Mau Beli Kopi Sumba? Ini Tempatnya

Kopi Sumba telah dinobatkan sebagai kopi terenak di Indonesia ketika Festival Kopi Nusantara pada Agustus 2017 lalu.

Sebagai penikmat minuman berkafein tersebut, siapa yang tak akan tergiur untuk mencicipinya? Terlebih lagi setelah Kopi Sumba diklaim sebagai yang ternikmat di tanah air.

Menariknya, Kopi Sumba ternyata merupakan jenis robusta yang selama ini sering disebut-sebut kalah enak dari arabika.

Bahkan dikatakan pula jika kopi dari Sumba ini memiliki rasa yang unik, yaitu ada rasa cokelat dan ‘after taste’ yang nikmat.

Kopi Sumba

Ilustrasi Kopi Sumba (Sumber: pexels/@burst)

Oh ya, diketahui, kopi robusta dari Sumba ini tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran tinggi yang lembab dan cukup dingin di daerah Wewewa serta satu hingga dua desa di wilayah Kopi, Sumba Barat Daya.

Hal tersebut bisa diartikan bahwa produsen kopi di Pulau Sumba hanya ada di Sumba Barat Daya.

Untuk membeli Kopi Sumba sebenarnya bisa melalui toko online atau jejaring sosial lainnya. Tapi tidak akan ada salahnya untuk membeli langsung di Sumba kalau kebetulan liburan di pulau ini.

Terkait hal tersebut, berikut ini tempat untuk membeli Kopi Sumba yang tersebar di beberapa wilayah. Simak ya!

Coffee Rokhis

Tak harus ke wilayah Sumba Barat Daya untuk menikmati secangkir Kopi Sumba yang nikmat. Kamu juga bisa mampir ke daerah Sumba Timur. Tepatnya Coffee Rokhis yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 27, Pakamburung, Waingapu.

Cafe di Sumba

Kopi Sumba di Coffee Rokhis (Sumber: instagram/coffee_rokhis)

Cafe di Sumba ini buka setiap hari, yaitu mulai pukul 08.00 pagi sampai 11.00 malam waktu setempat. Tapi mungkin saat pandemi ini jam operasionalnya akan mengalami perubahan.

Berada di Coffee Rokhis, kamu bukan hanya bisa menikmati kopi khas Pulau Sumba yang disebut-sebut paling enak se-Indonesia.

Beberapa menu lain, seperti kopi jahe, arabika, maupun yang sudah diolah dengan rempah khas Arab pun bisa kamu nikmati di sini.

Jangan lupa, tempat yang disediakan oleh pengelola cukup cozy, sehingga kamu akan betah berlama-lama di cafe di Sumba satu ini.

Your Sumba Cafe

Masih di Sumba Timur, tepatnya Jalan Erlangga, Prailiu, Kambera, kamu juga bisa mencicipi Kopi Sumba dengan cita rasa yang unik. Tepatnya di Your Sumba Cafe.

Tempat untuk membeli Kopi Sumba ini umumnya buka setiap hari dari pukul 4.00 sore sampai 10.00 malam. Tapi mungkin jam operasional akan berubah saat pandemi atau hari libur.

Cafe di Sumba

Your Sumba Cafe (Sumber: instagram/yoursumba)

Cafe di Sumba ini cukup nyaman untuk tempat bersantai atau berkumpul dengan sahabat maupun keluarga. Menu yang tersedia pun bervariasi.

Jadi selain memesan kopi khas Pulau Suma, kamu juga bisa mencicipi berbagai sajian yang tersedia di Your Sumba Cafe.

Lopo Di@ BISA

Jangankan di cafe. Kamu juga bisa menikmati Kopi Sumba di Lopo Di@ BISA yang merupakan pusat kuliner di Waikabubak.

Terletak di Gedung Karya Siaga, tepatnya di depan Rumah Jabata Bupati Sumba Barat, Lopo juga menyediakan beberapa buah seperti pisang, kelapa, ubi, jus dari buah lokal Sumba, bakso, soto, dan lainnya.

Sembari menikmati aneka jajanan yang tersedia, jangan lupa untuk mencoba mencicipi kopi dari Pulau Sumba di pusat kuliner di Sumba Barat ini.

Lopo sendiri beroperasi mulai Senin sampai Sabtu pukul 09.00 pagi sampai setengah 11 malam waktu setempat.

AKS: Aroma Kopi Sumba

Saat berkunjung ke Desa Kadi Roma, tidak ada salahnya untuk sekadar mampir untuk membeli kopi bubuk Sumba yang dikemas dengan nama dagang Aroma Kopi Sumba.

Biji Kopi Sumba

Ilustrasi Biji Kopi di Pulau Sumba (Sumber: unsplash/@kittinskie)

Kopi yang dipanen saat masak pohon, kemudian diproses dengan penjemuran, fermentasi, menggoreng dengan suhu tepat ini yang disajikan pada para konsumen.

Jadi tak perlu ragu dengan rasanya. Terlebih lagi pengembangan kopi di Sumba Barat Daya ini juga telah dibantu oleh Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Soal harga, kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp10 ribu untuk kemasan 100 gram dan Rp25 ribu untuk kemasan 250 gram. Tapi, harga bisa berubah sewaktu-waktu ya!

Nah, itu dia sederet tempat untuk membeli Kopi Sumba di Pulau Sumba. Bukan hanya bisa meneguk langsung di cafe di Sumba, kamu juga bisa membawa bubuk kopi yang merupakan salah satu oleh-oleh khas Sumba, lho.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x