Pesona Kepingan Surga Pantai Watubela

Pantai Watubela

Pantai Watubela. Sumber Gambar : travelinkmagz.com

Sumba merupakan salah satu wilayah yang sangat kaya akan destinasi wisata. Mulai dari destinasi wisata panta, pegunungan, sejarah dan budaya, dan lain sebagainya. Salah satu wilayah yang menawarkan pesona wisata terbaik di Sumba adalah wilayah Sumba Barat.

Karena disana, terdapat salah satu pantai yang akan memanjakan mata kamu dengan keindahan dan pesona yang dimilikinya. Pantai itu adalah Pantai Watubela. Pantai ini bahkan dijuluku sebagai “Potongan Surga Yang Ada Di Bumi” oleh banyak wisatawan.

Pantai ini terletak di Desa Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur. Pantai Watubela merupakan salah satu destinasi wisata yang sedang naik daun si Kabupaten Sumba Barat.

Akses Menuju Pantai Watubela

Pemandangan Pantai Watubela. Sumber Gambar : merahputih.com

Untuk menuju destinasi wisata yang satu ini, dapat ditempuh dalam kurun waktu sekitar 1 jam lebih 45 menit dari Bandar Udara Tambolaka, Sumba Barat atau kurang lebih 1 jam dari ibu kota Kabupaten Sumba Barat, Waikabubak.

Untuk urusan transportasi, masih banyak destinasi yang dapat dijangkau bila menggunakan angkutan umum. Untuk itu pengunjung harus menyewa  kendaraan seperti mobil atau sepeda motor.

Akan tetapi lebih disarankan untuk menggunakan jasa sewa mobil jika datang dengan rombongan. Hal ini dimaksudkan agar perjalanan menjadi lebih hemat dan lebih praktis.

Melewati Kampung Adat Watubolo

Pemandangan dari atas tebing Pantai Watubela. Sumber Gambar : instagram.com/hello_sumba

Dalam perjalanan menuju destinasi wisata pantai Watubela, para pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menarik dari alam di Sumba Barat. Selain itu para wisatawan juga akan melewati salah satu kampung adat, yaitu kampung adat Watubolo.

Disana, kamu bisa mampir sembari berkunjung sebentar untuk melihat kebudayaan khas Sumba barat di kampung adat ini. Mulai dari rumah-rumah tradisional khas Sumba yang sangat unik, hingga keramahan dari warga kampug Watubolo disaat berinteraksi.

Lokasi dari kampung adat Watubolo dengan Pantai Watubela sangat berdekatan. Kurang lebih hanya perlu memakan waktu sekitar 5 menit dengan berjalan kaki. Maka dari itu, tidak ada salahnya untuk mampir sebentar disana.

Pesona Pantai Watubela

Keindahan Tebing di Pantai Watubela. Sumber Gambar : instagram.com/nidyapramita

Diujung kampung adat Watubolo ini, para wisatawan akan dimanjakan dengan indahnya pemandangan hasil perpaduan pantai dengan warna birunya air laut dan hijaunya pohon – pohon kelapa yang sangat mempesona. Keindahan ini seakan – akan memanggil para pengunjung untuk bermain dan menikmati deburan ombak di pantai.

Selain itu, sepanjang bibir pantai juga terdapat dinding batuan putih yang sangat indah dan selalu digunakan sebagai spot foto para pengunjung yang berdatangan.

Pantai Watubela sendiri terletak beberapa meter dibawah tebing putih yang sangat indah ini. Sebelum turun ke hamparan pasir putih yang lembut, terdapat tangga alami yang dapat dilalui. Namun, pemandangan pantai dan batuan karang dari atas tebing pun sudah pasti mampu membuat para wisatawan untuk menabadikan moment yang ada.

pemandangan pantai watubela sumba

Pemandangan pantai Watubela, Sumba. Sumber Gambar : instagram.com/roamsumba

Salah satu pemandangan yang tak kalah menarik dari birunya bibir pantai, adalah padang rumput yang bisa dilihat dari atas tebing. Bahkan terkadang banyak hewan ternak yang sengaja dibiarkan mencari makan di areal padang rumput tersebut seperti hewan kerbau.

Tidak jarang pemuda dari Kampung Adat Watubolo menunjukan atraksi dan kebolehan mereka dengan kerbau-kerbau tersebut. Seperti duduk, berdirri, hingga jongkok diatas punggung kerbau yang tengah asik memakan makanannya.

Selain itu, masih ada lagi spot lain yang dapat dikunjungi para wisatawan. Di sebelah kanan pantai, terdapat dataran kecil yang terlihat seperti bukit yang dapat ditempuh hanya dengan 10 menit berjalan kaki. Diatas ketinggian bukit itu, para pengunjung dapat menikmati keindahan pantai dan batukarang datar yang terlihat lebih indah.

Jika sudah puas menikmati keindahan alam di lokasi Pantai Watubea, para pengunjung juga dapat menikmati minuman kelapa muda yang biasa ditawarkan oleh warga sekitar. Harganya juga relatif ramah kantong. Hanya dengan Rp. 10 ribu saja, para pengunjung dapat menikmati suguhan lezat sambil menikmati panorama alam yang ada di sekitar Pantai Watubela.

Biaya ke Pantai Watubela

watubela beach

Pemandangan Sunset dari pantai Watubela. SUmber Gambar : instagram.com/hsbn_marco

Bila anda memiliki beberapa tujuan wisata di Sumba, anda bisa menyewa mobil atau motor, sesuai dengan tujuan wisata yang ingin anda kunjungi.

Karena memang ada beberapa lokasi wisata yang hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Ada banyak tempat persewaan mobil di sekitar bandara. Tarifnya beragam, mulai dari Rp. 800.000 per hari sudah termasuk supir, belum termasuk BBM.

Bila anda ingin traveling mengelilingi Sumba menggunakan motor, maka biaya sewa motor mulai dari Rp. 100.000 per hari.

Untuk lebih hemat, sebaiknya ambil paket tour wisata Sumba yang harganya juga bervariasi, tergantung tujuan dan durasi wisata anda. Untuk paket yang paling murah, mulai dari Rp. 1,5 juta untuk 2 hari.

Itulah sedikit ulasan TripSumba untuk menikmati Kepingan Surga Dibumi, Pantai Watubela. Selamat berlibur!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x