Tempat Wisata Sumba Untuk Keluarga yang Aman dan Nyaman

Wisata Sumba Untuk Keluarga – Siapa yang tidak terpesona dengan keindahan bumi Sumba. Keindahan yang dimilikinya menarik perhatian banyak orang dan membuat semua orang ingin mengunjunginya.

Untuk saat ini Sumba menjadi tempat wisata terpopuler, bahkan digadang gadang bisa mengalahkan kepopuleran Bali dan Lombok.

Keindahan Negeri Seribu Bukit ini dapat dinilai dari berbagai macam aspek, yaitu aspek alam, destinasi wisata, budaya, dan adat istiadat.

Kain Tenun Khas Sumba Barat Daya

Wisata keluarga di sumba – Sumber: FrameATrip.com

Berkunjung ke Sumba kamu akan merasakan pengalaman wisata yang berbeda. Pasalnya, Sumba banyak menyimpan keseruan tempat – tempat eksotis yang bisa dieksplorasi.

Semua tempat wisata di Sumba bisa dibilang indah, namun tempat manakah yang paling cocok untuk dikunjungi bersama keluarga?

Berikut ini akan kita bahas satu persatu dari tempat wisata tersebut,

1. Taman Kincir Angin Moubokul

Tempat wisata ini direkomendasikan karena keindahannya yang memadukan hasil ciptaan tuhan dan hasil buatan tangan manusia yang menghasilkan karya indah yang membuat semua mata terpesona.

Taman Kincir Angin ini berlokasi di Moubokul, Kab Sumba Timur, Sumba, NTT.

Sebenarnya objek wisata ini adalah sebuah pembangkit listrik tenaga angin yang dimiliki oleh Sumba Timur dan digunakan untuk memberi pasokan listrik untuk warga desa Kemanggih, Sumba Timur.

Taman Kincir Angin ini di gagas oleh Ricky Elson orang Indonesia yang memiliki keahlian dalam mengembangkan mobil listrik.

lokasi Taman Kincir Angin Moubokul

Taman Kincir Angin Moubokul, cocok dikunjungi bersama keluarga – sumber : kaskus

Tempat ini direkomendasikan sebagai tempat wisata untuk mengajak keluarga karena keindahannya, disini kamu bisa menikmati keindahan kincir angin dengan menggelar tikar dan membawa bekal makanan, waduh sudah serasa di negeri seribu kincir, Belanda ya.

Jika berkunjung ke taman kincir angin ini bersama keluarga jangan lupa berswafoto untuk mengabadikan momen indah bersama.

Waktu yang tepat unuk mengunjungi Taman Kincir Angin Moubokul adalah saat memasuki waktu sore dan ketika matahari menjelang tenggelam. Perpaduan kincir angin dan semburat cahaya matahari akan berkolaborasi dengan indah.

2. Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti adalah sebuah daerah perlindungan flora dan fauna di pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur.

Taman ini merupakan suatu perwakilan berbagai tipe hutan di pulau Sumba, termasuk “hutan elfin” yang sangat langka dan memiliki keanekaragaman yang bernilai cukup tinggi terutama terdapat pada ketinggian 800 meter dari permukaan laut.

terlihat beberapa kuda di taman nasional, sumber: Travel Kompas

Taman nasional ini berlokasi di KecamatanTabundung, Paberiwai, dan Pinu Pahar, Kabupaten Sumba Timur, NTT. Taman ini berada berjarak sekitar 100 kilometer dari pusat kota Waingapu.

Taman ini memiliki luas 880 kilometer persegi dan keberadaannya ada di ketinggian 800 meter di atas permukaan laut. Taman nasional ini terdiri dari 60 persen stepa dan 40 persen hutan hujan dataran rendah dan dataran tinggi.

Di taman nasional ini kamu dan keluarga dapat menikmati keindahan dan ketenangan alam ditemani dengan suara berbagai jenis burung yang ada di taman nasional ini.

Di tempat ini juga kamu dan keluarga bisa belajar banyak tentang flora dan fauna yang belum di ketahui.

