Pulau Salura Sumba, Pulau yang Masih Sepi dan jarang dikunjungi

Pulau Salura Sumba – Indonesia Timur memang terkenal dengan keindahan wisatanya. Salah satu pesona tersembunyi disana adalah Pulau Salura Sumba atau yang kadang disebut juga Pulau Halura.

Pulau Salura adalah Salah satu pulau terluar Indonesia ini. Pulau kecil ini hanya berjarak sekitar satu jam ke selatan dari bibir pantai Pulau Sumba.

Pesona Pulau Salura

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – foto @danielrobertsianturi

Pulau Halura atau sering disebut pulau Salura adalah salah satu pulau paling selatan Indonesia yang ada di Kabupaten Sumba Timur. Pulau ini berjarak sekitar 800 mil dari benua Australia, Menjadi wilayah perbatasan antara Indonesia dengan Australia.

Sebelum kalian menyeberang lautan menuju pulau indah ini, para wisatawan harus menempuh perjalanan darat terlebih dahulu dari Kota Waingapu yakn ibu kota kabupaten Sumba Timur.

Baca Juga ya :

Rute menuju Pulau Salura Sumba

Rute menuju Pulau Salura Sumba – foto
@rjanitraz

Medan yang perlu dilalui pun tidak mudah dan cenderung ekstrem. Setengah dari total jarak sekitar 110 km ditempuh melalui jalan bebatuan.

Namun semua kesulitan rasanya terbayar ketika alam Sumba menawarkan pesona eksotisnya selama perjalanan khususnya sava rerumputan dan perbukitan yang menemani kita disepanjang jalan.

Kehidupan Masyarakat di Pulau Salura

Pulau Salura adalah merupakan bagian dari Wilayah Kecamatan Karera Kabupaten Sumba Timur NTT. Perekonomian di pulau Salura sangatlah memprihatinkan,masyarakat pulau salura kebanyakan menyambung kehidupan dengan melaut,dari hasil melaut sangatlah jauh dari kata cukup bagi masyarakat pulau Salura.

cara menuju Pulau Salura Sumba

cara menuju Pulau Salura Sumba – foto @catatanrakyat

Kebanyakan nelayan-nelayan di pulau Salura berasal dari luar daerah nya,karena minim nya peralatan bagi masyarakat pribumi untuk melaut yang di latar belakangi oleh kurang nya dana, masyarakat pribumi hanyalah menjadi buruh jemur cumi dari hasil melaut dari para nelayan.

Adapun faktor-faktor lain seperti kurang nya tenaga pengajar,infrastruktur sekolah, klinik kesehatan dan tenaga medis,terutama minim nya peralatan medis,karna kurang nya perhatian dari pemerintah Daerah maupun Pusat.

Keramahan Masyrakat Pulau Salura

Pantai di Pulau Salura Sumba

Pantai di Pulau Salura Sumba – foto @muhammadarif989

Setibanya di pelabuhan maka kita harus bersiap menyebrangi lautan menuju Pulau Salura. Tidak ada kapal besar yang mengangkut penumpang jadi hanya ada kapal-kapal kecil milik nelayan setempat.

Tidak perlu takut untuk tidak disambut ketika datang ke Pulau Salura Sumba. Warga pulau yang mayoritas berprofesi sebagai nelayan akan memberikan sambutan yang tidak terlupakan bagi orang yang baru pertama kali berkunjung.

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – Foto @saluraisland

Wisatawan disambut dengan ramah dan diberikan semacam gelang yang terbuat dari daun kelapa atau daun lontar. Setelah itu langsung disarankan untuk membasuh muka di suatu sumur tua dekat pantai sebagai salah satu budaya setempat untuk menolak malapetaka.

Warga lokal akan selalu siap membantu kebutuhan wisatawan, baik itu dari sisi tempat tinggal maupun informasi lainnya.

