Pesona Bukit Mauliru di Sumba Timur, Sunyi Cocok untuk Menyepi

Bukit Mauliru – Pulau Sumba merupakan pulau yang layak disebut sebagai salah satu pulau terindah di dunia. Hal ini dikarenakan  Sumba menyimpan beragam destinasi wisata yang sangat indah. Baik itu destinasi wisata alam, wisata budaya, hingga wisata kuliner.

Salah satu wilayah yang memiliki pemandangan alam yang sangat menakjubkan, adalah Kabupaten Sumba Timur. Mungkin selama ini spot wisata yang cukup terkenal adalah bukit Wairinding di Desa Pambotanjara yang memiliki savana luas sepanjang mata memandang.

Selain itu, bukit Wairinding juga memiliki pemandangan Sunset yang sangat mempesona. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa destinasi yang satu ini menjadi sangat terkenal.

Namun selain bukit Wairinding, ada juga spot wisata perbukitan lain yang tidak kalah indah. Sebut saja bukit Mauliru yang ada di Kelurahan Mauliru.

Bukit Persaudaraan Mauliru Sumba

Bukit Persaudaraan Sumba

Bukit Persaudaraan Maliru Sumba – Foto @ephit_sumba

Salah satu bukit yang paling terkenal di area ini adalah bukit Persaudaraan. Bukit persaudaraan menyimpan beragam keindahan alam yang pastinya sangat memanjakan mata jika dilihat dari puncak bukit ini.

Di atas puncak Bukit mauliru  kamu bisa menikmati indahnya hamparan persawahan padi milik para petani di Mauliru dengan petak-petak sawah terjejer rapih, dengan ditumbuhi pohon lontar dan kelapa di antara petak sawah-sawah itu semakin menghipnotis mata kamu.

Bukan hanya itu dari atas puncak bukit itu juga, kamu bisa menyaksikan hamparan padang savana yang terbentang dengan bukit-bukit kecil yang Tuhan lukiskan di bagian Timur, Barat dan Utara. Hamparan padang savana ini juga sejauh mata memkamung.

Selain itu, dari puncak bukit Mauliru juga kamu bisa menyaksikan sinar sunset di sore hari yang hendak terbenam di balik punggung bukit semananjung Sasar. Kamu juga bisa menyaksikan area lapangan atau run way Bkamura Udara Umbu Mehang Kunda secara keseluruhan.

Yang Khas dari Bukit Persaudaraan Mauliru

Bukit Mauliru

Sunset Bukit Persaudaraan Maliru – foto @nu_rajivsingh

Yang menjadi pesona dari Bukit Persaudaraan ini adalah menikmati suguhan cahaya matahari di pagi hari atau sunrise yang terlihat sangat indah serta menikmati senja di sore hari sampai tertutupnya matahari atau sunset.

View inilah yang sering dinantikan para wisatawan yang hendak mampir ke bukit ini, karena waktu-waktu tersebut sangat susah untuk dinantikan.

Pesona melihat sunrise dan sunset adalah momen langka, apalagi bagi Anda yang dihadapkan dengan rutinitas yang setiap hari harus beraktivitas dari pagi hingga malam.

Jadi melihat penomena ini adalah sesuatu yang jarang dilakukan. Apalagi momen liburan maka akan dimanfaatkan untuk merefresh otak kita.

Lokasi Bukit Mauliru Sumba

Bukit Mauliru

Bukit Mauliru. Sumber Gambar : eksploresumba.com

Letak Bukit Mauliru ini pun sangat strategis dan sangat dekat dengan lokasi perkotaan yakni di Kota Waingapu. Letak bukit ini berada di Kelurahan Mauliru Kecamatan Kambera Kabupaten Sumba Timur.

Jika kamu melalui kota Waingapu, kamu dapat menuju ke arah timur mengikuti jalan Negara Waingapu-Wulawaijelu, kemudian kamu akan melewati komplek Bkamura Umbu Mehang Kunda Waingapu, sampai sebelum masuk Geraja GKS Mauhau kamu belok kanan dengan jarak sekitar 1 kilometer dari pintu masuk Bkamura tersebut.

Saat kamu masuk mengikuti jalan ini kamu mengikuti jalan yang cukup mulus juga dengan jarak sekitar 1 kilometer. Namun sampai memasuki SMPN 4 Kambera kamu sudah memasuki jalan yang masih beralaskan tanah dengan jarak sampai di puncak bukit Persaudaraan sekitar 500 meter.

Tapi meskipun jalannya rusak dan hanya beralaskan tanah, namun kendaraan kamu tidak akan terhenti sampai disitu baik kendaraan roda dua maupun roda enam. Kendaraan yang kamu tumpangi bisa parkir lansung di area puncak bukit Persaudaraan yang kamu dambakan itu.

Baca Juga :Kapan Waktu Terbaik Mengunjungi Sumba? Cari Tahu Disini!

Bukit Mauliru

Bukit Mauliru – foto milik @hadyanjayasasmita

Selain itu, meskipun jalanya rusak dan badan akan terasa sakit mungkin, namun kamu pasti tidak merasakanya karena saat kamu melintas di jalan itu kamu bisa menyaksikan pingggir kiri dan kanan dengan rumah-rumah penduduk yang dibangun di lereng bukit yang indah dan juga hamparan padang savana yang Indah.

Jika kamu ingin berwisata ke Bukit Persaudaraan, kamu juga disarankan untuk membawa serta makanan dan minuman, sebab di lokasi bukit persudaraan itu tidak ada warung atau kios apalagi Restoran.

Begitu juga jika kamu ingin menginap kamu terpaksa harus balik menginap di Kota Waingapu sebab belum ada penginapan baik Home Stay, Villa apalagi Hotel.

Di area wisata Bukit Mauliru itu masih sangat perawan alias belum disentu pembangunan apapun baik dari pemerintah maupun pihak swasta lainya.

***

Itulah sedikit penjelasan mengenai pesona bukit Wailiru yang ada di Sumba Timur.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x