5 Makanan Khas Wakaibubak yang Super Lezat

Makanan Khas Wakaibubak – Indonesia adalah negara yang terdiri dari banyak daerah, oleh sebab itu Indonesia memiliki banyak pilihan makanan khas.

Makanan khas merupakan makanan yang mencerminkan kebudayaan suatu daerah. Salah satu daerah yang memiliki berbagai pilihan makanan khas adalah Wakaibubak. Wakaibubak merupakan ibu kota dari Kabupaten Sumba Barat.

Pulau Sumba merupakan salah satu pulau yang menjadi tujuan wisata di Indonesia. Jika kamu sedang berada di Sumba Barat, jangan lupa untuk mencoba berbagai makanan khas di Wakaibubak.

Berikut ini adalah datar 5 makanan khas Wakaibubak kabupaten sumba barat yang harus kalian coba.

1. Nga’a Watarai Patau Kabbe Makanan Khas Wakaibubak dari Jagung

Nga’a watarai patau kabbe – Sumber: merahputih.com

Jika kamu ingin mencari makanan khas yang terbuat dari sayuran dan memiliki nilai gizi yang tinggi maka nga’a watarai patau kabbe adalah makanan yang tepat untuk kamu.

Sebenarnya makanan khas yang satu ini adalah bubur jagung versi Wakaibubak. Bubur jagung disajikan dengan lauk pauk dan sayuran.

Jika kamu pernah ke Pulau Flores maka kau bisa menemukan makanan khas yang seperti ini dengan sebutan jagung bose.

Cara membuat nga’a watarai patau kabbe sangatlah mudah. Jagung yang merupakan bahan baku utama digiling terlebih dahulu.

Kemudian, masak kacang merah sampai kacang merah tersebut pecah. Setelah itu kacang merah di campur dengan jagung yang sudah di giling.

2. Kaparak Makanan Khas dari Jagung

Kaparak Makanan Khas dari Jagung

Kaparak – Sumber: merahputih.com

Selain nga’a watarai patau kabbe, Wakaibubak juga memiliki makanan khas yang terbuat dari jagung, yaitu kaparak.

Sumba memang memiliki berbagai makanan khas yang berasal dari jagung karena di Sumba terdapat jagung yang sangat terkenal yaitu jagung pulut.

Jagung pulut memiliki citarasa yang kurang manis jika dibandingkan dengan jenis jagung lainnya, namun lebih legit.

Selain terbuat dari jagung, kaparak juga bisa terbuat dari beras dan sagu. Untuk membuat makanan khas ini, pertama-tama bahan baku berupa jagung, beras atau sagu ditumbuk terlebih dahulu sampai halus.

Setelah itu digoreng tanpa minyak. Teknik menggoreng ini juga dinamakan sangrai. Setelah itu kacang ditumbuk. Beberapa orang akan menambahkan gula supaya kaparak memiliki rasa manis.

Jika bahan-bahan yang sedang disangrai sudah berwarna kekuningan dan menggupal maka tandanya sudah matang. Setelah itu kamu bisa menikmati makanan kahas Wakaibubak ini.

Kaparak dapat kamu jadikan oleh-oleh karena mampu bertahan sampai beberapa hari meskipun tanpa pengawet.

3. Ka’pu Pantunnu Makanan Khas dari Jantung Pisang

Kap'u Pantunnu Makanan Khas Wakaibubak

Kap’u Pantunnu Makanan Khas Wakaibubak Sumber: merahputih.com

Makanan khas Wakaibubak memang banyak yang terbuat dari sayuran. Ka’pu pantunnu merupakan makanan khas Wakaibubak yang terbuat dari bahan baku jantung pisang.

Untuk membuat ka’pu pantunnu, jantung pisang ditumus. Jika dilihat sekilas, ka’pu pantunnu ini mirip dengan rumpu rampe. Namun pada ka’pu pantunnu ada jantung pisang adalah bahan baku, bukan bahan tambahan.

Membuat Ka’pu Pantunnu sangatlah mudah. Jatung pisang dibakar terlebih dahulu lalu di potong dengan ukuran yang kecil-kecil. Setelah itu tambahkan parutan kelapa supaya lebih manis dan gurih.

4. Kadapet Watara Makanan Khas dari Jagung

Kadapet Watara, makanan khas wkaibubak sumba

Kadapet Watara, makanan khas wkaibubak sumba –  Sumber: intuit.hol.es

Satu lagi makanan khas Wakaibubak yang terbuat dari jagung yaitu Kadapet Watara. Kadapet watara adalah kue kering khas Wakaibubak.

Kue kering ini terbuat dari jagung dengan bahan tambahan yaitu pisang dan kacang tanah. Ketiga bahan tersebut dicampur menjadi satu adonan lalu dibentuk bulat-bulat.

Salah satu hal yang unik dari kue kering khas Waikabubak ini adalah kue dibungkus dengan daun jagung yang sudah kering.

Beberapa masyarakat Waikabubak menambahkan gula ke dalam adonan supaya kadapet watara memiliki citarasa yang manis. Selain memiliki rasa yang enak, kue ini sangat bergizi.

Kadapet watara dapat tahan berhari-hari meskipun tidak ada tambahan bahan pengawet sama sekali. Oleh sebab itu jika kamu mengunjungi Waikabubak, kamu bisa menjadikan kadapet watara sebagai oleh-oleh.

5. Ro’o Luwa Makanan Khas dari Daun Ubi

Ro'o Luwa Makanan Khas Wakaibubak

Ro’o Luwa Makanan Khas Wakaibubak – Sumber: merahputih.com

Ro’o Luwa merupakan makanan khas Waikabubak yang berupa bubur. Ro’o Luwa terbuat dari daun ubi atau daun singkong.

Karena terbuat dari dedaunan maka makanan khas ini memiliki warna hijau tua. Warnanya yang unik akan menggugah selera kamu.

Cara membuat ro’o luwa cukup mudah yaitu daun singkong dicuci lalu di tumbuk. Setelah daun singkong sudah lumat maka direbus dengan santan dan berbagai bumbu.

Akan tetapi ada juga masyarakat Waikabubak yang tidak menambahkan santan. Selain santan ada bahan yang biasa ditambahkan yaitu beras yang ikut ditumbuk bersama daun singkong.

***

Itulah tadi datar 5 makanan khas Wakaibubak kabupaten sumba barat yang harus kalian coba. Sebenarna masih banyak makan-makan lainnya yang bisa kamu coba rasanya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x