Mengenal Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya

Lapangan Pasola –  Menghabiskan waktu dan berlibur di Pulau Sumba adalah hal yang paling tepat untuk kamu. Pulau Sumba merupakan tempat yang dikenal dengan keindahan alamnya serta tradisinya, dan hal tersebut membuat Pulau Sumba banyak di kunjungi wisatawan.

Pulau Sumba tepatnya di Kabupaten Sumba Barat, merupakan tempat yang cocok untuk kamu kunjungi, karena di Kabupaten Sumba Barat terdapat sebuah festival unik yang bernama Festival Pasola (festival lempar lembing kayu dari atas kuda).

Festival Pasola sering diselenggarakan pada saat bulan Februari- Maret , serta diselenggarakan di berbagai Kecamatan termasuk di Kecamatan Lamboya.  Yuk, kita simak informasi Lapangan Pasola yang ada di Kecamatan Lamboya.

Kecamatan Lamboya

 

Kecamatan Lamboya Foto: beritagar.id

 

Kabupaten Sumba Barat terdiri dari empat Kecamatan,  diantaranya adalah Kecamatan Lamboya, Kaecamatan Wanokaka, Kecamatan Godi dan juga Kecamatan Gaura.  Kabupaten Sumba Barat terdapat tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, seperti Kampung Adat Prai Ijing, Pantai Pahiwi, dan lain sebagainya.

Kecamatan Lamboya merupakan kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Barat, dan berjarak 20 km dari Kota Waikabubak. Kecamatan Lamboya merupakan salah satu kecamatan yang sering diselenggarakan Festival Pasola oleh pemerintah Kabupaten Sumba Barat, dengan tujuan menarik minat wisatawan berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat.

Festival Pasola

 

 

Festival Pasola  Foto: infokbn.com

Festival Pasola merupakan salah satu festival dan juga tradisi yang sampai saat ini masih dilestarikan oleh masyarakat di Kabupaten Sumba Barat. Festival ini merupakan festival lempar lembing kayu, dan pertarungan dilakukan diatas kuda. Festival ini diselenggarakan setiap Februari- Maret bersamaan dengan masa panen tiba, dan juga cacing tanah keluar dari pantai.  Para pemain terdiri dari seratus orang, dan terbagi menjadi dua grup.

Pasola dimulai, dan peserta saling bertarung untuk memenangkan pertandingan dalam festival Pasola.   Jika ada korban dalam pertandingan ini, masyarakat yang menganut kepercayaan Marapu (Agama Asli Masyarakat Sumba) meyakini bahwa korban tersebut telah melanggar aturan, dan mereka dikutuk oleh Dewa.

 

Makna Festival Pasola

Makna dari Festival Pasola  Foto: travellingyuk.com

Dibalik kemeriahan dan juga keramaian acara Festival Pasola,  Festival Pasola terkandung makna, diantaranya adalah ucapan rasa syukur kepada leluhur oleh penganut kepercayaan Marapu, dan juga rasa syukur atas hasil panen yang berlimpah.

Selain memiliki makna rasa syukur yang dipanjatkan oleh masyarakat penganut kepercayaan Marapu, Festival ini juga dimanfaatkan untuk menarik minat wisatawan baik lokal maupun mancanegara, supaya berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat.

Festival Pasola sangat wajib kamu saksikan saat kamu berkunjung ke Kabupaten Sumba Barat termasuk di Kecamatan Lamboya .  Di balik ketegangan di dalam pertandingan Pasola dan juga terdapat makna didalamnya, Festival Pasola merupakan salah satu festival yang sangat menarik untuk disaksikan, dan semua orang bisa menyaksikan festival ini secara gratis.

Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya

Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya  Foto: vymaps.com

Kecamatan Lamboya memiliki sebuah lapangan untuk Festival Pasola, dan lapangan ini terletak di Patiala Bawa, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur.  Lapangan ini menjadi sangat ramai saat Festival Pasola digelar yakni pada bulan Februari- Maret, dan lapangan ini menjadi magnet bagi para wisatawan yang berkunjung.

Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya juga terhampar padang savana yang sangat luas,  serta pemndangan bukit dan juga pantai dibawahnya yang dapat memanjakan mata kamu.  Jika tidak ada festival pasola di tempat ini, kamu bisa bersantai santai di padang savana yang terdapat di lapangan ini sambil berfoto foto.

Akses Menuju Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya

Akses Menuju Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya Lamboya  Foto: tripadvisor.co.id

Akses untuk menuju Lapangan Pasola di Kecamatan Lamboya sangatlah mudah. Dengan menggunakan pribadi seperti motor atau mobil dari Kota Waikabubak,  Lapangan Pasola Lamboya dapat ditempuh sekitar 58 menit- 1 jam.

Perjalanan jauh dapat terobati saat kamu tiba di lapangan Pasola. Rasa capek dan lelah yang kamu alami selama perjalanan, dapat hilang seketika saat kamu melihat pemandangan yang ada di Lapangan Pasola Kecamatan Lamboya.

**

Jika kamu berkunjung ke Nusa Tenggara Timur, tepatnya ke Kabupaten Sumba Barat, jangan lupa untuk melihat Festival Pasola di Kecamatan Lamboya, karena disini kamu akan melihat Festival Pasola yang seru dan kamu juga akan melihat pemandangan yang sangat indah.

BACA JUGA YA 

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x