Menginap dan Berselancar di Sumba Sunset Surf Camp

Info penting buat para peselancar. Terutama yang sudah berencana menjajal pantai-pantai yang ada di Sumba. Coba “cek ombak” di Sumba Sunset Surf Camp. Tempat penginapan yang sangat cocok bagi anda para peselancar

Sumbat Sunset Surf Camp, sebenarnya adalah sebuah homestay yang dikelola sendiri oleh keluarga. Pemiliknya dikenal dengan nama Petu, seorang surfer yang sudah berpengalaman menjadi surf guide di salah satu resort besar yang ada di Sumba. Jika anda menginap di sini otomatis anda bisa mendapatkan fasilitas untuk mencoba surfing di beberapa pantai, tentunya dengan di-guide oleh local surf guide yang sudah berpengalaman.

sumba sunset surf camp

Sumber: sumbaislandsurfcamp.com

Tak jauh dari Sumba Sunset Surf Camp anda sudah bisa melihat laut, karena lokasi homestay yang berada di bukit dan langsung menghadap ke pantai Kerewei. Tepatnya berada di Patiala Bawa Lamboya, Sumba Barat. Kurang lebih 2-3 jam perjalanan dari bandara Tambolaka.

Menginap di sini anda akan merasa seperti kembali ke masa lalu dimana tidak ada listrik, internet, maupun keramaian. Hanya diri sendiri dan alam. Listrik sebenarnya ada tapi sebatas keperluan penerangan dan hal-hal mendasar lainnya. Jadi jangan berharap anda akan tinggal di kamar yang memiliki akses wifi, TV dengan channel dari luar negeri dan air hangat untuk mandi. Itu bisa anda dapatkan di hotel biasa pada umumnya. Tapi kalau di Sumba Sunset Surf Camp, konsepnya memang menyatu dengan alam dan merasakan kehidupan warga sekitar dengan lebih real. Kamar mandi saja digunakan barengan dengan pengunjung lain.

Namun jangan khawatir, Sumba Sunset Surf Camp memiliki kualitas pelayanan yang baik dan keramahan-tamahan juga kesopanan khas warga lokal. Anda tetap bisa beristirahat dengan nyaman di dalam bungalow yang dibangun dari bambu yang berdesain bangunan rumah adat Sumba. Tradisional, sederhana namun tetap elegan.

Fasilitas

sumba sunset surf camp

Sumber: sumbaislandsurfcamp.com

Memilih berlibur ke tempat yang jauh dari keramaian kota itu artinya anda memilih untuk bisa kembali ke alam,  menyerap energi positif jauh dari kehidupan perkotaan. Itulah yang coba ditawarkan oleh Sumba Sunset Surf Camp. Hanya dengan biaya Rp 400.000,- per malam, per orang, anda sudah bisa menginap di bungalow sederhana yang bersih dan nyaman, makan 3 kali sehari dan pemandangan yang menakjubkan dari mulai anda membuka pintu kamar. Jenis-jenis bungalow yang bisa anda plih di antaranya ada:

Coral cottage – queen dan single bed, kamar yang cocok untuk keluarga kecil anda

Surfer’s saloon – 2 single bed, ruang bagi para peselancar memiliki ruangan yang luas untuk menaruh papan surfing anda

Waverider’s wendyhouse – 3 single bed, cukup untuk keluarga atau grup trip anda

Honeymoon suite – queen dan single bed,  menawarkan pemandangan yang menenangkan dari balkon dan tentunya terasa private

Selain surfing ada banyak aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan seperti, freediving, snorkeling, fisihing, spear fishing. Atau kegiatan lain selain aktivitas di laut, anda bisa mencoba trekking, pergi ke air terjun dan eksplor sumbanese culture and cuisine.

Baca juga: 6 Wisata di Sumba yang Tersembunyi

Belajar Surfing

sumba sunset surf camp

Sumber: @sumbasunsetsurfcamp

Hal spesial dari menginap di Sumba Sunset Surf Camp adalah kesempatan untuk belajar surfing ditemani peselancar yang sudah profesional. Menjajal banyak pantai untuk melakukan surfing. Bagi peselancar yang masih beginner, instruktur akan membantu untuk mengajarkan hal-hal dasar dalam olahraga berselancar. Dari mulai cara paddle, membaca ombak dan teknik berdiri di atas papan selancar. Guide akan mengajak anda mengunjungi pantai dengan ombak yang masih tenang cocok untuk pemula. Jangan lupa untuk membawa papan selancar sendiri bagi peselancar pemula.

Bagi yang sudah terbiasa berselancar dan ingin improve kemampuan juga akan difasilitasi. Ada advanced lesson untuk para peselancar berpengalaman. Akan ada wave guide yang mengajak anda dan teman-teman mengunjungi 10 titik untuk berselancar. Kesepuluh tempat ini adalah pantai-pantai yang tidak boleh terlewatkan untuk anda coba ombaknya. Seringkali wisatawan yang datang sendiri malam melewatkan beberapa tempat  dengan ombak yang bagus. Dengan ditemani waveguide anda bisa mencoba semua titik untuk berselancar. Plus ada 2 spot rahasia untuk berselancar yang hanya akan di-share jika anda berkunjung ke Sumba Sunset Surf Camp.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x