Teh Kelor Sumba, Minuman Khas Sumba yang Mulai Jarang Ditemukan

Teh Kelor Sumba. Namanya mungkin masih asing. Atau bahkan banyak orang yang belum menyangka kalau ternyata daun kelor bisa diolah menjadi minuman teh.

Selama ini, tanaman yang memiliki nama latin Moringa oleifera ini memang dikenal sebagai ‘alat’ untuk ‘melumpuhkan’ kesaktian.

Terlepas dari hal tersebut, kini daun kelor diyakini dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Lebih dari itu, tanaman ini pun memiliki potensi bisnis yang bagus.

Salah satunya dijadikan minuman seperti Teh Kelor Sumba, kuliner khas Sumba yang mulai jarang ditemukan.

Well, untuk kamu yang mulai penasaran tentang teh daun kelor ini, simak dulu ulasan singkat di bawah ini yuk!

Kandungan Daun Kelor

Teh Kelor Sumba

Daun Kelor (Sumber: Rivashaa)

Tanaman yang banyak ditemukan di Asia dan Afrika ini mengandung beberapa zat yang bermanfaat bagi tubuh. Seperti yang tertulis di jurnal NCBI tahun 2017, disebutkan bahwa daun kelor mengandung:

  • Vitamin: Daun kelor segar mengandung vitamin A. Selain itu, tanaman ini juga mengandung vitamin C, dan juga vitamin E.
  • Polifenol: Ternyata daun kelor yang dikeringkan merupakan sumber senyawa polifenol (flafonoid dan asam fenolik) yang baik. Ini artinya, kemungkinan besar Teh Kelor Sumba juga kaya akan senyawa polifenol.
  • Tanin: Senyawa fenolik yang larut dalam air yang mengendapkan alkaloid, gelatin, dan protein lainnya. Senyawa ini dilaporkan memiliki sifat anti-kanker, antiatherosclerotic, anti-inflamasi dan anti-hepatoxic.
  • Saponin: Daun Kelor disebut-sebut pula sebagai sumber saponin yang baik. Diketahui, senyawa ini memiliki sifat anti kanker.

Manfaat Teh Daun Kelor untuk Kesehatan

Teh Daun Kelor

Teh Daun Kelor (Sumber: Panya)

Teh daun kelor ternyata juga baik untuk kesehatan tubuh. Seperti yang dilansir dari NDTV Food, teh dari tanaman ini memiliki manfaat sebagai berikut.

  • Menurunkan berat badan. Kelor kaya akan vitamin dan mineral esensial yang diklaim mampu memobilisasi lemak visceral. Sebuah buku bertajuk “How To Lose Back Fat” karya Cynthia Trainer pun menyebut bahwa teh kelor memiliki efek penurunan berat badan.
  • Mengontrol tekanan darah. Kehadiran quercetin di teh daun kelor dikatakan dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, ini juga dapat membantu pasien tekanan darah melawan peradangan karena kemampuan anti-oksidatif dari teh tersebut.
  • Mengontrol gula darah. Daun kelor juga dapat membantu orang yang menderita diabetes karena mengandung asam klorogenat antioksidan serta kaya akan vitamin C.
  • Membantu menurunkan kolesterol: Karena mampu mengurangi kadar kolesterol, sehingga daun kelor juga berpotensi membantu menurunkan risiko penyakit jantung.
  • Membantu meningkatkan kualitas kulit dan rambut dengan memerangi peradangan serta stres oksidatif dalam tubuh.

Terkait manfaat tersebut, artinya Teh Kelor Sumba pun memiliki manfaat kesehatan serupa, selain rasanya yang juga enak.

Kenapa Harus Coba Teh Kelor Sumba?

Ketika liburan ke Pulau Sumba, selain menikmati keindahan alamnya, tak ada salahnya untuk menikmati berbagai kuliner khas di wilayah ini. Seperti Teh Kelor Sumba yang kian jarang ditemukan.

Minuman Pulau Sumba

Teh Daun Kelor Sumba (Sumber: Celebrating Essence)

Teh Kelor Sumba diklaim kaya akan kandungan polifenol catechin yang merupakan andioksidan kuat dan dipercaya mampu membunuh sel kanker pada tubuh.

Rasa dari Teh Kelor Sumba pun tidak kalah enak dan menyegarkan dari minuman teh yang biasa kita minum. Jadi, masih ragu untuk mencobanya saat mampir ke Pulau Sumba?

Cara Mendapatkan Teh Kelor Sumba

Teh daun kelor kini memang sudah banyak tersedia secara online. Tapi lebih nikmat jika meminum Teh Kelor Sumba yang khas dan dinikmati di Pulau Sumba.

Kamu pun sebenarnya bisa membuatnya sendiri di rumah dengan cara merebus daun kelor dan mengambil sarinya.

Selain itu, cara lain untuk mendapatkan teh dauh kelor adalah dengan mendehidrasi, lalu menggilingnya supaya jadi bubuk.

Meski bisa membuatnya sendiri, tapi memang lebih praktis untuk membelinya atau bahkan langsung menikmati teh kelor di Sumba.

Harga Teh Kelor Sumba

Diketahui, sekarang ini sudah tersedia Teh Celup Kelor Sumba. Harganya pun cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp35 ribu per bungkusnya.

Sementara untuk teh serbuk atau daun dibanderol dengan harga Rp15 ribuan. Sangat terjangkau kan?

Nah, itulah ulasan singkat tentang Teh Kelor Sumba yang disebut-sebut sudah mulai jarang ditemukan. Jadi, kapan giliranmu untuk mencobanya langsung di Pulau Sumba?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x