Pantai Katobo Sumba, Pantai Perawan di Sumba Barat

Pantai Katobo terletak di Kabupaten Sumba Barat. Selain Sumba Barat, masih ada tiga kabupaten lain di Pulau Sumba. Ketiganya adalah Sumba Barat Daya, Sumba Tengah, dan Sumba Timur. Seluruh wilayah di Sumba memiliki destinasi wisata dengan panorama alamnya yang menggiurkan. Biasanya berupa pantai, bukit, air terjun, dan savana.

Kabupaten Sumba Barat sendiri memiliki deretan pantai cantik dengan ciri khasnya masing-masing. Banyak dari mereka yang sudah populer, seperti Pantai Marosi, Pantai Nihiwatu, dan Pantai Mandorak.

Beberapa pantai di Sumba Barat memiliki karakteristik ombak yang lumayan besar karena berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Maka dari itu, pantai-pantai ini cocok untuk dijadikan sebagai lokasi surfing. Bahkan tidak sedikit turis yang berpindah tempat dari Bali ke Sumba hanya untuk mencari lokasi yang nyaman untuk berselancar.

Salah satu pantai di Sumba Barat yang masih belum terkenal adalah Pantai Kotobo.

Pantai Katobo Sumba

Pantai Katobo – Foto: @pariwisata.sumbabaratkab.go.id

Pantai Katobo

Lokasi Pantai Katobo

Pantai Katobo terletak di Desa Wetana, Kecamatan Laboya Barat, Sumba Barat. Wajar jika pantai ini belum terlalu dikenal banyak orang, mengingat jaraknya yang lumayan jauh dari Waikabubak, yaitu sekitar 55 km. Jarak ini akan memakan waktu tempuh lebih dari dua jam menggunakan perjalanan darat.

Selain jarak, kualitas jalan yang buruk bisa menjadi alasan lain bagi wisatawan untuk berpikir dua kali sebelum mengunjungi pantai ini. Untuk alasan keselamatan, disarankan untuk ke Pantai Katobo menggunakan kendaraan roda dua dan mobil dengan CC besar.

Masalah ini tentu membutuhkan perhatian lebih dari pemerintah setempat. Kelengkapan infrastruktur mau tidak mau akan menjadi salah satu penunjang penting bagi kepopuleran sebuah destinasi wisata.

Lokasinya memang agak jauh di selatan dari Waikabubak, namun perjalanan jauh itu akan terbayar tuntas ketika kita sudah sampai di bibir Pantai Katobo.

Pantai Katobo Sumba

Pemandangan pantai dari atas – Foto: @TheSanubari

Jika berkunjung ke Sumba Barat, jangan lupa baca artikel ini juga:

Aktivitas yang Bisa Dilakukan

Pantai ini memiliki perpaduan beragam elemen yang menarik, termasuk pasir putih, batu granit, tebing karang, dan air laut biru turquoise. Jangan takut jika lupa waktu saat bermain air, pohon-pohon besar di tepi pantai sudah lebih dari cukup untuk memberikan teduh.

Hutan lebat yang berada di sekitar pantai akan memberikan pemandangan unik tersendiri. Panorama ini tentu akan indah jika dipotret menggunakan drone. Foto dari tiga garis biru-putih-hijau dari laut, pasir, dan pepohonan akan terlihat fotogenik. Jangan kaget jika 5-10 tahun lagi di pantai ini akan berdiri sebuah resort indah.

Pantai yang jauh dari keramaian tentu memberi keuntungan lain. Pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas secara nyaman dan privasi. Selain aktivitas biasa seperti bermain air, berjemur, memancing, dan snorkeling, kita bisa melakukan sebuah kegiatan menarik lain.

Pantai Katobo memiliki tebing karang yang bisa didaki. Namun, hati-hati jangan bertelanjang kaki, gunakan sepatu yang nyaman saat mendaki. Dari puncak tebing, kita akan mendapatkan pemandangan pantai luas yang luar biasa.

Bawa kamera yang layak dan bagikan pemandangan ini ke teman-teman terdekat. Kombinasi suasana tenang dan keindahan biru laut adalah salah satu hal yang paling menenangkan di bumi.

Jika senang memancing, Pantai Katobo adalah lokasi yang tepat. Posisi pantai yang terisolasi dan jauh dari keramaian membuat airnya masih jernih. Oleh karena itu, tidak heran jika cukup mudah untuk menangkap ikan disini.

Jika tidak puas memancing dari pinggir pantai, silakan menyewa perahu nelayan untuk mencari ikan ke tengah laut.

Pantai Katobo Sumba

Pasir putih dan bersih – Foto: @AgusHaryanto

Mengembangkan Pantai Katobo

Jika melalui perjalanan darat, jalan kecil menuju pantai ini terletak di antara jalan Kodi dan Mambang. Selain itu, wisatawan juga bisa mengunjungi Pantai Katobo melalui Pantai Mambang yang terletak di sebelah timur. Pantai Mambang sendiri juga memiliki air biru jernih berbatas tebing karang.

Jika bicara soal pengembangan destinasi wisata, tentu tidak akan lepas dari peran pemerintah daerah. Tempat wisata memiliki nilai yang sangat tinggi bagi penduduk di sekitarnya. Mereka bisa memperoleh berbagai mata pencaharian dari sana, seperti tour guide, penjaga loket tiket, pedagang makanan, dan penjual buah tangan.

Pantai Katobo Sumba

Pantai Mambang yang lokasinya berdekatan – Foto: @pariwisata.sumbabaratkab.go.id

Oleh karena itu, jika sedang mengunjungi sebuah tempat wisata, jangan selalu menghabiskan uang di restoran mewah. Berikan sedikit perhatian kepada industri rumahan dan kuliner lokal, karena merekalah pihak yang akan menjaga kekayaan alamnya sendiri.

Terimakasih sudah membaca. Selamat menyelami keindahan Pantai Katobo dan Pulau Sumba. Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x