View Lepas Pantai Pulau Salura Sumba yang Memukau

wisata di Pulau Salura Sumba

wisata di Pulau Salura Sumba – foto @bintangbanyubiru

Salah satu keindahan unik yang bisa ditawarkan oleh pantai di Pulau Salura Sumba adalah pemandangan pantainya. Pulau yang dikelilingi lautan ini memiliki garis pantai berwarna biru kehijauan sejauh mata memandang. Tentu saja itu salah satu keuntungan sebagai pulau terluar di daerah perbatasan Indonesia-Australia.

Pasir putih pantai yang sangat tebal dan bersih dari sampah memanjakan siapapun yang bersantai disana. Pemandangan lepas pantai juga dihiasi oleh pulau kecil tak berpenghuni dan kapal-kapal milik nelayan setempat.

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – Foto @saluraisland

Secara keseluruhan, suasana pantai yang tenang membuat pulau ini cocok bagi orang yang ingin berelaksasi. Namun jika ingin sedikit berpetualang, wisatawan juga diperbolehkan untuk snorkeling menggunakan peralatan pribadi.

Pulau Salura Sumba Punya Bukit Hijau Yang Menantang

Bagi wisatawan yang menyukai tempat tinggi dan memacu adrenalin bisa memilih opsi untuk mendaki bukit yang tersebar di wilayah pulau. Ketika akan mendaki bukit, jika beruntung bisa bertemu dengan ternak milik warga setempat.

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – Foto @hadyds

Daerah perbukitan secara umum bisa dieksplor dalam rentang waktu 1-2 jam. Jadi jangan lupa siapkan fisik yang cukup fit dan pose terbaik kalian untuk berfoto disana.

Dari atas bukit kalian bisa melihat pemandangan yang menakjubkan, hamparan bukit hijau berdampingan dengan putih pasir dan biru kehijauan air laut.

Kesempatan Berkunjung ke Pulau Tak Berpenghuni

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – Foto @anggoromukti

Tidak jauh dari Pulau Salura Sumba, terdapat dua pulau lain yaitu Pulau Kotak dan Pulau Menggudu.  Pulau Kotak sendiri adalah pulau yang ditinggali oleh kambing sehingga sering disebut dengan “Pulau Kambing”.

Ketika air laut surut, wisatawan bisa memanfaatkan hamparan pasir untuk berjalan kaki menuju pulau tersebut.

Kemudian satu pulau lainnya yaitu Pulau Menggudu bisa ditempuh menggunakan speedboat milik warga setempat. Pulau ini merupakan pulau yang sedang diproyeksikan wisata bawah lautnya.

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – Foto @anggoromukti

Berkunjung ke dua pulau tersebut tentunya adalah suatu kesempatan langka bagi wisatawan. Selain mendapat kesempatan untuk mendapatkan objek foto yang bagus, juga sekaligus bisa merasakan atmosfer pulau yang jarang tersentuh manusia.

Sunrise dan Sunset Jangan Sampai Terlewatkan

Pulau Salura Sumba

Pulau Salura Sumba – Foto @anggoromukti

Tidak bisa dipungkiri, salah satu daya tarik dari wisata pantai adalah keelokan fenomena sunrise dan sunset. Tidak terkecuali di pantai Pulau Salura Sumba.

Wisatawan bisa menikmati pemandangan tersebut setiap harinya. Bagi yang ingin berburu foto instagrammable sangat disarankan mengambil momen ini.

Sunset di Pulau Salura Sumba

Sunset di Pulau Salura Sumba – foto @muhammadarif989

Hanya duduk diam ditepi pantai yang masih sepi hingga datangnya sunset adalah moment terbaik saat berada dipulau Salura.

Suasana pagi hari dan sore hari diiringi suara halus deburan ombak membuat waktu tersebut untuk diabadikan.

**

Jadi, apakah kalian tertarik untuk menginjakkan kaki di Pulau Salura Sumba? Terus stay tune dengan informasi trip di website kami, ya!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x