5 Festival Sumba Yang Harus Kalian Datangi, Seru Dan Menyenangkan!

Festival menjadi salah satu kegiatan yang paling seru jika kita berliburan di suatu daerah, salah satu festival yang paling seru adalah festival Sumba. Ada banyak juga festival Sumba yang tersedia dan dapat dikunjungi oleh anda yang ingin berliburan di Sumba. Memungkinkan kalau anda bisa mendapatkan liburan yang menyenangkan bersama keluarga yang dimiliki oleh anda.

Baca juga ya:

Apa saja sih yang menjadi festival Sumba terseru untuk diikuti? Tenang, disini kami akan membagikan 5 festival yang memiliki kegiatan seru dan bermakna bagi warga Sumba. Seperti apa pembahasannya? Tanpa basa-basi lagi, anda dapat lihat pada ulasan yang sudah disediakan oleh kami untuk anda, seperti berikut inilah yang menjadi pembahasannya.

1. Festival Nyale

Festival Sumba

Festival Nyale – foto milik @egi_d.putra

Salah satu festival yang dapat dikunjungi oleh anda di Sumba adalah festival Nyale. Dalam hal ini, kegiatan dari festival Sumba yang biasanya disebut sebagai “Bau Nyale” memiliki tradisi untuk melakukan kegiatan tangkap-menangkap cacing laut. Dimana cacing laut tersebut diadakan dalam setahun sekali di daerah Sumba.

Festival ini sangat seru dan menyenangkan untuk di ikuti oleh anda. Akan tetapi, jika anda tidak suka dengan Bau Nyale, maka jangan coba-coba deh untuk mengikuti festival ini. Tapi, festival ini banyak yang mengikutinya, tak heran kalau wisatawan luar juga mengikuti dengan kegiatan festival ini.

2. Festival Pasola

Festival Sumba

Festival Pasola – foto milik @mes_petits_pas

Setelah anda mengikuti festival Nyale, selanjutnya festival tersebut akan berlanjut dan dinamakan sebagai festival Pasola. Umumnya, festival Sumba tersebut diadakan setelah festival Nyale yang diadakan tepatnya pada siang hari. Ada banyak makna dari festival Pasola ini, jadi tak heran kalau banyak orang akan mendatangi ke Sumba untuk melihat festival Pasola.

Festival Pasola sendiri menjadi festival yang paling populer, dan berbeda dengan beragam jenis festival lainnya. Tradisi dari Pasola ini akan menggabungkan kemampuan penunggang kuda dengan melempar lembing. Biasanya festival ini diadakan dalam rangka untuk menyambut tahun yang baru, dan ini juga sudah menjadi kepercayaan dari Marapu dan panen.

Pasola berasal dari dua kata, yaitu “sola” atau “hola”. Kata-kata tersebut diartikan sebagai lembing kayu yang akan digunakan untuk melempar benda tersebut dengan menunggang kuda setelah mendapatkan perintah dari “pa-sola” atau “pa-hola” yang berarti permainan. Jadi, Pasola adalah permainan ketangkasan yang saling melempar lembing tersebut dari atas kuda. Inilah yang dijadiakan festival Pasola sebagai festival Sumba terbaik di NTT.

Baca juga ya:

Pasola adalah bagian dari rangkaian-rangkaian upacara adat yang akan diadakan oleh orang-orang Sumba dalam menganut agama yang asli, dan ini diartikan sebagai Marapu (agama lokal dari masyarakat Sumba). Perlu diketahui oleh anda kalau Pasola ini biasanya diadakan di dalam empat desa kabupaten Sumba Barat. Desa-desa tersebut berupa Gaura, Wanokaka, Lamboya dan Kodi.

3. Festival Kain Tenun Ikat Sumba

Festival Sumba

Festival Kain Tenun Ikat Sumba, Presiden RI Joko Widodo – foto milik @yancekaka

Nah, sebagai festival yang tidak kalah menarik dan seru lainnya adalah festival yang bernama Kain Ikat Sumba. Untuk mengikuti festival ini, maka para wisatawan akan diperintahkan untuk menggunakan kain tenun ikat Sumba. Tentu saja festival ini memiliki berbagai macam budaya dan manfaatnya bagi anda. Festival ini akan mengingatkan tentang bagaimana cara pembuatan kain tenun ikat Sumba dan hal-hal lain sebagainya.

4. Festival Lima Bidadari Sumba

Festival Sumba

Festival Lima Bidadari Sumba – Sumber tribunnews.com

Festival Sumba yang tidak kalah menariknya dengan festival-festival lainnya adalah festival yang bernama Lima Bidadari Sumba. Festival yang seperti ini diadakan pada daerah Sumba Tengah.

Menurut Viktor, Lima Bidadari diadakan karena adanya Sumba Tengah yang memiliki lima tempat wisata dengan keindahan yang sangat indah dan ini menjadi salah satu keunggulannya. Meskipun begitu, ini belum diketahui oleh banyak orang atau wisatawan yang ada di mancanegara maupun lokal.

Festival ini sangat seru, sambil melihat orang yang sedang menari, anda juga akan melihat pemandangan yang sangat indah dari tempat-tempat wisata tersebut. Maka dari itu, ini juga menjadi salah satu festival Sumba yang sangat cocok untuk dikunjungi oleh anda.

Baca juga ya:

5. Festival Pesona Kebangsaan Sumba

Festival Sumba

Festival Pesona Kebangsaan Sumba – Sumber belukab.go.id

Festival Sumba yang wajib dikunjungi oleh anda adalah festival Pesona Kebangsaan Sumba. Dan festival ini seringkali diadakan pada bulan Juli. Keseruan yang ada di festival ini sangat seru untuk dikunjungi oleh anda, salah satu kabupaten yang pernah merayakan festival tersebut adalah kabupaten Ende.

Meski anda ingin melihat beragam macam tempat wisata, tetapi dalam festival ini anda akan merasakan suasan yang dapat membangkitkan semangat anda dengan nilai gotong-royong.

Di bulan Juli memiliki musim hujan yang tidak tinggi dan panas yang tidak tinggi juga. Jadi, anda akan merasakan liburan yang menyenangkan jika berpergian kesana.

You may also like...

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x