6 Tempat Wisata untuk Para Backpacker di Indonesia

Tempat wisata backpacker di Indonesia tidak terhitung jumlahnya. Tersebar di pelosok negeri, destinasi-destinasi tersebut menawarkan keunikannya tersendiri.

Seperti diketahui, istilah backpacker sampai saat ini masih sering kita dengar. Backpacker sendiri dapat didefinisikan sebagai aktivitas traveling dengan dana seefisien mungkin, namun wisatawan tetap mendapat kepuasan.

Transpor tak perlu mahal yang penting sampai di tempat tujuan, kemudian tidur di tempat sederhana namun tetap nyaman, makan yang penting kenyang, atau menggunakan tas ransel saat bepergian.

Nah, tempat wisata backpacker di Indonesia sendiri cukup banyak yang menarik untuk dikunjungi. Selain ramah di kantong, pemandangan dan aktivitas yang ditawarkan pun tidak kalah cantik. Berikut daftarnya.

1. Pulau Bali

Bisa dibilang, Pulau Dewata adalah surganya para traveler. Entah itu budaya, alam, hingga wisata belanja di wilayah ini akan memanjakan para wisatawan. Tidak terkecuali para backpacker.

Danau Beratan

Danau Beratan di Pulau Bali (Sumber: instagram/emma.dzn)

Dimulai dari transportasi yang tidak harus menggunakan jalur udara yang cukup merogoh kocek, namun juga bisa memanfaatkan jalur darat dan laut yang biayanya tidak sampai Rp1 juta, hingga penginapan murah di Bali dengan tarif per malamnya mulai Rp35 ribu pun ada.

Lebih dari itu, kamu juga bisa menjelajahi tempat wisata di Bali gratis maupun yang perlu tiket masuk murah. Misalnya seperti Pantai Water Blow, Pantai Tegal Wangi, Bukit Campuhan, hingga Pasih Uug.

Karena hal itu pula, Pulau Bali bisa dibilang menjadi salah satu tempat wisata backpacker di Indonesia yang recommended.

2. Pulau Lombok

Memiliki alam yang elok, Pulau Lombok juga tidak kalah keren dari Pulau Bali. Bahkan destinasi satu ini juga cocok untuk masuk ke dalam daftar tempat wisata backpacker di Indonesia yang terbaik.

Tempat Wisata Backpacker di Indonesia

Gili Kedis (Sumber: instagram/cr_travelblog)

Tidak harus naik pesawat. Kamu kamu juga bisa menggunakan transportasi kapal untuk menyeberang ke Pulau Lombok.

Pantai Senggigi, Batu Bolong, Batu Layar, Pulau Gili, Gunung Rinjani, Air Terjun Sendang Gila, , Pantai Sekotong, adalah beberapa tempat wisata backpacker di Indonesia yang bisa kamu kunjungi dengan harga tiket murah tentunya.

3. Jogja

Tempat wisata backpacker di Indonesia yang pastinya juga tidak asing bagi kalangan traveler adalah Daerah Istimewa Yogyakarta atau sering juga dikenal dengan nama Jogja.

Tempat Wisata Backpacker di Indonesia

Malioboro Jogja (Sumber: instagram/bangkumipa_)

Bukan hanya budayanya saja yang menarik. Wisata alam di Jogja, destinasi modern, tempat belanja, maupun kuliner di wilayah ini pun sangat memuaskan bagi para traveler.

Selain akomodasi yang terjangkau, tempat-tempat wisata populer di Jogja seperti Pantai Parangtritis, Malioboro, Kaliurang, hingga Keraton Kasultanan Yogyakarta, memiliki tiket masuk yang sangat murah.

4. Pulau Sumba

Pulau Sumba juga menjadi bisa dijadikan sebagai kandidat tempat wisata backpacker di Indonesia yang terbaik.

Selain menggunakan pesawat, kamu juga bisa memilih transportasi laut supaya tidak terlalu menghabiskan banyak biaya. Sekitar Rp400 ribu, kamu sudah bisa sampai di tempat wisata backpacker di Indonesia satu ini menggunakan kapal.

Pulau Sumba

Desa Waigali Sumba (Sumber: instagram/explore.sumba)

Tidak sedikit pula tempat wisata di Sumba yang gratis maupun dengan tiket masuk murah, seperti Waikelo Sawah, Desa Adat Ratenggaro, Pantai Bawana, Air Terjun Wai Marang, dan masih banyak lagi.

Penginapan di tempat wisata backpacker di Indonesia ini pun tidak sedikit yang murah. Contohnya Hotel Merlin di Sumba Timur, Homestay Melati di Tambaloka Sumba Barat Daya, hingga hingga Hotel Elvin di Sumba Timur.

5. Solo

Berada di Provinsi Jawa Tengah, Kota Solo yang dekat dari Jogja juga bisa dibilang menjadi salah satu tempat wisata backpacker di Indonesia yang menarik untuk dikunjungi.

Solo

The Heritage Palace (Sumber: instagram/wp_kurniawati)

Wisata sejarah, budaya, hingga kuliner di Kota Solo pantang dilewatkan. Terlebih lagi biaya perjalanan, akomodasi, harga makanan, hingga retribusi untuk masuk ke tempat wisata sangat terjangkau.

Tidak hanya itu, transportasi ke Kota Solo juga terjangkau. Itulah kenapa, wilayah di Jawa Tengah ini bisa disebut sebagai salah satu tempat wisata backpacker di Indonesia yang terbaik.

6. Malang Raya

Meluncur ke Jawa Timur, ada wilayah Malang Raya yang terdiri dari Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu yang bisa dibilang merupakan tempat wisata backpacker di Indonesia.

Tempat Wisata Backpacker di Indonesia

Arboretum Sumber Brantas (Sumber: instagram/robyfathoni)

Tidak sedikit tempat wisata alam, edukatif, informatif, hingga wisata modern yang tiket masuknya sangat terjangkau.

Kulineran dan penginapan di Malang Raya juga tidak terlalu mahal, sehingga cocok untuk backpacker yang ingin lebih menghemat biaya liburan.

Nah, itulah sederet tempat wisata backpacker di Indonesia yang bukan hanya memerlukan dana minim, namun juga memiliki berbagai keistimewaan. Tertarik berkunjung kemana dulu?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x