8 Bukit Terindah Di Sumba yang Membuatmu Sulit Move On

Bukit Terindah Di Sumba – Berbicara tentang Sumba, wilayah yang berada di NTT ini memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Mungkin hampir semua tempat wisata di sini adalah tempat wisata yang menyajikan pemandangan alam.

Salah satunya adalah bukit yang ada di Sumba. Di pulau indah ini terdapat beberapa bukit terkenal yang selalu menjadi tujuan wisatawan dari berbagai daerah.

8 Bukit Bukit Terindah Di Sumba

Apa saja bukit terindah di Sumba tersebut? Berikut ini daftarnya :

1. Bukit Lendongara

Bukit Lendongara, bukit terindah di Sumba

Bukit Lendongara, bukit terindah di Sumba – Sumber: jalajahnusae.com

Penjelasan tentang bukit terindah di Sumba yang pertama ada di wilayah Sumba Barat Daya bernama Bukit Lendongara.

Salah satu bukit yang terkenal dan setiap hari tidak pernah sepi dari wisatawan. Mereka yang berkunjung ke bukit ini bukan hanya berasal dari Sumba melainkan dari kota lainnya.

Bukit Lendongara menawarkan pemandangan alam yang sangat indah. Siapa pun yang datang ke sini akan langsung terhipnotis oleh keindahan pemandangan alamnya. Sebuah lokasi yang kami rekomendasikan bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan ketika berlibur ke Sumba Barat Daya.

Di sini wisatawan bukan hanya diperlihatkan pemandangan alam yang indah, mereka juga bisa melihat matahari terbenam dengan jelas. Dijamin tempat ini akan membuat siapa pun tidak menyesal datang untuk kedua kalinya.

2. Bukit Warinding

Bukit Wairinding

Bukit Wairinding – foto nativelindonesia

Bukit terindah di Sumba selanjutnya yang juga tidak kalah kerenya adalah Bukit Warinding.

Bukit ini merupakan sebuah hamparan hijau yang tertiup angin dan pastinya akan memanjakan mata setiap wisatawan yang datang ke sini. Salah satu keindahan yang ditawarkan oleh Bukit Wairinding adalah padang savananya.

Ketika musim hujan, padang savana akan berwarna hijau dan kemudian akan berwarna kuning ketika sudah berada di musim kemarau.

Tidak sedikit orang yang menjadikan Bukit Wairinding sebagai lokasi foto dan bahkan pernah dijadikan sebagai lokasi foto dari salah satu artis terkenal yaitu Dian Sastrowardoyo.

3. Bukit Tenau

Bukit Tenau, bukit terindah di Sumba

Bukit Tenau, bukit terindah di Sumba – Sumber: phinemo.com

Selain dua bukit terindah di Sumba yang sudah kami jelaskan, ada salah satu bukit lainnya yang juga bisa menjadi pilihan terbaik adalah Bukit Tenau.

Bukit ini lokasinya tidak jauh dari pusat kota Waingapu. Bagi kamu yang menginginkan sebuah tempat wisata yang menenangkan, maka kamu bisa mengunjungi bukit yang satu ini.

Suasana yang begitu tenang dan sejuk akan membuat pikiranmu kembali segar dan mood kamu akan kembali ke kondisi bagus setelah kamu berlibur ke Bukit Tenau.

Untuk akses jalan menuju bukit ini memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Hal ini karena masih belum ada petunjuk yang jelas terkait rute atau akses jalan menuju bukit ini.

Namun biasanya wisatawan disarankan untuk menaiki motor. Bagi kamu yang ingin datang ke Bukit Tenau, kami sarankan untuk mengajak orang yang memang sudah pernah ke sini. Dengan begitu, kamu tidak akan tersesat dan bisa datang ke sini tepat waktu sehingga kamu bisa menikmati liburanmu di Bukit Tenau.

4. Bukit Tanarara

Bukit Tanarara merupakan sebuah bukit yang lokasinya ada di Matawai La Pawu. Salah satu keindahan sekaligus keunikann yang dimiliki oleh Bukit Terindah Di Sumba ini adalah tanahnya yang berwarna merah.

Tanah tersebut terbentuk dari bukit-bukit karang dan dilapisi oleh rumput hijau. Perpaduan inilah yang membuat Bukit Tanarara memiliki pemandangan yang sempurna.

Sunrise di Bukit Tanarara Sumba

Bukit Tanarara Sumba. Sumber Gambar : camerawisata.com

Tidak jauh berbeda dengan Bukit Wairinding, bukit ini pun juga dipengaruhi oleh musim. Ketika musim hujan, bukit Tanarara akan diselimuti oleh rumput yang hijau.

