Air Terjun Kanabu Wai, Air Terjun Indah dan Masih Sepi di Sumba

Air Terjun Kanabu Wai bisa dibilang merupakan salah satu air terjun terindah di Indonesia. Berada di kawasan Taman Nasional Matalawa (Manupeu Tana Daru dan Laiwangi Wanggameti), membuat destinasi ini makin istimewa.

Karena selain bisa melihat air terjun, beragam kegiatan seru juga bisa dilakukan di sekitar wisata Sumba satu ini.

Penasaran dengan keistimewaan Air Terjun Kanabu Wai? Simak ulasan di bawah ini sebelum liburan ke sana!

Air Terjun di Sumba yang Eksotis

Bak lukisan, Air Terjun Kanabu Wai yang secara administratif berada di Sumba Timur ini akan membuatmu terpesona.

Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai (Sumber: instagram/umbustevie)

Komplek air terjun di Sumba ini memiliki antara 4 atau lebih aliran. Dilansir dari ekowisata.org, aliran airnya berasal dari Matawai Kalimbu dan Sungai Waikanabu dengan rata-rata ketinggian di atas 100 meter.

Berada di tempat wisata Sumba ini kamu akan melihat keindahan air terjun yang cukup unik. Sebab, airnya seolah keluar dari celah bebatuan dan bentuknya tampak berundak.

Di sekitar air terjun juga terdapat beberapa kolam alami yang bisa digunakan pengunjung untuk berenang atau sekadar bermain air.

Cocok untuk Petualang Sejati

Bukan hanya bisa melihat keindahan air terjun atau pemandangan alam di sekitarnya. Karena saat berada di wisata Sumba Timur ini kamu juga akan merasakan serunya bertualang.

Air Terjun Kanabu Wai Sumba

Pemandangan Air Terjun Kanabu Wai (Sumber: instagram/mrizag)

Pertama, petualang terjadi sebelum kamu tiba di Air Terjun Kanabu Wai. Karena lokasinya jauh di pelosok hutan, kamu perlu menjelajahinya.

Kedua, berbagai kegiatan seru ala petualang juga bisa dilakukan di sini. Misalnya saja seperti camping hingga melakukan pengamatan burung di sektiarnya.

Lokasi dan Tiket Masuk Air Terjun Kanabu Wai

Air Terjun Kanabu Wai terletak di Desa Waikanabu, Kecamatan Tabundun, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Dari Waingapu, ibukota Sumba Timur, jaraknya sekitar 130 kilometer. Untuk mencapainya, kamu perlu membawa kendaraan pribadi atau sewa motor maupun mobil, karena belum ada transportasi umum yang akan mengantarmu ke air terjun di Sumba Timur ini.

Kanabu Wai Waterfall

Air Terjun di Sumba (Sumber: instagram/mas.indraena)

Perlu kamu tahu, meski secara administratif berada di Desa Waikanabu, namun jalur terdekat untuk menuju wisata di Sumba Timur ini adalah dari Desa Mahaniwa. Dari wilayah ini, kamu bisa melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki selama kurang lebih 4 hingga 5 jam.

Soal tiket masuk Air Terjun Kanabu Wai, kamu tidak perlu memikirkannya. Karena tidak ada retribusi yang perlu dibayarkan alias gratis.

Penginapan Dekat Air Terjun Kanabu Wai

Sebenarnya tidak ada akomodasi di sekitar Air Terjun Kanabu Wai. Namun penginapan yang paling dekat dari wisata di Sumba Timur ini adalah Peter Magic’s Paradise.

Terletak di Jalan Tarimbang, Desa Tarimbang, Kecamatan Tabundung, Peter Magic’s Paradise juga merupakan penginapan di Sumba yang bisa dibilang menjadi tempat terbaik untuk menikmati keindahan Pantai Tarimbang.

Pater's Magic Paradise

Peter’s Magic Paradise (Sumber: kadekarini.com)

Penginapan dengan konsep eco-living yang letaknya di atas perbukitan ini memiliki view langsung menghadap ke arah Pantai Tarimbang.

Untuk menginap di Peter Magic’s Paradise, kamu memang perlu merogoh kocek dalam, karena tarifnya sekitar 1,3 jutaan per malam.

Fasilitas yang ditawarkan seperti penginapan pada umumnya. Namun yang istimewa dari Peter Magic’s Paradise adalah pemandangan yang ditawarkan.

Wisata Sekitar Air Terjun Kanabu Wai

Jangankan pemandangan air terjun yang saking cantiknya sampai tampak seperti lukisan. Kamu juga bisa berkunjung di wisata sekitar Air Terjun Kanabu Wai, seperti berikut ini.

  1. Bukit Marlina

Berjarak sekitar 11,3 kilometer dari Air Terjun Kanabu Wai, Bukit Marlina bisa ditemukan saat kamu melintasi Jalan Waingapu-Tanarara.

Bukit Tanarara

Bukit Tanarara (Sumber: instagram/mindanovara)

Kawasan bukit di sepanjang jalan perbukitan padang rumput tersebut pun disebut Bukit Tanarara. Namun spot yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah lembah atau ngarai yang terletak di Kampung Hiliwiku, Desa Katikuluku, Kecamatan Matawai La Pawu.

Bukit Marlina namanya. Diberi sebutan ini karena destinasi tersebut menjadi salah satu lokasi syuwing film “Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak”.

  1. Air Terjun Hirumanu

Terletak sekitar 24,8 kilometer dari Air Terjun Kanabu Wai atau bisa ditempuh selama kurang lebih 56 menit perjalanan, Air Terjun Hirumanu ini menyajikan aliran yang seolah berundak.

Air Terjun Hirumanu

Air Terjun Hirumanu (Sumber: instagram/rexycb)

Untuk menuju ke wisata di Sumba Timur ini perlu perjuangan. Karena selain jauh, akses juga cukup sulit. Kamu akan melewati jalan yang berlubang.

Kemudian sekitar 1 kilometer sebelum di lokasi parkir terakhir, jalan masih berupa tanah. Sehingga tidak disarankan untuk membawa mobil bukan 4×4, khususnya saat musim hujan.

Perjuangan pun terus berlanjut karena kamu perlu menuruni jalan terjal dengan kedalaman sekitar 100 meter dengan kemiringan sekitar 45 hingga 90 derajat.

Itu dia ulasan singkat tentang Air Terjun Kanabu Wai yang masih sepi di Sumba. Selain mengunjunginya, kamu juga bisa mampir di beberapa wisata di sekitarnya, seperti Bukit Marlina dan Air Terjun Hirumanu.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x