5 Tempat Wisata Keren Di Sumba Yang Harus Dikunjungi

Pulau Sumba memang dikenal sebagai gudangnya destinasi wisata. Bahkan tempat wisata keren di Sumba tidak pernah sepi dari pengunjung. Karena itu destinasi-nya perlu dijelaskan dengan lengkap.

Bagi kamu yang ingin berwisata di Pulau Sumba, silakan catat list berikut. Semuanya tempat wisata yang menawarkan pesona dan keindahan yang luar biasa. Berikut ini tempat wisata yang dimaksud:

1. Bukit Wairinding

Bukit Warinding

Bukit Warinding – Foto @lorielisabeths

Tempat wisata keren di Sumba yang pertama adalah Bukit Wairinding. Sebuah padang savanna yang cukup luas dan berwarna kehijauan saat musim penghujan. Di sini traveler bisa melakukan tracking sekaligus berkemah.

Bukit Wairinding adalah destinasi wisata yang cukup populer. Bahkan artis sekelas Dian Sastrowardoyo pun pernah mendatangi dan menjalani pemotretan di sana. Ini menandakan kalau bukit memang instagramable dan mempesona.

Bukit Wairinding sendiri berada di Desa Pambotanjara Waingapu Sumba Timur. Sebuah lokasi yang berdekatan dengan kota yang tentunya fasilitas ke sana sudah bagus dan menunjang perjalanan wisata.

2. Kampung Adat Rantenggaro

Desa adat Ratenggaro

Desa Adat Ratenggaro – Sumber: sociolla.com

Kampung Retenggaro Sumba atau biasa dikenal juga dengan nama Desa Adat Retenggaro merupakan salah satu tempat ikonik di Pulau Sumba.

Kampung adat ini memiliki ciri khas jajaran rumah dengan atap yang menjulang tinggi. Selain itu, Kampung Retenggaro Sumba ini punya beberapa objek wisata menarik dan magis di dalamnya yang bisa di eksplor oleh pera wisatawan dan traveller yang penasaran.

Dengan berbagai kekayaan luhur dan budaya di tempat ini, Kampung Retenggaro Sumba wajib jadi bucketlist-mu ketika mengunjungi salah satu destinasi wisata di kawasan Sumba barat daya.

3. Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu

Air Terjun Tanggedu – foto milik @zindan_habsyi

Pulau Sumba juga memiliki air terjun yang tidak kalah dengan Coban Rondo di Malang dan Air Terjun Aeng Merra Madura. Namanya adalah Air Terjun Tanggedu yang merupakan destinasi curug paling fenomenal di Pulau Sumba.

Keunggulan Air Terjun Tanggedu tidak hanya airnya yang bening dan jernih tetapi juga sisi curug yang dipagari oleh bebatuan granit dan tebing dengan berbagai ukuran ketinggian. Terkadang tebing tersebut dijadikan sebagai tempat untuk meluncur ke dasar air terjun.

Air Terjun Tanggedu berada jauh ke luar kota. Berada di tengah hutan asri sehingga suasana air terjun teduh sekalipun di siang hari. Maka dari itu silakan datangi destinasi ini bersama keluarga. Lokasinya di Ndapayami Kanatang Sumba Timur Nusa Tenggara Timur.

4. Pantai WatuBela, Tempat Wisata Keren Di Sumba

pemandangan pantai watubela sumba

Pemandangan pantai Watubela, Sumba. Sumber Gambar : instagram.com/roamsumba

Tempat wisata keren di Sumba yang berikutnya adalah Pantai Watu Bela. Sebuah destinasi wisata alam yang menarik dan menjadi rujukan para traveler dari seluruh Indonesia. Terkadang juga ditemukan beberapa turis asing yang datang ke tempat ini.

Pantai Watu Bela merupakan destinasi terlengkap yang ada di Sumba. Sebab di pinggir pantai tidak hanya terdapat hamparan pasir putih yang lembut tetapi juga ada gugusan pulau yang dipenuhi dengan deretan pohon kelapa.

Di pantai Watu Bela juga dipagari oleh batu cadas yang tinggi menjulang. Sebuah pesona yang luar biasa terutama jika kamu mendatanginya saat sore hari dan pagi hari menjelang matahari terbit.

5. Kampung Adat Tarung

Kampung Tarung

Suasana Kampung Tarung – Foto: Satya Winnie

Tempat Wisata Keren Di Sumba yang kelima adalah Kampung Adat Tarung. Destinasi unggul yang beralamat di Wailiang Kota Waikabubak Kabupaten Sumba Barat Nusa Tenggara Timur.

Ini merupakan wisata adat atau budaya yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Waikabubak. Bahkan perjalanan ke lokasi hanya membutuhkan beberapa menit saja dengan kendaraan darat.

Di sini pengunjung bisa melihat adat istiadat termasuk agama Marapu yang terkenal. Kamu juga bisa belajar tentang benda-benda artistik yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat. Kamu juga bisa belajar tentang status sosial dan rumah adat yang elegan.

Itulah sekelumit penjelasan singkat tentang tempat wisata keren di Sumba yang layak dikunjungi. Sebagian sudah dikelola dengan baik namun sebagian besar masih perawan. Maka dari itu jika ingin pelesir penuh warna datang saja ke destinasi yang dijelaskan di atas.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x