Goa Kanabu Wai, Wisata Baru Taman Nasional Matalawa Sumba

Goa Kanabu Wai – Memang tidak ada habisnya jika kita membicarakan keindaha alam yang ada di Indonesia. Seluruh wilayah di Negeri kita tercinta ini memiliki keindahan yang menjadi ciri khas dari wilayah tersebut. Keindahan dari Sumba sebagai contohnya.

Sumba terkenal dengan destinasi wisatanya yang lengkap dan tidak kalah indah dengan tempat wisata di daerah lain di Indonesia. Keindahan di pulau ini sangat lengkap dari danau yang melegenda, air terjun, bukit yang indah, dan pantai dengan air laut yang jernih.

Taman Nasional Matalawa

Taman Nasional Matalawa- foto milik @tamannasional_matalawa

Kali ini kita akan membahas destinasi wisata pilihan di Sumba untuk anda para pecinta petualagan di alam dan untuk anda yang menyukai eksplor segala hal.

Jika membicarakan tentang Sumba memang tidak ada habisnya kekayaan alam yang dimiliki. Itulah nikmat terbesar dari tuhan yang tidak ada duanya. Namun ternyata keindahan ini belum banyak terekspos sehingga masih banyak yang belum mengetahuinya.

Goa Kanabu Wai Ada di Taman Nasional Matalawa

Kali ini kita akan membahas salah satu destinasi wisata yang indah dan banyak direkomendasikan oleh warga Sumba yakni Goa Kanabu Wai . Selain terkenal dengan bukitnya yang mengelilingi pulau tersebut, Sumba juga memiliki tempat wisata lain yang indahnya tidak kalah dengan ribuan bukit yang ada di sini.

Tempat wisata Goa Kanabu Wai terletak di Taman Nasional Matalawa. Taman Nasional Matalawa ini terletak di Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga ya :

Goa Kanabu Wai

Goa Kanabu Wai – sumber : TFA Manasek, Goa

Taman nasional seluas 92 ribu hektar ini memiliki kekayaan hayati yang berlimpah. Kekayaan tersebut meliputi 375 jenis tumbuhan, 28 jenis mamalia, 30 jenis reptil, 6 jenis amfibi, 41 jenis capung, 94 jenis kupu-kupu, dan 159 jenis burung.

Kekayaan alam di Taman Nasional Matalawa juga tidak kalah banyak, yaitu 129 gua dan puncak Wanggameti. Kekayaan itu semua tersebar luas di dalam taman nasional Matalawa ini.

Nah dari 129 goa yang ada di Taman Nasional Matalawa Goa Kanabu Wai inilah yang akan membangkitkan jiwa petualang kamu dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi.

Yang Menarik dari Goa Kanabu Wai

Goa Kanabu Wai  adalah Salah satu goa yang dapat di petakan di Taman Nasional Matalawa yang lokasi berdekatan dengan goa Laditatana yang juga dapat dipetakan di taman nasional ini.

Untuk kamu yang memiliki jiwa petualang, goa ini cocok untuk menjadi tempat destinasi liburan kamu selanjutnya. Goa ini memiliki stalagtit dan stalagmit yang menajubkan.

Goa Kanabu Wai DI Taman Nasional Matalawa

Goa Kanabu Wai DI Taman Nasional Matalawa – foto milik @tamannasional_matalawa

Selain itu goa ini juga memiliki aliran air bawah tanah yang manakjubkan yang pasti membuat kamu terpesona akan keindahannya.

Selain itu perjalanan menuju Goa Kanabu Wai ini kamu akan melihat beragam flora fauna yang indah bertebaran di segala sisi taman nasional ini.

Untuk mencapai goa ini untuk alasan keselamatan ada baiknya kamu menyewa guide atau pemandu yang sudah ahli untuk menemani perjalanan kamu ke sini. P

emandu ini bertugas untuk menunjukan jalan menuju goa, karena selain agar kamu tidak tersasar di taman nasional yang berukuran 92 ribu hektar ini, kamu juga bisa dibantu untuk melewati jalan yang sulit untuk dilewati. Pemandu ini juga akan menjelaskan apa saja yang ada di sana dan akan menjelaskan sejarah dari tempat tersebut.

Harga Tiket Masuk Goa Kanabu Wai

Perjalanan masuk ke Taman Nasional Matalawa

Perjalanan masuk ke Taman Nasional Matalawa – foto milik @tamannasional_matalawa

Untuk mengunjungi goa Kanabu Wai kamu hanya perlu membayar tiket masuk Taman Nasional Matalawa. Untuk harga tiket masuknya hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp13.500 perorangnya.

Untuk menyewa guide atau pemandu tergantung kamu ingin menggunakan jasanya berapa lama, dan dia akan menyesuaikan harganya.

Keindahan Goa Kanabu Wai

Pesona yang kamu dapat ketika kamu mengunjungi goa Kanabu Wai ini adalah, kamu akan menemukan berjuta flora dan fauna yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya untuk menambah wawasan.

Kamu juga akan mendapatkan pengalaman baru dalam menjelajah alam dan akan menambah rasa syukur kamu terhadap tuhan yang maha esa.

Didalam goa ini kamu akan merasakan dan mendengar ketenangan dari suara alam yang fantastis.

Ini adalah destinasi wisata yang tidak kalah indah dan tidak kalah unik yang ada di Sumba. Goa Kanabu Wai ini harus kamu kunjungi jika kamu pergi traveling ke Sumba.

You may also like...

5 1 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x