4 Lagu Sumba yang Harus Diketahui

Lagu Sumba mungkin kamu belum mengenal. Biasanya lagu-lagu daerah yang diketahui adalah lagu-lagu yang memang populer dan sering dikumandangkan. Lagu-lagu daerah dari Indonesia begitu beragam dari Sabang sampai Merauke. Tak terkecuali lagu-lagu daerah yang berasal dari Sumba. Lagu Sumba memang belum sepopuler lagu daerah lainnya. Namun kamu yang ingin tahu tentang Pulau Sumba, mengetahui tentang Lagu Sumba bisa jadi hal menarik. Kamu bisa belajar lebih tentang Sumba melalui budaya-budayanya terutama lewat lagu Sumba yang harus diketahui.

Lagu Sumba tentu menyimpan banyak kisah yang menarik untuk dikulik. Mulai dari Bahasa yang digunakan sampai makna dari lagu Sumba itu sendiri. Kekayaan budaya Indonesia dalam hal lagu daerah juga tercermin dari lagu-lagu daerah dari Sumba ini. Jadi, jika kamu belum begitu mengetahui lagu Sumba, kini saatnya untuk mencari tahu lagu-lagu daerah yang unik dari Sumba.

Nah, karena Sumba memiliki banyak sekali kekayaan budaya dari segi alam sampai adat istiadatnya, mengetahui lagu Sumba tentu juga akan memperkaya pengetahuanmu akan Sumba. Maka dari itu, mari simak beberapa lagu Sumba yang harus diketahui di bawah ini.

Wuru Wenya

Lagu yang berasal dari Sumba ini memiliki nada syahdu dan artinya cukup bagus yakni mengajak kita untuk bersemangat dalam melakukan kegiatan sehari-hari meski terasa sulit dan berat untuk dilakukan. Dengan melakukan kegiatan dengan bersemangat, hal-hal baik bisa datang kepada kita. Wah, sangat menarik ya makna dari Lagu Sumba berjudul Wura Wenya yang satu ini. Berikut cuplikan dari liriknya:

Wuru wenya ole..

Wuru wenya ole…

Wuru wenya ole…

Wuru wenya Wuru wenya

Wuru wenya Wuru wenya

Wuru wenya deta ate

Bana madi tawe matada

Lengo lo’do dua desa

Yomaimi yomaimi

Yomaimi yomaimi

Yomaimi ole ate

Kata matu poge mata

Kata tanga poge wiwi

Tayemmi amanggu tayemmi inanggu

Tayemmi ka’anggu tayemmi alinggu

Maiponda maiponda maiponda

Rengewe rengewe rengewe

Nee tana manda elu pada eweta

Tawiwi ia teiki ate ia waige

Paga ia perapo

Co amanggu co inanggu

Ke’de kapu ngedde kako oma dana

Co kanggu co alinggu

Mai ta peni manu mai pawa wawi

Apakah kamu pernah mendengar dan tahu lagu Wuru Wenya ini sebelumnya?

Ele Moto

Lagu Sumba yang harus diketahui selanjutnya berjudul Ele Moto. Lagu Sumba ini bercerita tentang seorang anak dari Sabu yang pergi merantau ke negeri orang jauh disana. Sampai di negeri yang jauh itu, ia terus berusaha dengan maksimal untuk mendapatkan kehidupan yang layak sampai pada akhirnya ia berhasil. Lagu Sumba Ele Moto ini memiliki makna bahwa kita harus tetap berjuang sampai mendapatkan apa yang diimpikan. Memotivasi sekali, ya lagu Sumba yang satu ini? Berikut lirik Lagu Sumba Ele Moto:

Ele moto para liru

Na wodi ee ………

Do mi pegile manu tada

Na wodi ee

Ie ie ie ie

Kiri dai ke ali la rai

Mangngi neta haro ie

Bole balo rai

di rai hawu

Rai due donahu

 Oli Gairalu Marada

Lagu Sumba yang harus diketahui ini berjudul Oli Gairalu Marada yang diciptakan oleh Umbu R. Samapatty dan dinyanyikan oleh Sanada Trio. Lagu Sumba yang satu ini berasal dari Sumba Timur dan mengisahkan tentang saudara yang berada di perantauan kemudian diajak kembali pulang ke kampung halaman untuk membangun kampung halaman yang terletak di Sumba Tengah. Lagu ini memang bermakna positif sehingga patut sekali kamu coba dengarkan nadanya. Berikut ini adalah cuplikan dari lagu Oli Gairalu Marada:

Oli Gailaru marada

Oli bakulu paraingu

Wisi anga jauli mata anga pauru

Ina lauru loku ama teba tana

Lipa nunga newi lipa tiki tora

Tadangu dangu dangu

Tawula raisi raisi

Mala daya oli

Kata isi kabu maninya

Kata pada wini atinya

Segala anakalangu

Mulla nanuna waiga

Witi nauna waiga

Takiri sumarada

Nabulu ru tadula

Mala daya oli

Kata isi kabu maninya

Kata pada wini atinya

Segala anakalangu

Mala daya oli

Kata isi kabu maninya

Kata pada wini atinya

Segala anakalangu

O Nawan’ni Tana e

Lagu Sumba yang harus diketahui ini juga nggak kalah sarat makna dalam liriknya. Menceritakan tentang suatu nasehat kepada seluruh keturunan Hawu Miha (nenek moyang orang Sabu) supaya jangan saling melupakan satu sama lain. Lagu ini juga mengingatkan kita untuk saling mengasihi dan menyayangi satu sama lain agar kehidupan terasa lebih baik. Berikut isi liriknya:

O naweni tanae lita bole belo

he weni rai lolo

O naweni tanae lita bole belo

he wene rai lolo

ie talo weweni do memude

jepara jaru

O naweni tanae lita bole belo

he wene rai lolo

O naweni tanae lita bole belo

he weni rai lolo

O naweni tanae lita bole belo

he weni rai lolo

ie talo weweni do memude

jepara jaru

O naweni tanae lita bole belo

he wene rai lolo

O naweni tanae lita bole belo

Nah, itulah 4 lagu Sumba yang harus kamu ketahui. Selain sarat arti yang positif, lagu Sumba juga punya nada dengan alunan music yang syahdu dan khas, lho. Lagu Sumba mana yang sudah pernah kamu dengarkan?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x