6 Tempat Wisata di Sumba yang Tersembunyi

Sumba, surga di bumi bagian timur nusantara. Butuh waktu yang tak sedikit untuk menjelajah seluruh tempat wisata di sumba. Masih banyak tempat yang belum terjamah. Bisa jadi baru diketahui beberapa orang saja. Itulah kenapa tempat-tempat tersebut sangat eksotis dan masih terjaga kealamiannya.

Berkunjung ke tempat wisata di sumba yang masih tersembunyi akan memberikan pengalaman menarik. Apalagi jika baru pertama kali datang. Banyak cerita yang bisa anda kenang selama perjalanan. Cerita tentang perjuangan untuk bisa sampai ke tempat, cerita tentang pertemuan dengan warga lokal dan bagaimana panorama indah yang memanjakan mata terekam selamanya dalam ingatan.

Berikut ini trip sumba telah rangkum 6 tempat wisata di sumba yang masih tersembunyi. Adakah yang sudah pernah anda kunjungi?

Pantai Palamoko

tempat wisata di sumba

Sumber: @anitaningsihkulla

Pantai Palamoko termasuk pantai yang masih sepi pengunjung. Lokasinya ada di desa Palamoko kecamatan Lamboya kabupaten Sumba Barat. Dari Waikabubak (ibukota kabupaten Sumba Barat ) berjarak sekitar 32 km, kurang lebih butuh waktu 51 menit untuk sampai ke pantai.  Yang menariknya sebelum sampai ke pantai wisatawan bisa mampir dulu ke kantor desa Palamoko yang memang sengaja dihias sedemikian rupa untuk menarik wistawan datang. Dari tempat ini pengunjung bisa menikmati pantai dari ketinggian sambil beristirahat. Mengambil foto dengan latar belakang pantai palamoko dan pematang sawah. Setelahnya anda bisa turun ke pantai yang hanay berjarak 1 km.

Pantai Dewa

tempat wisata di sumba

Sumber: Koen Vanhollebeke

Lokasinya berada di Patiala Bawa, Lamboya kabupaten Sumba Barat. Dengan waktu tempuh 31 menit dari Lamboya, ibukota kabupaten Sumba Barat. Letaknya ada di tengah-tengah antara Pantai Marosi dan Pantai Tarakaha. Bahkan dekat sekali dengan pantai Marosi, hanya membutuhkan waktu 10 menit dengan berjalan kaki untuk bisa sampai ke panta ini. Pantai ini dipenuhi dengan banyak pohon kelapa. Barisan pohon kelapa tumbuh dengan subur di dekat pantai. Hamparan pantainya juga cukup luas dengan pasir berwarna putih. Tentunya bersih dan masih sangat alami. Di sebelah kiri terdapat tebing karang berwarna putih yang menjulang cukup tinggi. Anda bisa memilih ingin menikmati pemandangan dari atas tebing atau dari bawah tebing yang lebih teduh

Waikelo Sawah

tempat wisata di sumba

sumber: @travelsingle_

Tempat wisata di sumba yang tersembunyi satu ini, letaknya berada di tengah pematang sawah. Di desa Tema tana, Wewewa timur, Sumba Barat Daya. Sumber air untuk irigasi ini bisa jadi tujuan yang bagus untuk anda yang ingin menyepi. Anda bisa berkunjung kapan saja pada jam berapa pun. Anda akan berjalan melewati pematang sawah, menelusuri sungai irigasi hingga sampai di mulut gua tempat air nya keluar. Ada bagian aliran air yang tertampung hingga membentuk kolam-kolam kecil alami. Airnya terlihat tenang tapi jangan berpikir untuk berenang karena arus air di bawahnya sangat deras. Anda cukup duduk di pinggirannya bermain air dan menikmati keindahan Waikelo.

Baca juga: 6 Lagu Liburan yang Enak Didengar dan bikin Semangat

Air Terjun Wai Marang

tempat wisata di sumba

sumber: @elysewoanders

Satu lagi surga tersembunyi yang ada di tanah Sumba Timur. Yaitu air terjun Wai Marang yang ada di desa Wai Marang. Butuh waktu 2 jam dari Waingapu untuk sampai kesini. Setelah tiba anda masih harus berjalan menuruni bukit sekitar 30 menit dari tempat parkir. Air terjunnya berdinding bebatuan dan memiliki 3 tingkatan air terjun. Air terjun pertama memiliki ukuran paling kecil, tingkatan kedua yang paling lebar sekitar 7 meter dan yang ketiga 3 meter. Airnya sangat jernih, anda bisa berenang dan bermain di sini.

Bukit Warinding

tempat wisata di sumba

Sumber: isthiningtyas.soetomo7

Menyaksikan rangkaian bukit yang bergelombang ditutupi hamparan rumput hijau  ke kuning-kuningan dari dataran yang lebih tinggi. Suguhan pemandangan yang menakjubkan ini bisa anda temui di Bukit Warinding. Layaknya karpet yang menutupi permukaan bergelombang nampak empuk terlihatnya.  Dari ketinggian ini anda bisa duduk menikmati pemandangan barisan bukit Warinding. Melihat dari kejauhan kuda-kuda yang sedang merumput atau anak-anak kecil yang sedang bermain. Bukit Warinding berada di desa Pambota Jara, Kecamatan Pandawai Kabupaten Sumba Timur.

Savana Puru Kambera

tempat wisata di sumba

sumber: @ge_aye

Savana Puru Kambera letaknya dekat dengan pantai yang juga bernama sama. Hanya 2-3 km, jarak dari pantai ke padang savana. Sedangkanya jarak dari pusat kota Waingapu, kabupaten Sumba Timur sekitar 25 km. Savana Puru Kambera menjadi tempat kuda liar Sumba berkumpul dan mencari makan. Saat musim kemarau warna ilalang yang ada di savana yang tadinya hijau berubah menjadi kuning kecoklat-coklatan. Di seberangnya nampak terlihat laut yang berwana biru. Sungguh perpaduan warna yang sangat alami. Savana ini bisa jadi pilihan saat ingin menyepi ke sumba.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x