Tentang kota Tambolaka dan keunikanya

Tentang kota Tambolaka dan keunikanya

Sumba yang berada di provinsi NTT memang tak pernah habis untuk dibahas. Mulai dari keindahan panorama alat, desa wisata hingga budaya yang dimilikinya.

Dari berbagai macam-macam pulau di Indonesia. Sumba adalah salah satu pulau yang memiliki keindahan yang mampu memikat banyak wisatawan. Mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Sumba juga disebut-sebut sebagai saingan Bali karena kekayaan alam dan budayanya.

Baca juga:

Pesona tanjung sasar sumba

PC corner cafe

Air terjun kanabu wai

4 lagu sumba yang harus diketahui

Salah satu kota yang ada di Sumba Barat Daya adalah Tambolaka. Tambolaka merupakan Ibu Kota Sumba Barat Daya. Seperti kota-kota yang lainnya, Tambolaka merupakan kota yang memiliki kekayaan alam yang luar biasa. Hingga tak heran banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Bahkan, masih banyak lokasi wisata yang masih belum terekspos ke publik. Sehingga sangat menarik untuk dijelajahi.

Tambolaka bisa dikatakan sebagai pintu gerbang Sumba Barat. Sebagai pintu gerbang Sumba Barat Tambolaka mempunyai dua fasilitas untuk menyambut kedatangan traveler yaitu, Airport Tambolaka dan pelabuhan Waikelo. Dua fasilitas itu bisa dikatakan memadai untuk menyambut kedatangan traveler dari udara dan laut.

Airport Tambolaka merupakan bandar udara dengan kelac C yang memiliki landas pacu sepanjang 2.300 meter. Maskapai penerbangan seperti Sriwijaya Air, Nam Air, Lion Air, dan Garuda dengan pesawat ukuran sedang dapat mendarat dengan mulus di Airport Tambolaka.

Ada beberapa icon yang cukup terkenal di daerah Tambolaka yaitu desa adat retenggaro, mata air waikelo sawah, dan bukit lendongara.

Selain kamu akan dipuaskan dengan desa adat dan pemandangan alamnya, kamu juga bisa membawa pulang oleh-oleh seperti kain tenun yang memiliki ciri khas dan memiliki makna yang dalam.

Tapi, untuk membeli kain tenun ini memang kamu harus mengeluarkan kocek yang cukup banyak karena pembuatannya tak jarang memakan waktu bertahun-tahun.

Berdasarkan informasi yang telah ditemukan, kain tenun Tambolaka Sumba memiliki proses pembuatan yang cukup lama. Selembar atau sehelai kain tersebut membutuhkan waktu pembuatan yang bisa mencapai sekitaran setengah tahun atau enam bulan lamanya. Bahkan, adapun kain yang memiliki proses pembuatannya bisa mencapai sekitaran 2 ataupun 3 tahunan lamanya.

Ada 2 Macam Kain Tenun Tambolaka Sumba. Pada umumnya, kain tenun Tambolaka yang ada di Sumba memiliki dua macam kain yang berbeda-beda. Kain tenun tersebut bernama Hinggi dan Lawu Pahikkungu.

Nah, bagi kamu yang senang banget dengan suasana pantai sekaligus senang untuk berburu sunset. Kamu bisa mengunjungi beberapa tempat berikut ini seperti Pantai Kawona, Pantai Oro, Danau Weekuri, Tanjung Mareha, Pantai Mananga Aba.

Foto@travelingyuk

Foto@pegipegi

Tanjung Mareha dan 5 Spot Lainnya di Sumba Barat Daya, Rangkaian Surga di NTT!

Foto@superadventure

Setelah melakukan banyak aktivitas wisata, jangan lupa buat mampir untuk mencicipi kuliner khas Tambolaka seperti ayam rebus kodi, teh lino, ayam rebus wewewa, okul dan ro’o luwa. Setiap masakan tersebut memiliki ciri khas dan rasa yang unik sehingga patut untuk dicoba selagi berwisata di tambolaka.

Nah, bagi kamu yang berencana dalam waktu dekat ini ke Sumba, khususnya ke Tambolaka maka anda bisa menyewa salah satu dari hotel yang akan kami rekomendasikan seperti Hotel Pasola, Ora Beach Houses and Restaurant, RedDoorz Tambolaka Sumba, Ella Hotel sumba, Hotel Murah Di Tambolaka, Hotel Melati Tambolaka. Hotel-hotel tersebut memiliki harga sewa yang amat terjangkau, namun Anda sudah bisa mendapatkan fasilitas yang sangat lengkap. Tentu dibarengi dengan kebyamanan saat Anda menggunakan fasilitas tersebut. Selain itu, hotel-hotel tersebut berada di lokasi yang sangat strategis sehingga dekat dengan berbagai macam fasilitas umum.

Ayo segera jadwalkan liburanmu bersama keluarga atau teman agar gak melulu stress karena pekerjaan atau karena aktivitas yang berat. Apalagi ditambah dengan pandemi yang tak usai ini membuat kamu ingin merefreshkan diri maka inilah waktu yang tepat. Hanya saja jangan lupa untuk mematuhi protokol kesehatan yang ada ya guys. Supaya kita semua dapat terhindar dari sesuatu yang tidak diinginkan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x