasinya yang strategis dekat pesisir pantai Ratenggaro menjadikannya daya tarik tersendiri untuk dapat dikunjungi wisatawan.

Masyarakatnya adat Sumba Barat juga sudah terbiasa menerima dan menyambut kedatangan wisatawan melalui prosesi penyambutan adat yang khas.

Arsitektur unik perumahan dengan atap yang menjulang menjadi nilai keunikan tersendiri dari bangunan rumah yang terdapat di Kampung Adat Ratenggaro.

Wisatawan dapat membeli berbagai macam cendera mata khas Sumba Barat seperti tas, gelang, kalung, sampai dengan kain tenun bermotif khas Sumba Barat.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x