Kadapet Watara, Kuliner Enak Khas Sumba

Selain destinasi wisata alam dan budaya Sumba yang sangat mempesona, pulau cantik di provinsi Nusa Tenggara Timur itu juga memiliki beberapa makanan dan minuman khas yang terbukti lezat serta menjadi primadona para pengunjung yang datang berwisata di sana.

Secara administratif, pulau ini termasuk dalam Provinsi Nusa Tenggara Timur dan mempunyai empat kabupaten, yaitu Kabupaten Sumba Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, Kabupaten Sumba Tengah, dan Kabupaten Sumba Timur. Kota terbesarnya adalah Waingapu, yang merupakan Ibukota Kabupaten Sumba Timur.

Sumba memiliki beragam destinasi wisata alam yang menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Contohnya seperti Pantai Walakiri, yang memiliki pasir putih gading atau Bukit Warinding yang terkenal dengan pemandangannya yang mempesona. Namun, selain pemandangan alam, Sumba juga memiliki tradisi menarik dan kekayaan kuliner yang tidak banyak orang tahu.

Kita pasti sudah tidak asing dengan susu kuda liar Sumba yang cukup terkenal, atau kopi Sumba yang cita rasanya sudah tidak perlu diragukan. Namun, ternyata masih ada kuliner khas Sumba lainnya yang harus dicoba. Salah satunya adalah Kadapet Watara.

Kuliner Khas Sumba Barat

kadapet watara

Kadapet Watara. Sumber Gambar : travelinkmagz.com

Pulau Sumba terkenal dengan destinasi wisata budaya serta alamnya. Selain itu, tradisi masyarakatnya juga unik, seperti kubur baru, bellis dan pasola. Terutama Sumba Barat, surga yang belum terjamah keindahannya dan belum banyak orang tahu.

Keindahan alam Sumba Barat bukan hanya berada di negeri dongeng, melainkan benar-benar bisa ditemukan di Sumba, terutama Tanjung Mareha dimana para pengunjung akan menikmati sunset dan sunrise yang indah ditemani deburan ombak pantai dang semilir angin yang berhembus.

Selain Tanjung Mareha, masih banyak tempat wisata bersejarah dan lokasi wisata alam lain yang wajib dikunjungi selama berlibur di Sumba Barat.

Selain keindahan alamnya, Sumba Barat juga memiliki daftar kuliner tradisional yang patut dicoba. Sumba memiliki ciri khas makanan dengan penggunaan bahan dan bumbu yang sederhana. Salah satunya adalah Kadapet Watara ini.

Kadapet watara adalah kue kering yang diolah dari jagung, pisang, gula dan kacang tanah. Kue Kadapet watara sekilas terlihat seperti wajik kelapa daun jagung. Rasanya yang legit sangat cocok bagi penyuka kue-kue manis.

Cara Membuat Kadapet Watara

Kadapet Watara

Kadapet Watara. Sumber Gambar : intuit.hol.es

Untuk membuat kuliner khas dari Sumba Baat ini, diperlukan 4 bahan yang paling penting. Yaitu Jagung, Pisang, Kacang – kacangan seperti kacang tanah, serta gula. Pertama – tama, jagung, pisang, dan kacang tanah tersebut dihaluskan sedemikian rupa dan dicampurkan hingga menjadi adonan.

Setelah menjadi adonan, campurkan dengan gula halus agar menambah rasa manis dari adonan. Kemudian adonan tersebut akan dibuat berbentuk bulat. Setelah selesai, adonan tersebut harus dibungkus dengan menggunakan daun jagung kering.

Teknik pembuatan ini sudah diketahui para penduduk di Kabupaten Sumba Barat semenjak jaman dahulu. Hal ini terus diwariskan secara turun – temurun kepada tiap generasi hingga saat ini.

Selain terkenal karena rasanya yang legit dan manis, Kadapet Watara juga dikenal karena cara pembuatannya yang unik. banyak wisatawan yang mencoba untuk belajar cara pembuatannya dari masyarakat sekitar di Sumba Barat.

Kadapet Watara Sering Dijadikan Oleh-Oleh Khas Sumba

Kadapet Watara

Kadapet Watara. Sumber Gambar : merahputih.com

Sebelum daerah Sumba mengenal pariwisata, Kue Kadapet Watara hanya menjadi kuliner rumahan atau dibuat untuk memeriahkan suatu acara besar seperti acara adat atau hajatan di daerah Sumba. Namun, kini kue Kadapet Watara ini sudah menjadi salah satu oleh – oleh khas dari Sumba. Bahkan, kue ini juga menjadi barang wajib beli bagi sebagian wisatawan yang berkunjung ke Sumba Barat. Menurut beberapa pengunjung, kue ini wajib dibawa untuk oleh – oleh kepada keluarga tercinta di rumah.

Jika berkunjung ke Pulau Sumba, memang kurang afdol jika hanya menikmati keindahan alam dan budayanya saja. Karena akan sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba sama sekali berbagai kuliner khas tradisional Sumba yang akang menggugah selera.

Selain Kadapet Watara, ada kuliner-kuliner lain yang tidak kalah enaknya seperti Kaparak, Ka’pu Pantunnu, Nga’a Watari Patau Kabbe, dan lain sebagainya.

Jadi pastikan kamu mencoba kuliner-kuliner enak khas pulau Sumba ini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x