5 Air Terjun di Sumba Barat yang Wajib Kamu Datangi

Air Terjun di Sumba Barat – Air terjun keren di sumba Barat dan Barat Daya rupanya cukup menarik untuk dieksplore. Selain panorama alam yang memukau, menjelajahi tempat wisata seperti air terjun keren di Sumba barat tentu akan memberikan banyak pelajaran dan pengalaman.

Suasana alam Sumba yang memesona dan indah membuat perjalanan dalam menjelajah lokasi keren di Sumba menjadi hal yang menarik untuk dilakukan.

Setiap sudut Sumba menawarkan daya tarik wisata alamnya masing-masing. Salah satu destinasi wisata menarik adalah air terjun keren di Sumba barat dan barat daya.

Air Terjun lokomboro

Air Terjun lokomboro – foto milik @gilang_boban

Meski Sumba dikenal dengan daerah yang panas dan kering, namun bukan berarti sama sekali tidak ada air, ya. Malahan beberapa air terjun keren di Sumba barat ini bisa membuat kamu terpana dan ingin mengunjunginya.

Nah untuk kamu yang hendak bepergian ke Sumba dan mencari tempat wisata yang berbeda, 5 air terjun keren di Sumba barat dan barat daya ini bisa dijadikan pilihan. Yuk simak 5 air terjun keren di Sumba Barat ini.

1. Air Terjun Lapopu

Air Terjun Lapopu, Air Terjun di Sumba Barat

Air Terjun Lapopu, Air Terjun di Sumba Barat – Sumber: blogreservasi

Buat kamu yang mencari air terjun keren di Sumba barat, Air Terjun Lapopu adalah destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Lokasinya yang cukup tersembunyi dengan air terjunnya yang berbentuk berundak-undak yang berada di tengah rindangnya pepohonan menjadikan air terjun Lapopu ini salah satu destinasi keren di Sumba Barat.

Uniknya, tempat ini perna dijadikan lokasi syuting Film Pendekar Tongkat Emas karya Mira Lesmana.

Tempat ini berlokasi didalam wilayah Taman Nasional Manupeu Tanah Daru, lebih tepatnya di Desa Lapopu, Kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat. Jangan sampai nggak mampir ke air terjun yang ikonik ini, ya!

2. Air Terjun Lokomboro

Sumber: travelingyuk.com

Salah satu air terjun keren di Sumba Barat Daya adalah air terjun Lokomboro. Air terjun dengan ketinggian sekitar 62 meter ini berada pada satu aliran sungai yang sama dengan air terjun Ngadulara.

Selain itu, Air Terjun Lokomboro ini juga dimanfaatkan untuk kegiatan pembangkit listrik tenaga mikro hidro (PLTMH).

Air terjun Lokomboro Wewewa Timur

Air terjun Lokomboro Wewewa Timur -foto milik @soalihin_asdin_sumba

Ketika berada di tempat ini kamu akan merasa berada di tengah hutan dengan pepohonan rimbun dan segarnya air terjun yang turun dari ketinggian.

Pemandangan Air Terjun Lokomboro ini tidak perlu diragukan lagi. Destinasi wisata yang terletak di Pada Ewata, Wewewa Tim, Kabupaten Sumba Barat Daya ini wajib deh kamu kunjungi jika mencari suasana segar di kawasan Sumba.

3. Air Terjun Ngadulara

Air Terjun Ngadulara, Air Terjun di Sumba Barat

Air Terjun Ngadulara, Air Terjun di Sumba Barat – Sumber: facebook

Air Terjun di Sumba Barat yang satu ini juga tidak kalah memesona. Suasana alam yang kental akan sangat terasa ketika berada di tempat ini.

Air terjun yang jatuh berasal dari aliran sungai yang sama dengan air terjun Lokomboro menjadikan tempa ini sama segarnya dan indahnya dengan air terjun tersebut.

Rimbun pepohonan dan bebatuan besar di daerah air terjun menjadikan air terjun Ngadulara tempat yang cantik untuk dikunjungi. Lokasinya ada di Pada Ewata, Wewewa Tim, Kabupaten Sumba Barat Daya.

4. Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera – Sumber: instagram @sekitarindonesia

Salah satu air terjun keren di Sumba Barat daya ini terletak di Delo, Wewewa Sel, Kabupaten Sumba Barat Daya. Air Terjun Pabeti Lakera ini punya daya tarik wisata yang eksotik dan menarik.

Dengan ketinggian 23 meter, tempat yang satu ini juga punya spot yang sangat Instagrammabel.  Airnya yang bersih dan segar dipadu dengan panorama alam sekitarnya yang memukau menjadikan air terjun Pabeti Lakera ini salah satu air terjun keren di Sumba Barat Daya.

5. Air Terjun Weekacura, Air Terjun di Sumba Barat

Air Terjun Weekacura, Air Terjun di Sumba Barat

Air Terjun Weekacura, Air Terjun di Sumba Barat – Sumber: mytrip.com

Air Terjun Weekacura menjadi salah satu air terjun keren di Sumba Barat Barat Daya. Banyak orang terkecoh dengan Waikelo Sawah dan Weekacura.

Waikelo Sawah merupakan gua dan dam air seperti bendungan, sedangkan Weekacura adalah aliran air yang membentuk air terjun mini di tengah areal persawahaan.

Air Terjun waikacura

Air Terjun waikacura – foto milik @gilang_boban

Lokasi Waikelo Sawah dan Weekacura juga berdekatan meski di tempat yang berbeda. Air Terjun Weekacura ini benar-benar indah dengan kolam birunya di tengah area persawahan yang asri dan hijau. Pas banget buat kamu yang tertarik untuk cari spot hunting foto di kawasan Sumba Barat Daya.

***

Nah, itulah 5 air terjun keren di Sumba Barat dan Barat daya.

Tertarik mengujungi salah satu dari air terjun di atas?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x