3 Tips Memilih Paket Wisata Sumba

Tips Memilih Paket Wisata Sumba – Sumba tidak diragukan lagi sedang menjelma sebagai salah satu destinasi liburan populer di Indonesia. Seiring dengan hal itu, paket wisata ke Sumba juga menjadi populer untuk ditawarkan.

Nah, apakah kalian salah satu orang yang bingung menentukan paket wisata ke Sumba? Baca tips-tips berikut ini untuk membantu keputusan kalian.

Memilih Waktu yang Pas

Paket Wisata Sumba

Bukit Lendongara yang Hijau – Foto @jenijen667

Ada dua pilihan waktu yang pas untuk ke Sumba dengan masing-masing ciri khasnya. Pertama, saat musim kemarau di bulan April hingga Oktober. Kedua, saat musim hujan di bulan Oktober hingga Maret.

Saat kemarau, panorama padang rumput dan bukit di Sumba akan serba kuning kecoklatan. Cuaca yang cenderung lebih cerah membuat musim kemarau menjadi waktu yang tepat untuk berburu foto fenomena langit, seperti sunrise, sunset, dan milky way.

Sebaliknya, pemandangan serba hijau dapat dilihat saat musim hujan di Pulau Sumba. Curah hujan yang tinggi membuat tumbuhan di Sumba tumbuh subur, sehingga timbul pemandangan serba hijau

Nah, kalian tinggal memilih jadwal paket wisata Sumba tertentu sesuai dengan pemandangan yang ingin kamu lihat di Sumba.

Tertarik Road Trip? Pilih Paket Wisata yang Lengkap

Pantai Tawui Sumba

Road Trip di Sumba Timur – Foto @afiv_rentcar_sumba

Jika ingin menghemat pengeluaran untuk berpetualang di Sumba, ada banyak open trip yang menawarkan paket wisata dengan menggunakan mobil, lengkap dengan supir sekaligus pemandu wisata.

Mereka tidak hanya membantu untuk menunjukkan lokasi wisata dan membantu dokumentasi, pemandu lokal juga sangat berperan untuk menjembatani komunikasi dan bersikap sopan dengan warga setempat.

Oleh karena itu, sebisa mungkin pilihlah paket wisata Sumba yang menawarkan hal-hal di atas.

Pilih Rute Barat-Timur atau Sebaliknya?

Pantai Tawui Sumba

Pantai Tawui di Sumba Timur – Foto @eka_juwita

Terdapat dua bandara yang menjadi pintu utama Pulau Sumba, yaitu Bandar Udara Tambolaka di Sumba Barat Daya dan Bandar Udara Umbu Mehang Kunda di Waingapu, Sumba Timur.

Mayoritas wisatawan memilih memulai liburannya dari Sumba Timur menuju Sumba Barat Daya, atau sebaliknya. Dengan rute demikian, wisatawan tidak perlu kembali ke bandara kedatangan sehingga bisa menghemat waktu dan biaya.

Dengan pemilihan paket wisata Sumba yang tepat, liburan di Sumba akan menjadi pengalaman yang benar-benar tak terlupakan bagi kalian.

Baca juga keelokan wisata-wisata lain di Sumba:

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x