Pesona Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba

Salah satu tempat wisata di Sumba yang cukup terkenal adalah Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba. Sebuah destinasi pelesir yang tidak pernah sepi dari pengunjung baik dari dalam negeri maupun manca negara.

Ada banyak destinasi yang bisa dinikmati di taman ini. Semuanya menawarkan pesona wisata yang sangat luar biasa. Bahkan Taman Nasional Laiwangi Wanggameti layak disebut wahana wisata edukasi yang bagus.

Nah untuk traveler yang tertarik mendatanginya silakan baca terlebih dahulu review di bawah ini. Ulasannya seputar Taman Nasional Laiwangi yang viral hingga keluar negeri. Berikut keterangannya:

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti merupakan taman nasional perlindungan marga satwa yang ada di Sumba. Karena itu di tempat ini banyak ditemukan flora dan fauna yang sangat menarik. Bahkan jika kamu beruntung bakal bertemu dengan hewan langka di dalamnya.

Taman ini berada di dataran tinggi dengan ukuran 800 mdpl. Karena itu hutan jenis elfin ini tidak hanya rindang tetapi cuacanya juga sejuk dan pemandangannya asri. Alasan inilah yang membuat masyarakat tertarik untuk mengunjunginya.

Keindahan berikutnya terletak pada tipografi yang mumpuni dan layak disebut menantang. Yang mana di lokasi taman masih terdapat lereng-lereng curam dan terjal. Bukit yang hijau juga tersebar di berbagai lokasi. Hal ini yang membuat pesona hutan semakin memukau.

Aktifitas Wisata di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba

Taman Nasional Laiwangi Sumba

Ada banyak aktivitas pariwisata yang bisa traveler lakukan dan nikmati di Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba. Berikut sebagian kecil di antaranya yang bisa kamu lakukan jika sudah tiba di sana:

1. Melihat Tumbuhan Langka

Aktivitas yang pertama adalah melihat ribuan tumbuhan spesies langka yang ada di Sumba. Di antaranya adalah Syzygium, pule, spesies Ficus, oleosum Canarium, zeylanicum Cinnamomum, Myristica littoralis, Toona sureni, kepoh, Schleichera oleosa, dan obovatum Palaquium.

Bisa dipastikan tumbuhan ini tidak ditemukan di daerah lain. Makanya nama-nama yang sudah disebutkan di atas disebut sebagai tumbuhan khas Sumba Nusa Tenggara Timur Indonesia.

2. Menemukan Hewan-Hewan Unik dan Menarik

Jika datang ke Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba kamu tidak hanya melihat tumbuhan langka tetapi juga menemukan hewan-hewan yang unik. Hewan yang sering muncul diantaranya monyet pemakan kepiting, biawak dan kadal monitor.

Selain itu hewan seperti ular sanca, Ayam hutan Merah, merpati hijau Sumba, Sumba Buttonquail, Kakatua Citra-jambul dan Sikatan Sumba juga banyak di hutan ini. Silakan didatangi jika ingin mengetahui seperti apa rupa hewan-hewan ini.

3. Melihat Situs Kuburan Kuno

Di dalam Taman Nasional Laiwangi Wanggameti terdapat beberapa blok kuburan kuno yang juga layak untuk dikunjungi. Situs ini menjadi bukti kalau dulunya di dalam hutan tersebut memang pernah dihuni oleh masyarakat tertentu.

Uniknya situs sejarah ini masih terawat dengan baik. Apalagi setelah taman disahkan sebagai hutan lindung nasional maka pengelolaannya mulai diperbagus. Tentu tujuannya pengunjung hutan supaya tidak kecewa.

Fasilitas Wisata Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba baru saja diresmikan sebagai hutan lindung oleh pemerintah setempat. Karena itu pengelolaan destinasi tentu masih hijau dan masih dalam tahap-tahap perbaikan.

Fasilitas yang nyata-nyata sudah terbentuk adalah beberapa homestay yang dibangun tidak jauh dari taman. Rumah penginapan ini bisa dijadikan sebagai tempat bermalam bagi pengunjung.

Jadi bagi traveler yang datang dari luar kota silakan gunakan homestay tersebut. Dijamin harga sewanya terjangkau dengan fasilitas penginapan yang memadai. Apalagi lokasi homestay juga indah dan asri.

Rute Menuju Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba terletak Desa Wanggameti kecamatan Tabundung Kabupaten Sumba Timur Pulau Sumba Nusa Tenggara Timur.

Jika berangkat dari Kupang silakan naik pesawat terbang selama satu jam menuju ke Waingapu. Setelah itu tempuh jalur darat dari Waingapu menuju Kanagar yang membutuhkan waktu tempuh 2 jam. Jika sudah tiba di sana tinggal melihat papan jalan saja menuju hutan.

Harga Tiket Masuk Taman Nasional Laiwangi Wanggameti

Sampai saat ini Taman Nasional Laiwangi Wanggameti bisa diakses secara gratis. Artinya pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk ke dalam hutan lindung. Ini berlaku untuk satu minggu penuh dengan waktu non stop.

Itulah review singkat tentang Taman Nasional Laiwangi Wanggameti Sumba yang begitu mempesona. Silakan didatangi jika kamu ingin mendapatkan pengalaman wisata yang luar biasa.

Link Image:

https://travel.tribunnews.com/2019/06/27/pertama-kali-ke-sumba-4-tempat-wisata-ini-wajib-kamu-kunjungi

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x