Pondok Daun Ubi, Tempat Makanan Khas Sumba

Mencari tempat makan enak, murah, dan suasananya yang asyik di sekitar Waikabubak, Sumba Barat? Anda bisa mencoba mampir ke Pondok Daun Ubi. Mengapa Pondok Daun Ubi? Dan di mana lokasi Pondok Daun Ubi? Yuk, simak info selengkapnya dalam artikel ini.

Lokasi Pondok Daun Ubi

Suasana Pondok Daun Ubi -Foto: IG @Pondokdaunubi

Untuk Anda yang menginap di daerah Waikabubak saat traveling ke Sumba, tidak ada salahnya bila Anda mampir ke Pondok Daun Ubi, untuk mencicipi masakan dengan cita rasa Nusantara.  Dari Bandara Tambolaka, Anda memerlukan waktu kurang lebih 1 jam perjalanan.

Namun, kalau Anda dari Kota Waikabubak, Anda hanya butuh waktu sekitar 25 menit perjalanan, atau sekitar 15 km dari pusat Kota Waikabubak. Tepatnya di Jl. Jaga Ngara, Waikabubak, Sumba Barat.

Pondok Daun Ubi cukup terkenal di Waikabubak, jadi Anda tidak akan kesulitan mencari lokasinya. Layaknya restoran lokal, Pondok Daun Ubi memiliki konsep desain yang tradisional dan nusantara.  Dindingnya berbahan dasar kayu, meski lantainya sudah menggunakan keramik.

Anda bisa memilih tempat makan yang ada di dalam, dengan desain interior seperti restoran pada umumnya, atau memilih makan di gazebo – gazebo, yang berada di sebelah kiri bangunan utama. Suasana makan akan semakin syahdu pada saat malam hari, terlebih bila Anda memilih makan di dalam gazebo. Temaram lampu berwarna kuning, seakan membawa Anda pada suasana Sumba di masa lalu. Sangat menyenangkan.

Menu Pondok Daun Ubi

Suasana dan Menu Pondok Daun Ubi -Foto: IG @Pondokdaunubi

Ada berbagai pilihan menu di Pondok Daun Ubi yang bisa Anda nikmati. Mulai dari aneka olahan ayam seperti ayam saus mentega dan ayam bakar; aneka olahan daging seperti sate daging sapi maringgi; aneka olahan ikan seperti ikan kuah asam; berbagai menu cumi dan udang seperti cumi saus padang dan udang saus tiram; sampai dengan menu kesukaan hampir semua orang Indonesia, seperti nasi goreng dan mie goreng.

Selain berbagai menu tersebut, Anda juga bisa memesan aneka snack seperti kentang goreng, yang cocok dinikmati bersama aneka minuman soda ringan, aneka teh baik hangat maupun dingin, dan aneka kopi. Buat Anda yang suka buah, Pondok Daun Ubi juga menyediakan sop buah dan aneka jus buah yang menyegarkan. Tinggal pilih mau jus apa?

Menu – menu yang ditawarkan cukup banyak dan cukup aman di lidah kita, bukan?

Harga Menu Pondok Daun Ubi

Suasana Pondok Daun Ubi -Foto: FB Sumba Culinary

Soal harga, jangan khawatir. Pondok Daun Ubi, dengan suasananya yang begitu asri dan asyik, hanya membanderol menu utamanya mulai dari Rp. 40.000 saja. Untuk aneka minuman, mulai dari Rp. 15.000 saja. Sangat terjangkau untuk Anda, bukan? Tentunya harga ini masih sangat terjangkau untuk Anda yang menikmati makan siang/makan malam bersama rombongan Anda.

Karena porsi makanan di Pondok Daun Ubi bisa untuk 2 orang, jadi bisa dikatakan cukup hemat untuk dinikmati ramai – ramai. Kapan lagi bisa menikmati makanan dengan cita rasa nusantara di restoran lokal yang bernuansa tradisional bersama orang – orang tercinta, plus hemat pula! Jadi, pastikan Anda mampir ke Pondok Daun Ubi ketika berwisata di Sumba.

Tempat Wisata Terdekat Pondok Daun Ubi

Pantai Mananga Aba -Foto: Travel Kompas.

Puas makan siang beramai – ramai di Pondok Daun Ubi, Anda bisa mampir ke Kampung Tarung yang berada di Kecamatan Loli, Sumba Barat. Di kampung ini, selain bisa menemukan rumah – rumah tradisional Sumba, Anda juga bisa lebih mengenal kebudayaan penduduk lokal Sumba yang menganut kepercayaan Merapu (agama asli suku Sumba).

Tidak ada tiket masuk untuk menikmati suasana masa lampau Sumba di Kampung Tarung ini, Anda hanya perlu mengisi kotak kontribusi dengan dana seiklasnya. Belum puas berwisata di Kampung Tarung? Anda bisa mencoba menikmati wisata Pantai Mananga Aba, yang berlokasi di antara Desa Ramadana dan Desa Karuni, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya. Sekitar 1 jam perjalanan dari pusat Kota Waikabubak.

Pantai Mananga Aba terkenal dengan pasirnya yang putih dan halus, air lautnya yang jernih, dan tentunya pantai ini sering menjadi tujuan wisatawan untuk menikmati sunrise maupun sunset di hari yang sama! Sangat menarik bukan? Dan tentunya, tidak ada biaya masuk untuk menikmati keindahan Pantai Mananga Aba.

Sepertinya restoran dan lokasi wisata yang kami rekomendasikan bisa Anda coba ya, semoga artikel ini bisa memberikan info tambahan untuk Anda yang berencana berlibur di Sumba. Selamat wisata!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x