5 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum ke Sumba

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum ke Sumba – Belakangan ini Pulau Sumba menarik perhatian para wisatawan lokal maupun mancanegara. Benar saja, sepanjang periode Januari 2017 hingga Juli 2018 Sumba masuk dalam salah satu pencarian favorit Google Indonesia.

Di pulau ini wisatawan akan dimanjakan dengan berbagai macam destinasi wisata, mulai dari alamnya yang eksotis hingga budayanya yang masih dipegang teguh oleh masyarakat lokal.

baca juga :

Sumba akan cukup menantang bagi wisatawan yang baru pertama kali berlibur ke pulau ini, karena fasilitas dan infrastruktur di sini belum senyaman dan serapi Pulau Bali.

Berikut adalah 5 hal yang harus disiapkan sebelum ke Sumba.

1. Siapkan Itinerary yang Jelas

hal yang harus disiapkan sebelum ke Sumba

Sumber: Unsplash/Daphne Fecheyr

Sebelum berlibur ke Pulau Sumba, usahakan untuk riset terlebih dahulu. Mana saja lokasi wisata yang ingin dikunjungi, bagaimana medan di lokasi wisata, rute mana yang ingin diambil, dan lain sebagainya. Hal ini untuk membuatmu menghemat waktu dan biaya yang keluar.

Saya sarankan untuk mengambil rute wisata dari Sumba Timur menuju ke Sumba Barat Daya atau sebaliknya, karena bandara terletak di dua lokasi ini.

Akan lebih menyenangkan lagi jika kamu menyewa kendaraan pribadi, karena akan banyak spot yang instagramable di sepanjang perjalanan.

Tidak jarang kamu akan menemukan kuda liar sedang merumput di sepanjang perjalanan, atau Bunga Sakura yang mekar di sepanjang Sumba Timur.

Salah satu hal yang harus disiapkan sebelum ke Sumba adalah kapan tepatnya kamu akan mengunjungi pulau ini, khususnya jika niat kunjungan adalah untuk berlibur.

Terdapat beberapa ritual adat yang sayang untuk dilewatkan, seperti Upacara Pasola yang hanya diadakan di Bulan Februari atau Maret.

Hal menarik lainnya yang terjadi di Sumba adalah dengan bentang alam yang sama kamu akan menemukan panorama yang berbeda.

Pada musim hujan di Bulan Oktober hingga Maret kamu akan menemukan pemandangan Pulau Sumba yang serba hijau.

Sedangkan pada Bulan April hingga Oktober saat berlangsungnya musim kemarau, pemandangan rumput dan bukit di Sumba akan serba coklat.

2. Sedia Baju yang Nyaman dan Instagramable

hal yang harus disiapkan sebelum ke sumba

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum ke Sumba- Sumber: Unsplash/Artem Beliaikin

Banyak orang pasti setuju jika panorama Pulau Sumba yang eksotik akan semakin lengkap dengan OOTD yang instagramable.

Tidak salah memang, tapi pastikan jika baju yang kamu siapkan cukup nyaman untuk kamu kenakan dan sesuai dengan lokasi wisata yang akan kamu kunjungi.

Tak dapat dipungkiri saat berlibur kita ingin bersenang-senang dan meminimalisir gangguan yang ada. Sebagian besar waktu di Pulau Sumba adalah musim kemarau.

Jika musim kemarau tiba tanaman akan meranggas dan udara di pulau ini sangat terik. Pastikan kamu mengoles tabir surya di wajah dan seluruh badanmu terlebih dahulu.

Siapkan outfit yang berbahan tipis dan nyaman dipakai seperti kaus yang dilengkapi dengan outer.

baca juga :

3. Pastikan Tidak Ada Tanggungan

hal yang harus disiapkan sebelum ke Sumba

Sumber: Shutter Stock/Faiz Zaki

Koneksi internet di Pulau Sumba masih belum stabil, mengingat Sumba adalah salah satu pulau terluar di Indonesia.

Maka ada baiknya jika kamu mengabari keluarga dan kerabat terlebih dahulu sebelum mengunjungi pulau ini. Setidaknya agar keluarga dan orang tersayang yang tidak ikut serta akan sedikit merasa lebih tenang.

Jangan lupa untuk memberi kabar kepada atasan dan rekan di kantor, agar mereka tidak kelabakan mencoba menghubungi saat sedang berada di Pulau Sumba.

Maka ada baiknya jika salah satu hal yang harus disiapkan sebelum ke Sumba adalah memastikan segala urusan pekerjaan sudah beres. 

4. Usahakan Fisik Harus Prima

hal yang harus disiapkan sebelum ke sumba

Sumber: Unsplash/Tobias Mrzyk

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum ke Sumba selanjutnya adalah fisik dan mental.

Sebagian besar destinasi wisata di Pulau Sumba adalah wisata alam. Infrastruktur dan jalanan di kota ini belum sebagus dengan yang ada di kota metropolitan.

Khususnya jika lokasi wisata berada di tempat yang terpencil dan belum banyak terjamah manusia, jalanan masih belum beraspal bahkan mungkin belum bisa dilalui kendaraan bermotor.

Kadang-kadang kita harus berjalan kaki melalui medan yang tidak mudah. Namun semua itu akan terbayar tuntas dengan pemandangan indah yang akan kamu temukan.

5. Sedia Uang Cash yang Cukup

hal yang harus disiapkan sebelum ke sumba

Sumber: daonlontar.blogspot.com

Hal yang Harus Disiapkan Sebelum ke Sumba selanjutnya adalah uang cash atau uang tunai.

Dengan infrastruktur yang seperti ini, jangan harap kamu akan menemukan ATM tersebar di sepanjang jalan. Ada baiknya saat sedang di bandara untuk mengambil uang tunai terlebih dahulu.

Apalagi jika kamu berencana untuk mengunjungi wisata alam dan berbelanja di pasar tradisional, ketersediaan uang tunai sangat penting untuk kenyamanan liburanmu.

Maka dari itu sangat penting untuk membuat itinerary plan secara detail.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x