Jadi, wisatawan akan menyaksikan pemandangan hijau sejauh mata memandang. Kemudian ketika memasuki musim kemarau, Bukit Tanarara akan berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Maka dari itu, untuk kamu yang ingin datang ke sini sebelumnya pastikan terlebih dahulu di wilayah Sumba sekarang sedang musim kemarau atau hujan. Dengan begitu, kamu bisa datang dan melihat pemandangan sesuai dengan yang kamu inginkan.

5. Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan

Bukit Persaudaraan – foto @tomygalung

Memiliki sedikit perbedaan dengan beberapa Bukit Terindah Di Sumba yang sebelumnya, Bukit Persaudaraan merupakan bukit yang menawarkan pemandangan sawah dan desa dari ketinggian.

Di sini wisatawan bisa langsung melihat seperti apa pemandangan desa dan sawah sekaligus dengan aktivitas para penduduk yang ada di desa tersebut. Bukan itu saja, kamu juga dapat melihat kelokan Sungai Kambaniru di Bukit Persaudaraan ini.

6. Bukit Mondu Sumba

Bukit Mondu adalah salah satu bukit yang banyak direkomendasikan wisatawan dan warga setempat karena keindahannya.

Tempat ini sangat cocok untuk anda yang mencintai perjalanan hiking atau naik gunung namun dengan trek yang tidak bahaya dan tidak terlalu jauh.

bukit mondu

Bukit Mondu – foto milik @felgra_photography

Bukit ini memang tidak terlalu tinggi tetapi tetap bisa menjadi destinasi wisata yang tepat untuk mengobati rasa kangen anda untuk mendaki gunung.

Bukit Mondu ini berada di kawasan Sumba Timur yang lokasinya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Berdiri di atas puncak  bukit ini, anda akan disuguhkan pemandangan alam hampir seluruh pulau sumba yang membentang 360 derajat.

Sepanjang mata memandang, anda akan menemui hamparan keindahan alam ciptaan tuhan yang tidak ada tandingannya.

Seluruh wisatawan yang berkunjung pasti akan takjub melihat hamparan perbukitan yang membentang di seluruh wilayah Sumba.

7. Bukit Hiliwuku

Salah satu Bukit terindah di Sumba yang masih jarang dikunjungi adalah Bukit Hiliwuku. Bukit Hiliwuku terletak di Desa Persiapa Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Bukit Hiliwuku

Bukit Hiliwuku Sumba – foto milik @yohand_ratukore

Untuk mencapai bukit Hiliwuku ini butuh waktu sekitar 40 menit perjalanan darat dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, dan berjarak sekitar 35 kilometer ke arah timur dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur yakni kota Waingapu.

Tempat wisata uni salah satu yang direkomendasikan karena jaraknya tidak terlalu jauh dibandingkan tempat wisata lain di Sumba.

Jika kamu dari Kota Waingapu, kamu hanya perlu mengikuti jalur Trans Nasional Sumba menuju arah Timur atau ruas jalan Waingapu – melolo untuk mencapai ke lokasi bukit Hiliwuku ini.

Letak bukit ini juga tidak terlalu jauh dari jalan besar, jadi anda tidak perlu jalan jauh untuk menikmati keindahan bukir Hiliwuku ini.

8. Bukit Mauliru

Di atas puncak Bukit mauliru  kamu bisa menikmati indahnya hamparan persawahan padi milik para petani di Mauliru dengan petak-petak sawah terjejer rapih, dengan ditumbuhi pohon lontar dan kelapa di antara petak sawah-sawah itu semakin menghipnotis mata kamu.

Bukit Mauliru

Bukit Mauliru – foto milik @hadyanjayasasmita

Bukan hanya itu dari atas puncak bukit itu juga, kamu bisa menyaksikan hamparan padang savana yang terbentang dengan bukit-bukit kecil yang Tuhan lukiskan di bagian Timur, Barat dan Utara. Hamparan padang savana ini juga sejauh mata memkamung.

Selain itu, dari puncak bukit Mauliru juga kamu bisa menyaksikan sinar sunset di sore hari yang hendak terbenam di balik punggung bukit semananjung Sasar. Kamu juga bisa menyaksikan area lapangan atau run way Bkamura Udara Umbu Mehang Kunda secara keseluruhan.

Letak Bukit Mauliru ini pun sangat strategis dan sangat dekat dengan lokasi perkotaan yakni di Kota Waingapu. Letak bukit ini berada di Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x