6 Curug di Sumba yang Populer

Curug di Sumba yang Populer – Keindahan alam Indonesia memang tidak pernah ada habisnya untuk dibahas. Mulai dari daratan yang membentang dari Sabang hingga Merauke sampai lautan yang luas menyatukan pulau – pulau. Salah satu daya tarik keindahan alam yang banyak diminati oleh wisatawan adalah curug atau air terjun.

6 Curug di Sumba yang Populer dan Wajib di Kunjungi

Sebagai negara yang memiliki banyak pegunungan, tak heran jika Indonesia memiliki deretan air terjun yang populer dengan kecantikannya. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki air terjun dengan pesonanya tersendiri. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas curug atau air terjun yang populer di Pulau Sumba.

1. Curug Wai Marang

Air Terjun Wai Marang – Sumber : Sering Jalan

Nah, pilihan pertama jatuh pada Curug Wai Marang. Curug yang terletak di Kabupaten Sumba Timur ini memiliki pesona kecantikan yang sudah banyak diakui oleh wisatawan. Lokasinya berada di Desa Waimarang, Kecamatan Umalulu, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Lokasi lengkap bisa kamu cek di sini.

Daya tarik dari curug ini adalah warna airnya yang terlihat cantik dengan warna hijau tosca yang menyejukkan mata. Selain itu, pengunjung juga bisa bebas berenang di kolam yang berada tepat dibawah mata air setinggi 5 meter tersebut. Disekitar kolam terdapat tebing kapur yang menjulang tinggi menambah pesona kecantikan air terjun ini. Biasanya pengunjung memanfaatkan tebing tinggi tersebut untuk lompat ke dalam kolam.

Selengkapnya di Pesona Air Terjun Waimarang, Sumba Timur

2. Curug Tanggedu

Curug di Sumba

Air terjun tanggedu – Sumber : Wikipedia

Masih dari Kabupaten Sumba Timur, kini kita beralih ke Curug Tanggedu. Curug yang satu ini terkenal dengan julukan Grand Canyon dari Sumba Timur. Lokasinya terletak di Desa Tanggedu, Kecamatan Kanatang, Kabupaten Sumba Timur, Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Untuk lokasi lengkapnya kamu bisa cek di sini. Butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk menuju kesini dari Kota Waingapu.

Air terjun Tanggedu juga dikenal dengan oase ditengah savana. Hal ini dikarenakan sekitar objek wisata ini adalah padang rumput yang luas dan gersang. Meskipun begitu, Air terjun Tanggedu tetap memiliki pesonanya tersendiri. Air terjun setinggi 8 meter tersebut menjadi salah satu Curug di Sumba yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Dinding batu yang menjulang tinggi mengapit air terjun membuat pemandangan disini sangat menakjubkan. Sayangnya, kendaraan roda empat hanya mampu mencapai jembatan gantung yang berjarak 2,5 km dari objek wisata ini.

Selengkapnya baca di Lokasi Dan Rute Air Terjun Tanggedu Dan Harga Tiketnya

3. Curug Matayangu

Air Terjun Matayangu

Air Terjun Matayangu – Sumber: nativeindonesia.com

Tak kalah dengan Kabupaten Sumba Timur, Kabupaten Sumba Tengah juga memiliki Air Terjun yang cantik yaitu Air Terjun Matayangu. Lokasinya berada di Desa Manurara, Katikukana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur. Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Matayangu ini dianggap keramat oleh masyarakat setempat.

Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri, yakni adanya dua air terjun yang tampak berwarna biru. Namun, air terjun kedua hanya muncul saat musim hujan tiba. Sedangkan air terjun pertama memiliki tinggi 130 m. Tepat dibawah air terjun, terdapat kolam tempat pemandian yang biasa digunakan pengunjung untuk berenang dan bermain air. Meskipun tempat ini dikeramatkan oleh warga sekitar, namun tempat ini tetap menjadi wisata favorit para wisatawan.

Selengkapnya baca di Menjelajah Air Terjun Matayangu Sumba yang Dikenal Tak Berdasar

4. Curug Lapopu

Air terjun Lapopu sumber :@pasolatourstravel

Masih berada di kawasan yang sama dengan Curug Matayangu, ada curug lainnya yang tidak kalah indah yaitu Curug Lapopu. Memiliki air terjun yang berundak – undak, Air Terjun Lapopu menjadi salah satu curug di Sumba yang cukup populer di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di Manurara, Kaltikutana Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Air terjun yang memiliki ketinggian 90 meter ini, memiliki air yang jernih dan tampak berwarna kebiruan. Selain itu, lokasinya yang berada di tengah kawasan hutan membuat air terjun ini masih terjaga keasriannya. Oleh karena itu air terjun Lapopu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Selengkapnya baca di Wisata Air Terjun Lapopu, Air Terjun Tertinggi di Pulau Sumba

5. Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro

Air Terjun Lokomboro – foto @rekamta

Curug di Sumba yang populer lainnya adalah pantai Lokomboro. Air terjun yang terletak di Desa Lokomboro, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur ini memiliki ketinggian sekitar 62 meter. Selain digunakan sebagai tempat wisata, curug ini juga dimanfaatkan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH)

Info lainnya baca di Air Terjun Lokomboro, Wisata Air Terjun Indah Lainnya di Sumba

6. Air Terjun Kanabu Wai

Wisata Petualangan di Indonesia

Air Terjun Kanabu Wai (Sumber: instagram/umbustevie)

Air terjun populer lainnya adalah Air Terjun Kanabu Wai yang terletak di Desa Waikanabu, Tabundung, Sumba Timur. Air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yaitu airnya keluar dari celah – celah rerimbunan daun. Pada bagian bawahnya terdapat undakan bebatuan besar yang menambah kesan eksotis dari air terjun satu ini. Pengunjung yang datang bisa bermain air dan berenang di kolam yang berada di bawah air terjun.

Berikut artikel lengkapnya Pesona Air Terjun Kanabu Wai Sumba Timur

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x