Bukit Hiliwuku, Penampakan Savana Terindah di Indonesia

Bukit Hiliwuku – Pesona alam bumi Nusa Tenggara Timur ini menakjuban untuk dijelajahi. Selain memiliki pantai yang indah untuk dikunjungi ternyata masih banyak destinasi wisata Sumba yang tidak kalah indah dan menarik. Pulau Sumba ini juga dijuluki salah satu pulau terindah oleh salah satu majalah di Jerman.

Alam Sumba yang memiliki luas lebih dari 10 ribu kilometer persegi ini menyimpan jutaan kendahan alam yang diberikan oleh Sang Pecipta untuk dinikmati oleh seluruh umat manusia. Keindahan ini membuat semua orang ingin mengunjungi bumi Sumba.

Di Sumba Timur pemandangan bukit sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat lokal atau manca negara. Sumba ini juga dijuluki dengan nama Negeri Seribu Bukit karena wilayahnya yang dikelilingi oleh perbukitan indah. Antara lain adalah bukit Wairinding, Mauhau, dan bukit Tenau.

bukit hiliwuku

pesona keindahan bukit Hiliwuku, sumber : IVACANZA

Namun salah satu bukit yang indah dan banyak direkomendasikan wisatawan ketika berkunjung ke Sumba adalah Bukit Hiliwuku.

Tempat wisata ini masih terbilang sepi. Kamu bisa menikmati keindahan alam dengan tenang di sini. Sekarang kita akan bahas lebih lengkapnya tentang Bukit Hiliwuku.

Lokasi Bukit Hiliwuku

Bukit Hiliwuku terletak di Desa Persiapa Hawurut, Kecamatan Matawai La Pawu, Kabupaten Sumba Timur, NTT.

Untuk mencapai bukit Hiliwuku ini butuh waktu sekitar 40 menit perjalanan darat dari Bandar Udara Umbu Mehang Kunda, dan berjarak sekitar 35 kilometer ke arah timur dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur yakni kota Waingapu.

Bukit Hiliwuku, Bukit Terindah di Sumba

Bukit Hiliwuku, Bukit Terindah di Sumba – foto milik @yohand_ratukore

Tempat wisata uni salah satu yang direkomendasikan karena jaraknya tidak terlalu jauh dibandingkan tempat wisata lain di Sumba. Atau jika ingin lebih jelasnya silahkan klik maps dibawah ini :

Lokasi Bukit Hiliwuku

Jika kamu dari Kota Waingapu, kamu hanya perlu mengikuti jalur Trans Nasional Sumba menuju arah Timur atau ruas jalan Waingapu – melolo untuk mencapai ke lokasi bukit Hiliwuku ini.

Letak bukit ini juga tidak terlalu jauh dari jalan besar, jadi anda tidak perlu jalan jauh untuk menikmati keindahan bukit Hiliwuku ini.

Keindahan Bukit Hiliwuku Sumba

bukit hiliwuku

keindahan bukit hiliwuku

Bukit Hiliwuku ini juga terkenal dengan nama bukit Teletabis. Dari atas bukit ini kamu dapat melihat keindahan hamparan padang savana yang ada di sepanjang gugusan bukit indah ini.

Bukit ini memiliki ukuran yang beragam dari kecil hingga besar, jika dilihat dari atas bukit Hiliwuku ini hamparan bukit ini terlihat seperti bergelombang indah.

Selain dibaluti oleh savana hijau nan indah, dari atas bukit ini para pengunjung dapat menyaksikan banyak binatang liar dan juga binatang tenak yang sedang mencari makan.

Bukit Hiliwuku Sumba

Bukit Hiliwuku Sumba – foto milik @adii.ndp

Beberapa hewan ternak dijaga oleh seorang anak gembala warga setempat. Di atas bukit ini kamu bisa berswafoto dengan latar hamaparan savana hijau yang indah.

Jika kamu ingin mengunjungi Bukit Hiliwuku ada 2 waktu yang tepat untuk kamu mendapatkan pemandangan yang terbaik.

Jika kamu ingin mengunjungi Bukit Hiliwuku ketika rerumputan menyelimuti bukit ini kamu bisa datang pada bulan Januari hingga Juni karena pada bulan ini memasuki musim penghujan dan rumput di sini bertumbuh subur.

Baca juga.

Waktu yang Tepat Untuk Mengunjungi Bukit Hiliwuku

bukit hiliwuku

keindahan bukit hiliwuku ketika di musim hujan, sumber : Flores Komodo Tour

Jika kamu ingin melihat hamparan pemandangan perbukitan dengan savana coklat yang berasal dari rumput yang mengering, kamu bisa mengunjunginya pada bulan September hingga Oktober.

Hal ini dikarenakan di bulan itu Sumba memasuki musim kemarau, dan rerumputan di Bukit Hiliwuku ini akan mulai mengering.

Keduanya sama – sama indah, kamu bisa berswafoto dengan latar gugusan pegunungan hijau atau kamu dengan berlatar savana seperti di Australia.

bukit hiliwuku

keindahan bukit hiliwuku ketika musim kemarau, sumber : Camera Wisata

Bukit Hiliwuku ini memiliki dua lokasi yang berbeda pula, yaitu Hiliwuku 1 dan Hiliwuku 2. Letaknya juga tidak terlalu jauh, keduanya berjarak hanya 500 meter saja. Namun keduanya juga sama – sama indah kok.

Jika di siang hari para pengunjung dapat berswafoto dengan latar hamparan bukit indah pengunjung juga bisa mengunjunginya pada malam hari.

Pada malam hari barisan pemandangan bukit ini semakin terlihat indah dengan langit yang dihiasi bintang – bintang. Jika beruntung mungkin kamu juga dapat melihat indahnya galaksi bima sakti.

Bintang – bintang ini dapat terlihat karena langit Sumba masih terjaga dari polusi cahaya, sehingga gugusan bintang terlihat jelas dari atas bukit Hiliwuku ini.

Itulah keindahan dari bukit Hiliwuku, sampai saat ini untuk mengunjungi bukit Hiliwuku belum dikenakan biaya. Bagaimana, apa kamu tertarik untuk berkunjung ke bukit Hiliwuku ini?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x