6 Pulau Terindah di Indonesia yang Masih Jarang Dikunjungi

Pulau terindah di Indonesia bisa dibilang nyaris tak terhitung jumlahnya. Bahkan, tak sedikit di antaranya yang masih asing di telinga traveler dan jarang dikunjungi.

Banyak faktor memengaruhi mengapa pulau terindah di Indonesia masih jarang dikunjungi. Mulai dari dana liburan yang terbatas, lokasi wisata terpencil, hingga minimnya informasi tentang destinasi-destinasi tersebut.

Terlepas dari faktor-faktor itu, tidak ada salahnya untuk sekadar mengetahui dan mengenali beberapa pulau terindah di Indonesia yang masih jarang dikunjungi wisatawan. Dimana saja lokasinya?

1. Pulau Kanawa

Berada di gugusan Kepulauan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Pulau Kanawa menyajikan pemandangan pantai berpasir putih, terumbu karang yang cantik, hingga gradasi air laut yang memesona.

Pulai Terindah di Indonesia

Pulau Kanawa (Sumber: instagram/fitrikimmy)

Salau satu pulau terindah di Indonesia yang jarang dikunjungi ini juga memiliki panorama bawah laut yang memukau. Kamu bisa melihatnya dengan melakukan aktivitas snorkeling maupun diving.

Dikelola oleh warga negara Italia, salah satu pulau terindah di Indonesia masih dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini dapat dijangkau dengan naik pesawat ke Bandara Internasional Pulau Komodo.

Dari bandara, kamu masih perlu menuju ke Pelabuhan Labuan Bajo. Kemudian perjalanan dilanjutkan dengan naik kapal selama kurang lebih 1 jam.

Tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk mengunjungi Pulau Kanawa. Sebab, kamu hanya perlu menyediakan biaya untuk sewa kapal dengan tarif sekitar Rp100 ribu per rombongan.

2. Pulau Nikoi

Termasuk dalam kawasan Kepulauan Riau, Pulau Nikoi juga bisa dibilang merupakan pulau terindah di Indonesia yang jarang dikunjungi.

Pulau Nikoi

Pulau Nikoi (Sumber: instagram/signe_magazine)

Pulau yang menyandang gelar ‘the best private island 2016’ versi majalah Conde Nast Traveller ini menawarkan pemandangan alam yang bukan hanya cantik, namun juga masih asri.

Uniknya, Pulau Nikoi hanya menyediakan 48 cottage tanpa jaringan TV dan wifi. Bahkan, di pulau terindah di Indonesia ini, kunjungan wisatawan dibatasi maksimal 42 orang saja dalam satu hari. Sistem waiting list selama kurang lebih 3 bulan pun berlaku di destinasi ini.

Untuk harga sewa satu kamar di Pulau Nikoi sekitar 375 sampai 500 USD atau sekitar Rp5 juta hingga Rp6,5 jutaan.

3. Pulau Siroktabe

Gugusan pulau yang membentang di wilayah perairan Pulau Sumatera ini menyimpan pesona alaminya.

Pulau Siroktabe

Pulau Siroktabe (Sumber: Super Adventure)

Berada di Kepulauan Nias, pulau terindah di Indonesia ini hanya terdapat sebuah pondok kecil yang dikelola oleh biro perjalanan wisata ala cast away milik warga Eropa yang tarifnya sekitar 180 EUR atau Rp3 jutaan per malam dengan minimal 3 malam menginap, termasuk transportasi.

Jarak Pulau Siroktabe dari desa nelayan terdekat adala 15 kilometer. Berada di sini, kamu tidak akan melihat kapal nelayan bersandar karena memang destinasi ini merupakan pulau pribadi.

4. Pulau Manimbora

Dijuluki pula dengan nama Pulau Spongebob, Pulau Manimbora juga bisa dikatakan sebagai pulau terindah di Indonesia yang jarang dikunjungi, bahkan sedikit orang tahu tentang destinasi ini.

Pulau Manimbora

Pulau Manimbora (Sumber: instagram/hvtrip)

Pulau kecil yang didominasi pasir putih dan daratan hijau ini bisa ditemui dalam rute perjalanan pulang dari Derawan, Kalimantan Timur.

Menariknya, Pulau Manimbora ini ternyata merupakan area pemakaman bagi masyarakat tradisional balikukup. Jadi tidak heran kalau banyak ditemukan tulang serta nisan tanpa nama yang tersebar di beberapa bagian pulau terindah di Indonesia ini.

5. Pulau Rusa

Tertarik melakukan camping di pulau tak berpenghuni dengan biaya terjangkau? Coba saja berkunjung ke Pulau Rusa yang secara administratif terletak di Kabupaten Aceh Besar.

Salah satu pulau terindah di Indonesia dengan luas hanya 0,296 kilometer persedi ini memiliki garis pantai yang tidak terlalu panjang.

Pulau Rusa

Pulau Rusa (Sumber: instagram/wintoni)

Selain itu, batuan granit besar yang tersusun rapi akan kamu lihat saat berada di pulau kecil di Indonesia ini. Ada pula batu kapur yang merupakan hasil dari kikisan abrasi di tepi pantai.

Untuk bisa mendirikan tenda di sini, kamu perlu menyiapkan segala perlengkapan dan detail transportasi secara mandiri.

6. Pulau Sumba

Satu lagi pulau terindah di Indonesia yang jarang dikunjungi, yaitu Pulau Sumba. Meski banyak yang mengetahuinya, kenyataannya wilayah ini tak seramai Pulau Bali dan Lombok.

Pulau Sumba

Bukit Wairinding Sumba (Sumber: instagram/ryangustavo80)

Padahal, soal potensi wisata, Pulau Sumba tidak kalah. Banyak tempat wisata di Sumba yang sangat recommended untuk dikunjungi, mulai dari Waikelo Sawah, Danau Weekuri, Bukit Wairinding, Pantai Nihiwatu, dan masih banyak lagi.

Transportasi menuju Pulau Sumba pun tidak harus menggunakan pesawat, melainkan juga menggunakan kapal laut dengan biaya sekitar Rp400 ribuan.

Itu dia sederet pulau terindah di Indonesia yang ternyata masih jarang dikunjungi. Menurutmu, mana yang paling ingin kamu datangi?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x