4 Pesona Pantai Benda di Sumba Timur

Pulau Sumba menawarkan berbagai tempat eksotik untuk dijelajahi. Mulai dari perbukitan hingga pantai. Semuanya memiliki pesonanya masing-masing

Salah satu pantai cantik yang belum banyak dikunjungi adalah Pantai Benda. Pantai ini terletak di Desa Kaliuda, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Pantai yang satu ini sangat cocok untuk dikunjungi, karena pantainya berpasir putih, ombaknya yang relatif tenang, dan belum banyak dipadati wisatawan. Sebagai bonus, di sini pengunjung bisa melihat aktivitas budidaya rumput laut oleh warga setempat. Berikut pesona Pantai Benda yang memanjakan mata

1. Pantai Pasir Putih

Dua ekor babi bersantai di Pantai Benda, Sumba. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Dua ekor babi bersantai di Pantai Benda, Sumba. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Pantai Benda menawarkan panorama pantai yang menawan. Pasirnya putih dan halus. Pohon palem tumbuh berderet di tepian pantai. Ombaknya tenang dan berwarna biru jernih. Cocok sekali untuk melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan.

Di beberapa sudut pantai memang masih terlihat sampah-sampah ranting pohon. Di satu sisi mungkin kita melihatnya sebagai sesuatu yang alami, meski di musim tertentu juga bisa terlihat sangat semrawut.

Tidak perlu memikirkan aktivitas apa yang perlu dilakukan di pantai ini. Cukup dengan berjalan santai menyusuri tepian pantai sambil bercengkerama dengan orang terkasih. Atau, pengunjung juga bisa menikmati santapan dari perbekalan di tepian pantai, sambil menikmati panorama yang ada.

2. Budidaya Rumput Laut

Barisan rumput laut di Pantai Benda. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Barisan rumput laut di Pantai Benda. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Pantai Benda menjadi salah satu sentral budidaya rumput laut di Sumba Timur, bersama dengan Pantai Kandora. Rumput laut ini dibudidayakan oleh masyarakat setempat secara sederhana.

Proses pengeringan rumput laut yang masih tradisional, dengan sinar matahari. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Proses pengeringan rumput laut yang masih tradisional, dengan sinar matahari. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Rumput laut diikat dengan tali di sepanjang tepi pantai. Sebagai penanda jalur tanam, tali tersebut diikat dengan beberapa botol bekas plastik yang mengapung. Setelah dipanen, rumput laut ini selanjutnya dikeringkan lalu dijual.

Baca juga: Pesona Pulau Mengkudu Sumba

3. Tempat Mencari Ketenangan

Walaupun indah, Pantai Benda masih belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Mungkin karena masih minimnya publikasi dari perangkat terkait. Hal ini juga berimbas ke minimnya fasilitas di pantai ini.

Namun, kesunyian ini tidak lantas memusnahkan pesona Pantai Benda. Justru, siapa tau Anda bisa menemukan ketenangan bahkan inspirasi setelah berkunjung ke pantai ini.

4. Berburu Foto yang Instagrammable

Pantai Benda di Sumba Timur, belum banyak dikunjungi wisatawan. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Pantai Benda di Sumba Timur, belum banyak dikunjungi wisatawan. Foto: Google Maps / Matthias Jungk

Tidak sulit mendapatkan foto yang estetik di pantai ini. Ombak tenang yang tidak terlalu tinggi, air jernih, pasir putih, benar-benar kombinasi yang pas. Yang Anda butuhkan hanyalah kamera yang siap mengambil foto Anda. Atau jika memiliki budget lebih, foto dengan drone akan bisa membantu Anda dalam mengambil foto yang lebih menarik.

Pantai Cantik Lainnya di Sumba Timur

Selain Pantai Benda, ternyata masih ada lagi lho obyek wisata pantai lainnya yang masih tersembunyi di Sumba Timur. Pantai mana sajakah itu?

1. Pantai Warambadi

Pantai Warambadi juga menjadi pilihan yang cocok jika Anda ingin menjelajah aktivitas lokal masyarakat pesisir Sumba. Pantai ini terletak di Desa Palanggai, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Seperti Pantai Benda, Pantai Warambadi juga menjadi lokasi budidaya rumput laut.

2. Pantai Kambu Omang

Pantai Kambu Omang terletak di Desa Palanggai, Kecamatan Pahunga Lodu, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Sebenarnya pantai ini sudah cukup dikenal, meski belum banyak dikunjungi. Di beberapa paket perjalanan ke Sumba, jika beruntung, tour guide akan mengajak wisatawan untuk melancong ke pantai ini.  Daya tarik utama Pantai Kambu Omang adalah pemandangannya yang sangat instagrammable.

3. Pantai Meti Ai

Pantai Meti Ai atau Pantai Meti Ae merupakan sebuah pantai yang berlokasi di Desa Tanaraing, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur. Dari pusat Desa Tanaraing, pantai ini bisa dicapai dengan berkendara motor selama sekitar 15 menit. Daya tarik utama Pantai Meti Ai adalah pantainya yang berpasir putih, ombaknya yang relatif tenang, serta belum banyak dipadati wisatawan. Karena ombak yang tenang itu pulalah, pengunjung juga bisa berenang di tepian pantai ini. Selain itu, padang pasir yang luas sangat cocok bagi wisata keluarga.

4. Pantai Laipori

Pantai ini berlokasi di Kecamatan Pandawai, Sumba Timur, dengan jarak tempuh sekitar 30 menit dari Kota Waingapu. Daya tarik utama pantai ini adalah hutan cemara yang akan menyambut pengunjung sebelum mencapai bibir pantai. Bahkan hutan cemara laut ini disebut-sebut sebagai hutan cemara terluas di Sumba.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x