5 Tempat Wisata di Sumba Timur yang Ngehits

Tempat Wisata di Sumba Timur  – Tidak mau kalah dengan Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Timur juga memiliki beberapa destinasi wisata yang menyajikan keindahan panorama alam yang sangat indah.

Banyak Tempat Wisata di Sumba Timur  yang bisa kamu datangi mulai dari perbukitan, air terjun, sampai dengan pantai tersedia dengan keunikan dan ciri khasnya masing-masing di Sumba Timur.

Berikut kami informasikan 5 tempat wisata di Sumba Timur yang nge-hits dan wajib untuk kalian kunjungi:

1. Bukit Warinding

Bukit warinding, Tempat Wisata di Sumba Timur

Bukit Warinding, Tempat Wisata di Sumba Timur – Foto @gembeltraveler

Destinasi wisata yang pertama adalah Bukit Warinding. Destinasi wisata ini merupakan daerah perbukitan yang berlokasi di Desa Pambota Jara, Kabupaten Pandawai, Sumba Timur. Akses ke bukit ini tidaklah sulit karena untuk mencapai Bukit Warinding dibutuhkan hanya sekitar 30 menit dari pusat kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur.

Hamparan rumput tampak hijau dan berkilau serta terlihat savana yang membentang berliku-liku memenuhi panorama yang memanjakan mata.

Hamparan rumput sangatlah eksotis terutama ketika ditiup oleh angin yang ditambahkan dengan warna langit yang cerah ketika pagi hari maupun warna langit yang oranye berpendar sangat indah ketika senja.

Duduk diam berlama-lama tidak akan terasa ketika sudah menghabiskan banyak waktu di tempat ini karena sibuk menikmati indahnya latar rerumputan dan perbukitan yang berbelok dengan mengangumkannya.

2. Bukit Mondu, Tempat Wisata di Sumba Timur  yang masih Baru

Bukit mondu, Tempat Wisata di Sumba Timur

Bukit Mondu, Tempat Wisata di Sumba Timur – Foto @felgra_photography

Destinasi wisata nge-hits di Sumba Timur selanjutnya masih tentang perbukitan. Kali ini perbukitan yang sangat luas terbentang dan memiliki kontur tanah yang sangat unik yaitu Bukit Mondu.

Bukit yang paling banyak direkomendasikan oleh para turis dan penyedia jasa perjalanan ini berlokasi di daerah Sumba Timur yang terletak tidak jauh dari pusat kota Waingapu.

Hamparan savana yang indah ditambah dengan panorama pedesaan yang asri menjadi nilai tambah dari tempat wisata ini.

Di bukit ini, wisatawan juga bisa melihat keunikan kontur jalan yang berliuk-liuk jika dilihat dari atas. Selain menikmati indahnya panorama perbukitan, wisatawan juga dapat melihat aktivitas masyarakat lokal sekitar dan juga kuda-kuda liar yang keluar untuk mencari rumput.

3. Pantai Walakiri

Pantai walakiri, Tempat Wisata di Sumba Timur

Pantai Walakiri, Tempat Wisata di Sumba Timur – Foto @arsip_alam

Sekarang beralih ke destinasi wisata pantai. Pantai yang paling banyak direkomendasikan untuk dapat dikunjungi oleh wisatawan adalah Pantai Walakiri. Sekilas foto pantai ini seperti lukisan indah yang memiliki nilai dan makna yang sangat berharga.

Pantai ini berlokasi di Desa Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Terlihat bahwa nilai yang paling unik dari Pantai Walakiri adalah pepohonan Mangrove yang merata tersebar di pesisir pantainya.

Hal ini menjadikannya sangat indah dan seperti siluet atau lukisan apalagi ketika mengambil foto pada saat senja. Pendaran cahaya matahari yang mulai meredup ditambah dengan sudut pengambilan foto yang sempurna menjadikan foto yang diabadikan sangat berkesan dan memesona.

Pantai ini sangat direkomdasikan untuk para wisatawan yang ingin memperoleh pengalaman baru dalam menikmati nuansa dan panorama pantai.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

4. Air Terjun Tanggedu

Destinasi yang paling recommended di Sumba Timur selanjutnya dalah Air Terjun Tanggedu. Air Terjun ini sering dijuluki Grand Canyon dari Pulau Sumba karena memiliki tebing di sekitarnya yang membentuk relief indah seperti Grand Canyon di negara Paman Sam, Amerika Serikat.

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu – foto milik @zindan_habsyi

Berbeda dengan air terjun lainnya yang berlokasi di Pulau Sumba, Air Terjun Tanggedu mengalir dari ketinggian rendah yaitu hanya sekitar 8 meter tetapi alirannya cukup deras.

Kecantikan airnya yang berwarna biru jernih tentu sering menjadi tempat foto yang bagus untuk wisatawan.

5. Padang Savana Puru Kambera

Destinasi wisata populer di Sumba Timur yang terakhir adalah Padang Savana Puru Kambera. Padang Savana ini memiliki keunikan, yaitu warna rumput Savana yang akan berubah warna sesuai musim ketika wisatawan berkunjung.

Savana Puru Kambera

Savana Puru Kambera – foto @ge_aye

Savana akan berwarna hijau selama musim hujan dapat berubah menjadi kuning kecoklatan selama musim kemarau. ⁣⁣⁣

Padang Savana Puru Kambera sering digunakan sebagai tujuan utama bagi wisatawan yang ingin melihat perilaku kuda Sumba liar di habitat aslinya.

Gerombolan kuda Sumba liar akan terlihat lebih sering selama musim kemarau dibandingkan dengan musim hujan. Itu dikarenakan pada musim kemarau, savana ini menjadi sangat kering sehingga kuda liar akan lebih aktif merumput di luar untuk mencari makan.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x