Lokasi Dan Rute Air Terjun Tanggedu Dan Harga Tiketnya

Salah satu tempat paling eksotis di Sumba yang layak dikunjungi adalah Air Terjun Tanggedu Sumba. Sebuah destinasi curug yang hits bahkan ke depan akan menjadi ikon wisata menguntungkan bagi daerah tersebut.

Karena masih banyak traveler yang tidak mengetahui tempat wisata curug Tanggedu, maka di bawah ini akan dijelaskan review-nya secara singkat. Siapa tahu kalian tertarik untuk mendatanginya bersama keluarga saat liburan. Ini review yang dimaksud:

Pesona Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Spot foto prewed di Air Terjun Tanggedu – Foto: thebridedept.com

Air terjun Tanggedu adalah tempat wisata unik di Pulau Sumba. Pasalnya, tebing air terjun tidak terlalu tinggi hanya beberapa meter saja yang bisa diakses oleh traveler hingga ke puncak. Sedangkan jika musim kemarau terlihat dengan jelas tebing seperti undakan tangga.

Pemandangan di dasar air terjun maupun di puncak sangat mempesona. Apalagi di sekeliling curug terdapat hutan yang asri dengan pepohonan tinggi dan aneka flora serta fauna yang lainnya. Jika beruntung kalian akan menemukan hewan langka di tempat ini.

Di curug Tanggedu airnya sangat jernih bahkan ganggang di dasar terlihat hingga ke permukaan. Jika di siang hari dasar air terjun ini berwarna hijau karena diterpa oleh cahaya matahari yang menyinari dari sela-sela pepohonan. Perpaduan warna hijau dan warna putih dari deburan air inilah yang menghadirkan pesona tersendiri bagi pengunjung curug.

Aktivitas Wisata di Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu Sumba Timur

Air Terjun Tanggedu Sumba Timur – foto milik @zahrasrtn

Ada banyak aktivitas atau kegiatan wisata yang bisa dilakukan di Air Terjun Tanggedu. Semuanya menawarkan kesenangan yang luar biasa apalagi jika aktivitas dilakukan bersama seluruh anggota keluarga dan pasangan.

Nah, berikut ini review aktivitas di curug yang dimaksud:

1. Panjat Tebing

Aktivitas yang pertama adalah panjat tebing atau melakukan aktivitas hicking. Kegiatan ini bisa dilakukan jika kalian ingin mencapai puncak air terjun yang alamnya jauh lebih indah dibandingkan di dasar.

Biasanya aktivitas ini dilakukan di musim kemarau ketika debit air terjun sedang mengecil. Sebab, jika memilih musim penghujan air terjun mengalir dengan deras sehingga undakan tebing sebagai pijakan pendakian tidak terlihat.

2. Pose Selfie Di Antara Batu-Batu Kali

Di bagian hilir air terjun terdapat sungai kecil yang dipenuhi dengan batu-batu kali berbagai macam ukuran. Biasanya traveler menjadikan batu-batu hitam tersebut sebagai tempat duduk sambil dua kaki berjuntai menyentuh air yang sejuk.

Aktivitas yang paling disukai dengan kondisi seperti itu adalah mengabadikannya menjadi pose foto selfie. Hasilnya pasti memukau dan tidak akan memalukan sekalipun kalian unggah foto tersebut ke media sosial.

3. Berenang di Sungai Batu Hitam

Aktivitas yang ketiga adalah berenang di Sungai Batu Hitam yang terletak beberapa meter dari air terjun Tanggedu. Di sini selain kedalaman sungai tidak terlalu ekstrem pemandangan alamnya juga sangat luar biasa.

Berenang di sungai ini lebih direkomendasikan dibandingkan berenang di dasar air terjun terutama saat musim penghujan. Sebab, debit air cukup tinggi sehingga kedalaman air terjun yang ekstrem bisa sangat membahayakan.

Fasilitas Wisata Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu Sumba masih belum dikelola dengan baik oleh pemerintah kepulauan Sumba. Oleh sebab itu, masih belum ada fasilitas wisata yang memadai sehingga traveler harus membawa bekal sendiri dari rumah.

Sekalipun demikian sudah ada beberapa sarana wisata sederhana yang dibangun oleh warga setempat di antaranya adalah gardu pandang dan beberapa unit gazebo di sekitar curug.

Fasilitas-fasilitas inilah yang bisa digunakan oleh kalian untuk bersantai melepas penat sembari menikmati panorama alam. Traveler juga bisa makan-makan di gazebo dengan catatan harus tetap menjaga kebersihan lingkungan air terjun.

Jam Buka Wisata dan Harga Tiket Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Bermeditasi di air terjun tanggedu | Sumber : @kompasnusantara

Untuk saat ini Air Terjun Tanggedu masih dibuka untuk umum selama 24 jam non stop. Itu artinya traveler bisa mendatangi kapan saja namun yang direkomendasikan adalah pagi hari dan siang hari karena cuaca di dua waktu tersebut sangat bersahabat.

Sedangkan jika datang malam hari selain suhu sangat dingin, penerangan di air terjun juga tidak disediakan sehingga traveler rentan tersesat. Oleh karena itu silakan datangi destinasi ini mumpung masih digratiskan untuk pengunjung.

Lokasi dan Rute Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu Sumba

Air Terjun Tanggedu Sumba – foto @briandsumito

Air Terjun Tanggedu berada di Desa Ndapayami Kenatang Kabupatan Sumba Timur Kepulauan Sumba Nusa Tenggara Timur. Dari kota Waingapu membutuhkan perjalanan selama 1 jam hingga 2 jam dengan kendaraan darat karena memiliki jarak sepanjang 48 km.

Setelah tiba di lokasi pengunjung masih harus berjalan kaki sepanjang 3 km untuk mencapai air terjun. Namun, jangan khawatir karena jalur perjalanan mudah serta di sepanjang perjalanan kalian bisa menikmati pemandangan sabana dan hutan yang asri.

Itulah review singkat tentang Air Terjun Tanggedu Sumba Timur yang viral dan hits di Indonesia. Silakan persiapkan budget sekarang juga lalu datangi tempat ini bersama keluarga ketika sedang masa liburan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x