Pesona Air Terjun Waimarang, Sumba Timur

Sumba merupakan salah satu daerah yang sangat kaya akan denstinasi wisata. Mulai dari Sumba Barat Daya hingga Sumba Timur, terdapat banyak destinasi wisata yang menjadi unggulan. Salah satunya adalah destinasi wisata Air Terjun Waimarang.

Air Terjun Waimarang merupakan destinasi yang terletak di desa Waimarang, Kabupaten Sumba Timur. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi yang paling sering dikunjungi oleh para wisatawan yang datang ke Kabupaten Sumba Timur.

Selain karena keindahannya, Air Terjun Waimarang memiliki kolam renang yang tercipta secara alami. Kolam inilah yang menjadi salah satu daya tarik utamanya.

Akses Menuju Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang di Sumba Timur

Sumber Gambar : geliatnusantara.com

Untuk dapat mendatangi destinasi wisata yang satu ini, para wisatawan memerlukan waktu sekitar 2 jam perjalanan dengan mobil dari pusat Kabupaten Sumba Timur, Waingapu.

Selama perjalanan menuju Air Terjun Waimarang, para pengunjung akan disambut terlebih dahulu dengan pemandangan hamparan padang rumput dan juga jalur yang seperti medan Off Road. Bahkan jika sedang berkunjung, para pengunjung juga dapat meliht pemandangan kuda liar sepanjang perjalanan.

Setelah sampai di lokasi destinasi ini, para pengunjung diharuskan turun di areal parkiran yang berupa lapangan luas. Di area ini pula para pengunjung dapat membeli beberpa perbekalan seperti air minum di warung – warung sederhana milik penduduk lokal.

Dan setelah itu, para pengunjung akan melakukan trekking atau harus berjalan kaki sejauh 1 KM menuju Air Terjun Waimarang ini.

Sedikit saran untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh menunju Air Terjun Waimarang, diharapkan para pengunjung mempersiapkan sendal gunung atau alas kaki yang nyaman. Hal ini untuk mencegah terjadinya selip selama perjalanan.

Karena perjalanan menuju air terjun cukup terjal dan harus melewati tanjakan dan juga turunan yang cukup terjal.

Baca Juga : Keindahan Air Terjun Laputi Sumba Yang Luar Biasa

Pesona Air Terjun Waimarang

air terjun waimarang

Sumber Gambar : lexyleksono.com

Setelah berjalan melalui medan trekking yang cukup melelahkan sejauh 1 Km, semua kelelahan pengunjung akan terbayarkan dengan keindahan dan pesona yang diberikan oleh pemandangan di lokasi Air Terjun Waimarang ini.

Air Terjun Waimarang memang bukanlah air terjun yang tingg dan juga besar. Namun, kolam renang alami yang ada disana cukup luas untuk digunakan sebagai tempat berenang atau sekedar bersantai.

Wlaau sedikit melelahkan, perjuangan trekking akan terbayar dengan keindahan Air Terjun Waimarang. Air terjunnya memang tidak besar atau tinggi, tapi punya kolam renang alami yang cukup luas.

Jika sudah sampai di Air Terjun Waimarang dan tidak berenang, mungkin merupakan salah satu kesalahan” itu merupakan salah satu ungkapan yang sering dilontarkan oleh para guide atau pemandu wisata yang mendampingi.

Maka dari itu, jangan lupa untuk menyiapkan baju ganti agar bisa menikmati segarnya air kolam di Air Terjun Waimarang. Sekedar informasi, di lokasi Air Terjun Waimarang ini tidak tersedia kamar ganti atau bilik untuk mengganti baju. Namun, para pengunjung bisa memanfaatkan kamar ganti yang disediakan penduduk di areal parkiran.

Di salah satu sisi air terjun, terdapat permukaan atau batuan yang lebih tinggi dari permukaan disekitarnya. Dan ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk melompat ke kolam alami yang ada di air terjun Waimarang ini.

Selain itu, di samping permukaan tersebut juga terdapat kolam yang ukurannya lebih kecil. Di kolam ini para pengunjung dapat dengan puas untuk sekedar bersantai maupun bersantai.

Biaya Untuk Mengunjungi Air Terjun Waimarang

Air Terjun Waimarang

Sumber Gambar : indonesiatraveler.id

Bila anda memiliki beberapa tujuan wisata di Sumba, anda bisa menyewa mobil atau motor, sesuai dengan tujuan wisata yang ingin anda kunjungi.

Karena memang ada beberapa lokasi wisata yang hanya bisa ditempuh dengan sepeda motor. Ada banyak tempat persewaan mobil di sekitar bandara. Tarifnya beragam, mulai dari Rp. 800.000 per hari sudah termasuk supir, belum termasuk BBM.

Bila anda ingin traveling mengelilingi Sumba menggunakan motor, maka biaya sewa motor mulai dari Rp. 100.000 per hari. Untuk lebih hemat, sebaiknya ambil paket tour wisata Sumba yang harganya juga bervariasi, tergantung tujuan dan durasi wisata anda. Untuk paket yang paling murah, mulai dari Rp. 1,5 juta untuk 2 hari.

Untuk biaya tiket masuk ke lokasi air terjun  sendiri gratis, alias tanpa biaya masuk. Namun, untuk area parkiran, pengunjung diharuskan membayar Rp. 10 Ribu untuk mobil dan Rp. 5 Ribu untuk motor.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x