Pantai Karoso Sumba, Pantai di Tambolaka yang Masih Asri

Pantai Karoso Sumba – Sumba terkenal dengan pantai-pantainnya yang cantik, salah satunya ada pantai Karoso yang masih jarang terjamah dibandingkan belasan pantai eksotis lainnya yang ada di Sumba.

Pantai Karoso sering juga disebut Tanjung Karoso ini, menyuguhkan garis pantai yang panjang dan luas dengan pasirnya yang putih serta air laut berwana hijau kebiruan yang masih jernih.

Lokasi Pantai Karoso Sumba tidak begitu jauh dari kota Tambolaka, ibukota kabupaten Sumba Barat Daya, tepatnya berada di kecamatan Kodi Utara, kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Baca Juga ya :

Pantai Karoso Tambolaka di Sumba Barat Daya

Pantai Karoso Tambolaka di Sumba Barat Daya – foto google maps I Gede Ketut Ariasa

Pantai Karoso terbilang pantai yang masih asri. Tidak begitu banyak pengunjung membuat pantai ini bisa jadi pilihan yang tepat untuk wisatawan yang lebih suka menikmati pemandangan dengan suasana yang tenang.

Pengunjung bisa melihat keindahan pantai, perpaduan air laut dan warna langit yang cerah sejauh mata memandang. Sambil merasakan hembusan angin tanpa takut kepanasan, karena pohon-pohon ketapang besar yang tumbuh di pinggir pantai bisa melindungi kepala dari terik nya matahari.

pantai karoso

Menikmati keindahan Pantai Karoso di bawah naungan pohon ketapang yang rindang | foto instagram @beatrixvinny

Tapi jika ingin memilih berjemur dan bermain air juga bisa. Ombaknya tidak begitu besar sangat pas  untuk berenang, bahkan cukup aman untuk bisa mengajak anak-anak bermain air di bibir pantai.

Pokoknya wisatawan bisa melakukan aktivitas apapun tanpa merasa terganggu dengan pengunjung yang padat.

Memang belum tersedia wahana olahraga air dan sarana permainan lainnya. Tapi keseruan anda bermain pasir dan menikmati keindahan Tanjung Karoso rasanya sudah lebih dari cukup. Justru keaslian alam yang masih terjaga adalah kelebihan dari pantai ini.

Baca juga: Rekomendasi wisata Sumba untuk Keluarga

Jangan lewatkan kesempatan untuk mengabadikan keindahan Tanjung Karoso dengan smartphone atau kamera. Mengambil beberapa foto selfie atau wefie bersama keluarga di setiap spot yang indah di sekitaran pantai.

pantai karoso

garis pantai yang membentang panjang | foto instagram @haiboniii

Saat berkunjung ke pantai Karoso, lebih baik membawa bekal makanan sendiri. Karena tidak ada tempat makan atau warung yang menjajakan jajanan di dekat pantai. Persiapkan perbekalan seperti air minum dan makanan ringan. Tapi selalu ingat untuk menjaga kebersihan dan tidak meninggalkan sampah di area pantai.

Meski begitu pengunjung bisa membeli ikan hasil tangkapan nelayan sekitar. Pengunjung akan bertemu dengan nelayan yang baru pulang dari melaut dengan bawaan tangkapan ikan yang masih segar.

Harganya yang terjangkau dan kualitas ikan yang masih fresh bisa jadi oleh-oleh yang pas untuk dibawa pulang. Atau memilih untuk membakarnya langsung di tepi pantai juga bisa.

Menyantap ikan bakar sambil menghabiskan waktu menunggu matahari terbenam akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Akses dan Rute Menuju Pantai Karoso

Rute Menuju Pantai Karoso

Rute Menuju Pantai Karoso – foto google mpas Maddi Djara

Walaupun pengunjungnya belum seramai pantai lain, bukan berarti akses ke Tanjung Karoso sulit.  Untuk mencapai Pantai Karoso sangatlah mudah. Jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota. Pengunjung bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti motor.

Hanya butuh kurang lebih 1 jam menggunakan motor sudah bisa sampai pinggir pantai. Atau bisa pilih menaiki kendaraan umum berupa minibus lalu disambung dengan ojek untuk sampai ke tujuan. Jalanannya juga sudah beraspal jadi cukup nyaman untuk dilalui.

Destinasi Menarik lainnya dekat Pantai Karoso

pantai karoso

Festival Pasola, atraksi tahunan dari seremoni agama Marupu Sumba |Foto instagram @galeri.sumba

Wisatawan yang ingin berlibur ke Sumba bisa memilih untuk datang saat festival Pasola dilaksanakan. Biasanya dirayakan diantara bulan Februari sampai Maret.

Tradisi tahunan ini diadakan tidak jauh dari Tanjung Karoso. Jadi bukan hanya berkunjung ke pantai, wisatawan juga bisa mengikuti acara Pasola, salah satu seremoni penting dalam agama Marapu (keyakinan tradisional masyarakat Sumba).

Jika datang ke Sumba saat festival Pasola, wisatawan bisa menginap di rumah warga sekitar apabila penginapan cukup jauh dari lokasi acara. Dengan begitu lebih mudah untuk berkunjung ke banyak tempat menarik yang lokasinya tidak jauh dari Tanjung Karoso.

sunset Pantai Karoso

sunset Pantai Karoso – foto ig @theresiasartanto

Misalnya mengunjungi pantai-pantai lain yang tidak kalah cantik, seperti pantai Wainyapu, pantai Watu Maladong, pantai Mananga Aba. Atau destinasi wisata menarik lain seperti danau weekuri situs Gua Rambe Manu atau kampung-kampung adat eksotik yang ada di kabupaten Sumba Barat Daya.

Sumba memang tidak pernah kehabisan tempat menakjubkan rasanya pasti sudah tidak sabar untuk kembali berlibur dan menjelajah alam eksotis Indonesia kan?

Butuh waktu yang banyak untuk bisa mengunjungi semua tempat yang ada di Sumba. Ayo segera agendakan untuk trip berikutnya setelah pandemi ini berakhir. Anda bisa memulainya dari pantai Tanjung Karoso, pilihan yang tepat untuk recharge energi.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x