Lokasi Air Terjun Waikelo Sawah, Air Terjun Sumba yang Tak Pernah Kering

Air terjun Waikelo Sawah mungkin terdengar asing bagi kamu yang tidak tinggal di kawasan Sumba. Tempat yang satu ini punya daya tarik yang luar biasa indah serta tidak kalah dengan objek wisata alam lainnya di Sumba.

Panorama air terjun yang tidak seberapa tinggi dengan pemandangan alam pepohonan disekitarya menambah daya tarik wisata pada air terjun Waikelo Sawah ini. Jadi, memasukkan air terjun Waikelo Sawah ke dalam bucketlist liburanmu bisa jadi hal yang menarik.

Menemukan tempat wisata indah di Sumba bukanlah hal yang sulit karena banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa dikunjungi.

Air terjun Waikelo Sawah

Air terjun Waikelo Sawah – foto milik @gilang_boban

Suasana alam di Sumba juga masih asri dan budaya adat istiadat yang masih dipegang oleh masyarakatnya membuat Sumba jadi tempat yang menarik untuk dijelajahi.

Beragam budaya dan objek wisata alam yang sulit ditemukan di tempat lain bisa ditemukan di Sumba.

Dengan beragam keindahan yang ditawarkan di Pulau Sumba, sayang sekali untuk tidak mengunjungi tempat-tempat tersebut paling tidak sekali seumur hidup.

Nah, untuk kamu yang penasaran dengan Air Terjun Waikelo yang punya daya tarik luar biasa, mari simak informasi tentang air terjun ini di bawah ini.

Daya Tarik Air Terjun Waikelo Sawah

Air terjun Waikelo Sawah

Air terjun Waikelo Sawah – Sumber: tagar.id

Air terjun Waikelo Sawah ini berbeda dengan air terjun pada umumnya yang airnya tinggi dan jatuh dari atas tebing. Air terjun yang satu ini adalah bendungan yang mengalirkan air-air hingga membentuk air terjun kecil di daerah persawahaan.

Memang pada 1976 bendungan tersebut untuk irigasi dan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) pertama di Sumba dan kini bendungan tersebut juga menghasilkan air terjun yang cantik bernama Waikelo Sawah.

Goa di Waikelo sawah

Goa di Waikelo sawah – foto milik @gilang_boban

Waikelo Sawah kini berbentuk seperti gua alami dengan lebar sekitar 4 meter dan ketinggiannya 3 meter yang pada mulut gua membentuk sebuah kolam dengan air yang jernih dan bersih.

Namun perlu berhati-hati ketika berenang di kolam pada mulut gua tersebut karena arusnya cukup kencang, debit airnya mencabai 1000 liter/detik. Agar lebih aman, pengunjung bisa menikmati air terjun dan gua Waikelo Sawah dari pinggir saja.

Air terjun Waikelo Sawah

Air terjun Waikelo Sawah – Sumber: nativeindonesia.com

Karena melimpahnya air dari tempat ini, tak salah bila sampai sekarang air terjun Waikelo Sawah masih digunakan untuk perairan sawah di beberapa desa.

Bahkan air terjun Waikelo Sawah ini juga dijadikan destinasi wisata yang menarik wisatawan. Terletak di antara area persawahaan, air terjun Waikelo Sumba ini membentuk air terjun berundak yang pendek namun alirnya mengalir sehingga menimbulkan efek seperti air sungai yang mengalir.

Airnya segar dna bersih menjadikan Air Terjun Waikelo Sawah ini daya tarik wisata alam yang berbeda di kawasan Sumba.

Bagi kamu yang tertarik mengunjungi Air Terjun Waikelo Sawah, disarankan untuk datang pada Bulan Febuari, Maret, dan November karena pada bulan tersebut diselenggarakan tradisi rutin masyarakat Sumba yakni tradisi Pasola dan Wula Podu.

Menyepi ke sumba

Air terjun Waikelo Sawah

Ada banyak hal lain yang bisa dinikmati di kawasan Air Terjun Waikelo Sawah ini seperti suasana alami persawahan yang asri dan rindang dengan pepohonan disekelilingnya.

Kamu juga dapat menikmati indahnya goa dengan bebatuannya yang membuatnya nampak lebih menawan. Suasana yang tenang dan aliran air yang bersih dan segar membuat air terjun Waikelo Sawah ini patut dikunjungi jika kamu mencari destinasi wisata yang memesona dengan suasana persawahaan.

Akses dan Lokasi Air Terjun Waikelo Sumba

Rute menuju Air terjun Waikelo Sawah

Rute Menuju Air terjun Waikelo Sawah – Sumber: kitaberkata.id

Air terjun ini terletak di Waikelo Sawah, Tema Tana, Wewena Tim, Kabupaten Sumba Barat Daya. Untuk sampai ke air terjun Waikelo Sawah pun ada rute-rute yang harus ditempuh oleh wisatawan.

Dengan jarak sekitar 12 km dari Tambolaka, ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, perjalanan menuju Air Terjun Waikelo Sawah dapat ditempuh dalam waktu 40 menit menggunakan kendaraan bermotor. Kondisi jalan juga sudah beraspal, mungkin ada beberapa titik yang jalannya berbatu.

Selain itu, transportasi umum juga belum ada yang menuju kawasan Air Terjun Waikelo Sawah sehingga disarankan untuk wisatawan membawa kendaraan bermotor sendiri atau menggunakan jasa ojek.

Begitu pula dengan warung makan dan toilet yang memadai belum ada disana karena lokasinya memang di sawah.

Nah, gimana? Tertarik melihat dan merasakan langsung segarnya Air Terjun Waikelo Sawah?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x