Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba, Nasi jagung khas Pulau Sumba

Pulau Sumba tidak hanya dikenal dengan destinasi wisata pantai dan bukit-nya saja. Tetapi juga ada wisata kuliner yang layak dicicipi oleh traveler. Namanya adalah Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba.

Nga'a Watary Patau Kabbe Sumba

Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba//Merahputih

Nah untuk artikel travelling berikut ini akan dijelaskan review singkat terkait Nga’a Watary Patau Kabbe. Kuliner tradisional Pulau Sumba yang masih lestari sampai saat ini. Bahkan hampir setiap masyarakat bisa membuatnya. Ini penjelasan selengkapnya:

Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba

Nga’a Watary Patau Kabbe adalah makanan pokok di Pulau Sumba. Sebab kabarnya penganan ini dijadikan sebagai pengganti nasi yang merupakan makanan pokok utama sebagian besar masyarakat di Indonesia.

Di Pulau Sumba Nga’a Watary Patau Kabbe disajikan bersama lauk pauk seperti ikan, ayam, telur dan selainnya. Rasanya sangat nikmat tidak kalah dengan rasa saat menyantap nasi jagung di Pulau Jawa dan Madura.

Nga’a Watary Patau Kabbe sendiri adalah makanan olahan yang menggunakan jagung sebagai bahan dasar. Tepatnya Nga’a Watary Patau Kabbe adalah bubur jagung yang dimasak dengan bumbu-bumbu khusus.

Jika dilihat sekilas makanan ini seperti Jagung Bose yang populer di Pulau Flores. Namun dari segi aroma lebih harum karena racikan rempah-rempahnya lebih banyak. Jadi bagi masyarakat Pulau Sumba makanan ini yang ternikmat.

Selain itu Nga’a Watary Patau Kabbe tidak menggunakan sayur-sayuran khusus. Sedangkan, Jagung Bose makanan khas Pulau Flores kadang masih ditambahkan sayur dari labu merah.

Bahan-Bahan Nga’a Watary Patau Kabbe

Nga’a Watary Patau Kabbe

Nga’a Watary Patau Kabbe//BACA

Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba adalah makanan khas Pulau Sumba yang diolah dan dicampurkan dengan beberapa bahan. Bahkan ada yang menambahkan nasi ke dalamnya. Sehingga bentuknya benar-benar serupa dengan nasi jagung. Ini dia bahan selengkapnya:

1. Jagung

Bahan Nga’a Watary Patau Kabbe yang pertama dan yang paling inti adalah jagung. Makanan pokok selain beras ini digiling terlebih dahulu sampai halus setelah itu baru dicampur dengan nasi.

Jika sudah masak bentuknya akan seperti nasi jagung. Terkadang tidak ditambahkan nasi jika ingin cita rasa khasnya muncul. Biasanya varian ini dibuat oleh para tetua adat dan dari kalangan ibu-ibu dewasa.

2. Kacang Merah

Kacang merah adalah bahan yang berikutnya. Yang mana kacang ini dicampurkan ke dalam jagung yang sedang digiling. Tujuannya supaya Nga’a Watary Patau Kabbe lebih harum dan renyah.

Sebelum dicampurkan ke jagung yang digiling kacang merah harus dimasak terlebih dahulu sampai pecah. Setelah itu dihaluskan bara dimasukkan ke dalam mesin penggilingan lalu dimasak.

Terkadang jagung giling yang sudah halus baru dicampurkan ke dalam kacang merah yang sedang direbus bukan sebaliknya. Katanya lebih beraroma jika keduanya masak secara bersama-sama.

3. Kuah Bersantan

Sebagian besar Nga’a Watary Patau Kabbe dimakan bersama kuah bersantan. Karena kekentalan rasanya membuat renyah di lidah serta aroma tajam santan dan kacang bisa memancing selera.

Sedangkan jika dimakan dengan kuah bening serasa kurang pas. Karena cita rasa yang sedikit hambar sehingga kurang nendang di lidah. Maka dari itu jangan asal memasang kuah untuk makanan yang satu ini.

4. Lauk Ayam Kampung

Makanan Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba lebih sering disantap bersama lauk ayam kampung dibandingkan jenis yang lain. Karena kandungan seratnya yang tinggi membuat makanan ini dipenuhi dengan nutrisi yang seimbang.

Selain ada karbohidrat traveler juga mendapatkan gizi dari protein, serat serta vitaminnya. Maka dari itu makanan ini tidak hanya lezat tetapi juga menyehatkan. Oleh sebab itu rugi jika ke Pulau Sumba tetapi tidak mencicipinya.

5. Sayuran Hijau

Tambahan bahan berikutnya adalah sayuran hijau atau jenis sayuran yang lainnya. Ini sebagai penambah cita rasa sekaligus untuk menambah nutrisi di dalam tubuh supaya lebih seimbang.

Sayuran seperti sawi dan kangkung bisa langsung dimasukkan ke dalam kuah atau dimakan biasa. Namun pastikan dimasak terlebih dahulu setengah matang agar tidak ada bakteri jahat di dalamnya.

Demikian review singkat Nga’a Watary Patau Kabbe Sumba yang rasanya pasti bikin kamu ketagihan. Silakan cari warung yang sudah banyak menjual makanan ini terutama yang berdekatan dengan destinasi wisata andalan Sumba.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x