Bukit Persaudaraan Sumba, Seindah Lukisan

Bukit Persaudaraan Sumba – Selain terkenal dengan wisata pantainya, Sumba Timur juga populer dengan wisata dataran tingginya. Salah satunya adalah Bukit Persaudaraan Sumba atau dikenal juga sebagai Bukit Persaudaraan Mau Hau.

Bukit ini terletak di desa Mauliru, Kecamatan Kambera, Kabupaten Sumba Timur. Letaknya dekat dengan Bandara Mau Hau yang sekarang sudah berganti nama menjadi Bandara Umbu Menang Kunda.

Dari Waingapu, Ibukota Sumba, hanya membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan jarak tempuh 3 km untuk bisa sampai di Bukit Persaudaraan. Namun karena disana belum ada penunjuk jalan, wisatawan perlu bertanya pada warga sekitar atau pemandu jalan masing-masing agar tidak tersesat.

Meskipun berjarak cukup dekat dengan pusat kota, pemandangan elok tetap mewarnai Bukit Persaudaraan. Panorama perbukitan dan sawah penduduk terhampar luas dengan indah dari ketinggian. Di puncak bukit wisatawan juga dapat melihat landscape Kota Waingapu dan Sungai Kambaniru.

Sabana hijau yang menyelimuti sekeliling bukit menjadi penanda kesuburan wilayah Sumba Timur. Kemudian apa saja yang bisa kalian lakukan selama berkunjung ke Bukit Persaudaraan? Langsung saja cek daftar berikut.

Berfoto Solo

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba – Foto @maxfanggi

Hamparan bukit hijau dan asri menjadi salah satu objek yang tidak boleh ketinggalan untuk diabadikan. Keindahan bukit terlihat hampir tidak nyata seperti sebuah lukisan.

Wisatawan yang ingin memiliki foto dengan rasa lukisan bisa menyiapkan pose terbaiknya. Baik itu menghadap kamera atau tidak, rasanya tidak akan mengurangi keindahan dari panorama alam yang terekam jelas.

Berfoto Duo atau Grup

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba – Foto @novianti1311

Apakah kalian datang bersama saudara, teman, atau keluarga? Berfoto bersama tentu adalah suatu kewajiban. Terutama bagi wisatawan yang datang dengan saudara.

Kalian bisa menciptakan momen persaudaraan sesuai dengan nama bukit, Bukit Persaudaraan. Padang rumput hijau dengan pohon-pohon yang menghiasi bukit membuat seluruh bukit berpotensi menjadi spot foto yang bagus.

Menikmati Alam di Gazebo

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba – Foto @geboyisme

Wisatawan yang ingin duduk sejenak menghirup udara bersih perbukitan bisa memanfaatkan beberapa gazebo yang tersebar di Bukit Persaudaraan. Gazebo-gazebo terletak pada tempat yang cukup tinggi sehingga bisa dengan mudah melihat pemandangan bawah bukit.

Di gazebo ini kalian bisa menikmati waktu dengan bercengkerama bersama orang-orang terdekat. Wisatawan juga bisa menikmati bekal pribadi disini karena belum ada restoran atau toko penjual makanan di sekitar bukit.

Bersantai Bersama Ternak

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba – Foto @ninablow

Bagi penyuka binatang tentu hal ini jangan sampai terlewatkan. Bukit Persaudaraan terkenal sebagai daerah peternakan didukung oleh keberadaan padang rumput yang subur.

Terdapat puluhan kuda, sapi, kerbau, dan hewan ternak lainnya yang sekaligus menjadi sumber ekonomi milik warga sekitar. Kalian bisa bersantai atau bahkan berinteraksi dengan beberapa ternak disana.

Sunset di Penghujung Hari

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba – Foto @ephit_sumba

Sore hari menjadi salah satu waktu terbaik selain pagi hari bagi kalian yang berkunjung ke Bukit Persaudaraan. Tenggelamnya matahari di garis cakrawala adalah momen indah yang bisa disaksikan apalagi ketika berada di ketinggian.

Selain berkesempatan untuk menangkap fenomena ini dengan mata telanjang, wisatawan berpotensi mendapatkan shot panorama yang apik melalui kamera. Jadi, usahakan jangan melewatkan momen sunset di Bukit Persaudaraan.

Baca juga pesona wisata-wisata lain di Sumba Timur:

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x