Pantai Maloba, Surga di Sumba Tengah Yang Indah

Pantai Maloba – Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan karena memiliki beribu – ribu pulau. Setiap pulau di Indonesia menyimpan beraneka ragam kekayaan alam. Selain itu, Indonesia juga dikenal sebagai negara maritim karena sebagian besar wilayah Indonesia terdiri dari lautan.

Salah satu pulau yang bisa kamu kunjungi saat kamu mendapatkan kesempatan libur adalah pulau Sumba. Pulau yang secara administrasi terdaftar dalam provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki pesona alam yang luar biasa.

Pantai Maloba

Pantai Maloba. Sumber: triptrus.com

Salah satu pantai mempesona di pulau Sumba adalah pantai Maloba. Beberapa orang mungkin cukup asing dengan pantai ini. Pantai ini memang belum banyak yang tahu sehingga pengunjung pantai Maloba tidak terlalu banyak.

Jika kamu ingin berlibur namun tidak suka berada di kerumunan orang, maka kamu bisa mengunjungi pantai Maloba.

Pantai Maloba memang kurang begitu terkenal jika dibandingkan dengan pantai Kuta di Bali, Labuhan Bajo di Lombok dan pantai Parangtritis di Yogyakarta. Akan tetapi kamu tidak perlu khawatir karena pantai Malomba tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai tersebut.

Rute Menuju Pantai Maloba

Secara administrasi, pantai Maloba terletak di Kabupaten Sumba Tengah. Karena terletak di Sumba Tengah, ada berbagai pilihan rute menuju ke sana. Waktu yang ditempuh untuk bisa sampai ke pantai Maloba tidaklah lama.

Jika kamu berada di ibukota Kabupaten Sumba Barat yaitu Waikabubak, maka kamu perlu menempuh waktu sekitar 1,5 jam.

Baca juga ya :

pantai maloba sumba tengah yang indah

pantai maloba sumba tengah yang indah – foto milik @
carloocristiano

Jika kamu menempuh perjalanan dari ibukota Kabupaten Sumba Tengah yaitu Waibakul, maka kamu hanya membutuhkan waktu satu jam untuk sampai ke pantai Maloba.

Meskipun waktu tempuh untuk sampai ke pantai Maloba sebentar, perjalanan menuju pantai tersebut cukup berat. Namun jika kamu berjiwa petualang, maka hal ini bukanlah suatu halangan. Pantai Maloba memang lebih cocok untuk para wisatawan yang ingin menguji adrenalin.

Jalan menuju pantai Maloba belum halus, terjal dan beberapa curam. Bukankah untuk menikmati sesuatu yang indah memang butuh usaha.

Acara adat

Acara adat. Sumber: bali.bisnis.com

Namun tenang saja, semua itu tidak akan terasa karena berat karena di sepanjang jalan kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang sangat luar biasa.

Jalan yang digunakan untuk menuju pantai Maloba merupakan kawasan Taman Nasional Manupeu – Tanadharu, sehingga suasana di sekitar pantai Maloba sangat asri.

Selain itu, kamu juga bisa melihat sapi-sapi yang sedang digembalakan. Harga tiket masuk pantai Maloba sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 15.000,00.

Acara yang diadakan di Pantai Maloba

Saat kamu sudah mantap menjadikan pantai Maloba menjadi tujuan wisata kamu, sebaiknya tetapkan tanggal. Jika kamu bingung memilih tanggal maka sebaiknya kamu mencari beberapa referensi untuk memilih tanggal yang baik.

Jika kamu ingin ada sesuatu yang berbeda dan menarik saat mengunjungi pantai Maloba sebaiknya mencari informasi kapan akan diadakanĀ event-event seru di pantai Maloba.

Bupati Sumba Tengah berencana mengadakan acara Festival Lima Bidadari yang akan dilaksanakan di lima lokasi di Sumba Tengah. Festival Lima Bidadari diadakan dalam rangka mendukung kegiatan KTT-G 20 dan ASEAN Summiet 2023.

Salah satu lokasi diadakannya acara tersebut adalah di pantai Maloba. Pantai Maloba memiliki hamparan pasir yang cukup luas sehingga cocok untuk diadakan upacara adat pasola. Pasola merupakan acara perang-perangan dengan cara saling melempar lembing.

Pantai Malomba, Sumba Tengah

Pantai Malomba, Sumba Tengah. Sumber: triptrus.com

Pesona Pantai Maloba Sumba

Pantai Maloba memiliki hamparan pasir putih sehingga menambah keindahan pantai. Saat terkenar sinar matahari, pasir akan memantulkan sinar membuat seolah-olah pasir pantai Maloba memancarkkan sinar.

Angin sepoi-sepoi dan udara segar membuat wisatawan semakin nyaman untuk berkunjung ke pantai Maloba.

pantai maloba di sumba tengah yang indah

pantai maloba di sumba tengah yang indah – foto milik @alexjourney.id

Selain dapat dinikmati di pinggir pantai, pantai Maloba dapat dinikmati dengan cara meyelam. Pantai Maloba menyimpan berbagai kekayaan di dasar lautnya.

Kamu bisa menyelam dan melihat banyak terumbu karang dan beberapa ikan di sekitar terumbu karang. Masyarakat Sumba Tengah selalu berupaya untuk tetap menjaga kelestarian alam.

Bagi para pecinta olah raga memancing, kamu juga bisa melakukan olah raga tersebut di pantai Maloba. Beberapa orang berkunjung ke pantai Maloba untuk memancing.

PantaiĀ  Maloba memang banyak memiliki ikan sehingga tidak heran kalau beberapa orang memancing di sini. Akan tetapi jika kamu memancing di sini kamu harus tetap menjaga kelestarian alam pantai Maloba ya.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x