Pantai Walakiri, Spot Melihat Sunset Terindah di Sumba

Mau melihat sunset keren di Sumba?

Pantai Walakiri adalah salah satu tempat terbaiknya.

Pantai Walakiri adalah salah satu pantai indah yang ada di Sumba Timur dengan ciri khasnya yakni adanya sebuah tanaman mangrove atau pepohonan mangrove yang sangat indah terutama saat sunset atau saat matahari terbenam.

Baca Juga ya :

Pantai Walakiri Sumba

Pantai Walakiri Sumba

Pantai Walakiri juga menjadi salah satu pantai di Sumba khususnya wilayah Sumba Timur yang paling sering dan paling banyak dikunjungi wisatawan sebagai lokasi favorit meihat matahari terbenam.

Meski pantai walakiri tidak menawarkan hamparan pasir lembut seperti pasir-pasir sumba lainnya namun tentunya pantai walakiri memiliki ciri dan keunikanya tersendiri yang justru menjadi pembeda dengan pantai-pantai lainnya di Sumba.

Lokasi Pantai Walakiri

Secara adaministratif, Pantai Walakiri ini berada di desa Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pantai Walakiri di sumba

Pantai Walakiri di sumba – foto @kakisumpit

Pantai Walakiri cukup dekat dengan pusat kota Sumba Timur yakni Kota Waingapu. Jaraknya hanya sekitar 24 km dan dapat ditempuh sekitar 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan motor atau mobil.

Karena pantai walakiri termasuk pantai ditengah kota jadi akses menuju kepantai walakiri juga sudah cukup baik dan mudah dijangkau meski memang tidak ada angkutan umum menuju pantai ini.

Pantai Walakiri juga berada tak jauh dari jalan raya yang menuju arah Melolo yakni sebuah kecamatan yang cukup besar di Sumba Timur. Buat kalian yang bingung arahnya, silahkan lihat maps dibawah ini saja :

Alamat pantai Walakiri :

 Watumbaka, Pandawai, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur.

Harga Tiket Masuk Pantai Walakiri

Meskipun pantai walakiri berada di dekat pemukiman warga dan cukup ramai dikunjung oleh para wisatawa baik itu wisatawan yang datang dari dalam kota maupun wisatawan yang datang dari luar kota, namun pantai ini walakiri ini tetap indah loh dan hanya ramai saat senja saja.

Bagi kalian yang tertarik datang melihat sunset di pantai walakiri, harga tiketnya juga tidak terlalu mahal yakni hanya sekitar Rp 5000/ pengunjung dan Rp 5000 biaya parkir kendaraan motor dan Rp 10.000 untuk biaya parkir kendaraan mobil.

Sebenarnya dulunya pantai ini gratis bagi warga atau bagi siapa saja yang datang ke pantai walakiri ini. Namun semenjak meningkatnya kunjungan wisatawan ke pantai walakiri akhirnya membuat warga dan pengelola mematok tarif masuk ke pantai walakiri.

Fasilitas di Pantai Walakiri

Tapi pemberian tarif masuk berdampak juga pada kehidupan warga setempat loh guys jadi hal ini cukup baik sebagai dukungan pariwisata. Beberapa fasilitas umum bagi para pengunjung juga sudah dibuat dan memudahkan kita plus memberikan kenyamanan juga bagi kita yang datang kesana.

Pantai Walakiri sumba timur

Pantai Walakiri sumba timur – foto @disanisrina

Beberapa fasilitas umum yang ada di pantai Walakiri seperti ssaung-saung atau gazebo untuk bersantai, area parkir yang cukup luas menampung banyak kendaraan motor dan mobil hingga bus sekalipun bisa masuk.

Beberapa warung-warung makan juga sudah dibangun plus beberapa area penjagaan bagi keamanan pengunjung juga sudah ada. Oh ya toilet juga sudah banyak tersedia di sepanjang pantai ini meski toiletnya milik warga namun setidaknya itu sudah membantu pengunjung yang ingin membuang air kecil atau air besar.

Keunikan Pantai Walakiri

Seperti yang sduah disampaikan diatas jika salah satu daya tarik utama dari pantai walakiri adalah pepohonan mangrove yang membentuk siluet yang unik dan indah saat matahari terbenam.

Pantai Walakiri

Pantai Walakiri – foto @saragih_erick

Sebenarnya ukuran pepohonan mangrove di pantai walikiri ukuranya tak sebesar yang ada di foto-foto. Aslinya ukuran mangrovenya hanya setinggi pinggang kita saja. Namun karena kepiaawan para fotografer mengabadikan moment disini membuatnya seolah seperti pepohonan besar.

Daya tarik lain dari pantai walakiri adalah karena disini banyak penjual ikan sehingga wisatawan yang datang bisa memakan ikan langsung dari nelayan dengan cara dibakar atau dimasak.

lokasi Pantai Walakiri

lokasi Pantai Walakiri – foto @kikinpurwasih

Banyak warung2 warga yang berjualan ditepi pantai sehigga saat lelah melanda kita bisa sedikit bersantai menikmati kelapa dan ikan bakar khas sumba.

Selain itu juga pantai walakiri ombaknya cukup tenang sehingga bagi yang membawa keluarganya bisa bermain pasir dan bermain air ditepi pantai walakiri.

Bagimana, tertarik datang langsung ke pantai walakiri sumba?

Yuk jangan lupa ikut trip bareng kita saja.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x