Air Terjun Laindamuki, Surga Tersembunyi di Sumba

Air Terjun Laindamuki mungkin belum familiar di telinga wisatawan yang hendak mengunjungi Sumba. Ari terjun yang satu ini rupanya memiliki suasana alam yang masih ckup liar dan alami, berbeda dengan air terjun lainnya di kawasan Sumba. Meski begitu, jika kamu ingin melihat langsung bagaimana pemandangan Air Terjun Laindamuki dari dekat, tempat ini tidak mengecewakan untuk didatangi kok.

Sumba sendiri memiliki banyak air terjun yang tersebar di berbagai sudut pulaunya. Berbagai air terjun di Sumba tentu menawarkan daya tarik wisata yang berbeda-beda dan sangat memukau. Salah satu air terjun di Sumba yang bisa kamu kunjungi adalah Air Terjun Laindamuki. Situasi alam di air terjun ini cukup menantang dan menenangkan. Gemercik air terjun yang turun memberikan kesan menyegarkan dan juga relaksasi terutama bagi kamu yang memang suka menikmati pemandangan air terjun.

Nah, buat kamu yang belum tahu banyak tentang Air Terjun Laindamuki yang ada di Sumba ini, yuk mari simak informasi mengenai Air Terjun Laindamuki di bawah ini.

Fakta Tentang Air Terjun Laindamuki

Air Terjun Laindamuki ini berlokasi di Desa Pindu Hurani, Kecamatan Tabundung, Sumba Timur atau berjarak sekitar 110 kilometer dari Kota Waingapu. Ai terjun Laindamuki ini memang lokasinya cukup jauh dan tersembunyi, namun cocok bagi kamu yang menyukai tantangan wisata alam dan menemukan tempat-tempat menarik di Kawasan Sumba.

Air Terjun Laindamuki ini tidak seperti air terjun lainnya di Sumba yang ramai dan dipenuhi oleh wisatawan. Bisa dibilang Air Terjun Laindamuki iki cenderung sepi dan tidak begitu dipenuhi oleh wisatawan. Hanya beberapa traveller dan wisatawan yang memang tertarik untuk menjelajah alam Sumba yang tersembunyi dan cukup menantang.

Tempat wisata Air Terjun Laindamuki ini sangat alami karena jarang tersentuh oleh manusia. Tetapi wisatawan tidak diizinkan untuk mandi di kawasan Air Terjun Laindamuki karena dikabarkan terdapat buaya yang masih ada di kawasan perairan Air Terjun Laindamuki. Meski ada yang mengatakan bahwa buaya-buaya tersebut jinak dan tidak menggangu, namun lebih baik pengunjung tidak berenang dan berada di kawasan perairan pada Air Terjun Laindamuki ini. Nah, jadi kalau kamu mendatangi Air Terjun Laindamuki ini, cukup melihatnya dari bebatuan dan daratan di sekitarnya, ya! Tetap terasa segar dan indah kok.

Fakta lainnya yakni Air Terjun Laindamuki ini dimanfaatkan oleh Direktorat Jendral Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi untuk digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Pinduhurani sejak 2016. Oleh karena itu, aktivitas yang bisa dilakukan di Air Terjun Laindamuki terbatas karena lokasinya masih dilindungi dan digunakan untuk kepentingan pemerintah setempat.

Menikmati Suasana Alam Air Terjun Laindamuki

Lokasinya yang jauh dan jarang tersentuh wisatawan dalam jumlah besar membuat kelestarian dan kelestarian dari Air Terjun Laindamuki ini masih sangat terjaga. Rindang dan hijaunya pepohonan hutan masih bisa ditemukan di kawasan sekitar air terjun ini. Dipadukan dengan pemandangan air terjun yang turun di tengah-tengah situasi hijau seperti itu menambah daya tarik dari Air Terjun Laindamuki ini.

Tempat yang satu ini juga sangat instagramable. Meski lokasinya jauh dan terpencil, Air Terjun Laindamuki menawarkan pemandangan alam air terjun yang menakjubkan dan mungkin sulit ditemukan di tempat lain. Cocok sekali bagi kamu para pecinta fotografi alam yang ingin berburu objek foto yang indah, memukai, dan tersembunyi di Kawasan Sumba Timur.

Tiket Masuk Kawasan Air Terjun Laindamuki

Masuk ke kawasan Air Terjun Laindamuki ini gratis alias tidak dipungut biaya. Jadi siapapun bisa mengunjungi tempat ini. Namun karena tempatnya yang jauh dan tersembunyi membuat Air Terjun Laindamuki ini jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Buat kamu yang tertarik menjelajah tempat anti mainstream di Sumba Timur, Air Terjun Laindamuki adalah pilihan yang tepat. Kamu bisa mendapatkan suasana alam yang begitu tenang, damai, dan menyegarkan di tempat ini. Selain itu, pastikan kamu ketika mengunjungi tempat ini dan tidak meninggalkan sampah kemudian. Tetaplah jaga kebersihan dan kelestarian Air Terjun Laindamuki ini.

Apakah kamu tertarik menjelajah dan mendatangi air terjun yang satu ini?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x