3. Danau Weekuri

keluarga mu pasti senang diajak melihat keindahan danau weekuri, sumber : Super Adventure

Destinasi selanjutnya adalah Danau Weekuri yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

Danau indah ini baru ramai dikunjungi wisatawan belakangan ini. Berjarak 60 kilometer dari ibu kota kabupaten Sumba Barat Daya, akses menuju danau Weekuri masih terbilang cukup sulit.

Danau Weekuri direkomendasikan karena keindahan alam dan kejernihan air dari Laguna tersembunyi di Sumba.

Danau ini memiliki air yang sangat jernih dengan kedalaman air yang tak cukup dalam, sehingga sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang tersayang.

4. Waikelo Sawah

Waikelo Sawah adalah air terjun dan danau buatan yang menjadi Sumber air untuk warga Sumba. Waikelo Sawah dibangun pada tahun 1976 dan dirancang untuk irigasi dan pembangkit listrik.

Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT.

waikelo sawah, sumber : Batari Tour & Travel

Berada di kaki bukit dikelilingi oleh pepohonan rimbun dan sawah –sawah yang membuat tempat ini sangat cocok untuk menjadi tempat bersantai bersama keluarga. Selain itu lokasinya yang tidak terlalu jauh dari ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, yaitu Tambolaka.

Waikelo Sawah warga banyak menggunakannya untuk mandi dan mencuci pakaian, namun tempat ini masih terjaga kebersihannya.

Selain itu juga aliran air Waikelo Sawah ini cukup deras, diperkirakan mencapai 100 liter/ detiknya. Hati-hati ya jika kamu mau berenang.

5. Kampung Adat Ratenggaro

Desa ini letaknya berdekatan dengan Pantai Ratenggaro. Desa ini merupakan desa adat yang masih memegang teguh dan melestarikan adat tradisi peninggalan leluhurnya.

Di desa ini kamu dan keluarga dapat melihat keeksotisan adat Sumba da keindahan pantai Ratenggaro.

desa ratenggaro destinasi pilihan untuk keluarga, sumber : Pegipegi

Kampung adat ini terdapat beberapa benda peninggalan zaman megalitikum seperti kuburan batu tua yang ada di sekitar perkampungan.

Kampung Adat Ratenggaro ini cocok sebagai destinasi wisata bersama keluarga karena kamu sekeluarga dapat mengenal adat dan budaya Sumba langsung dari dekat.

Desa Ratenggaro terletak di Desa Umbul Ngedo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT. Untuk mencapai desa ini belum tersedia transportasi umum, sehingga kamu harus menyewa kendaraan pribadi.

Itulah 5 rekomendasi wisata pilihan untuk dikunjungi oleh keluarga. Bagaimana, sudah siap belum jalan-jalan bersama keluarga ke Sumba.

6. Bukit Warinding

Bukit Warinding

Bukit Warinding – Sumber; seringjalan.com

Tempat wisata Sumba Untuk keluarga selanjutnya sekedar tambahan saja yakni Bukit Warinding.

Hal yang membuat Bukit Warinding Sumba ini berbeda dengan bukit-bukit rumput lainnya di Indonesia adalah panorama bukitnya yang berbentuk gelombang yang tidak rata.

Hamparan rerumputan hijau pada bukit ini juga menambah daya tariknya. Warna bukitnya juga berubah mengikuti musim dan bulan tertentu sehingga kamu bisa mendapati warna-warna bukit mulai dari hijau hingga coklat pada saat tertentu.

Bukit Warinding Sumba ini terletak di Desa Pambotajara, Kota Waingapu, Kabupaten Sumba Timur. Terletak di ketinggian 100 hingga 200 meter di atas permukaan laut, tak salah jika kamu bisa melihat pemandangan keren dari atas bukit ini.

Pemandangan sunset dan sunrise yang begitu cantik juga bisa kamu lihat dari tempat ini. Jadi, siap-siap ya ketika menjelang pagi hari maupun menjelang petang agar tidak ketinggalan melihat panorama matahari terbit dan tenggelam yang begitu ayu dari Bukit Warinding Sumba ini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x