5 Restoran Terbaik di Sumba Barat, Wajib Dicoba!

Selain wisata alam berupa pantai, bukit, savana, dan kampung adat, ada 5 restoran terbaik di Sumba Barat yang terlalu sayang untuk dilewatkan. Menu masakan 5 restoran ini cukup bervariasi, mulai dari makanan lokal hingga kuliner Jawa.

Setelah tuntas memuaskan mata melihat pemandangan alam, jangan lupa memuaskan lidah dan perut. Rasakan kuliner khas Sumba yang mayoritas masakannya berbumbu sederhana. Jika sedang berlibur ke Sumba, silakan mampir ke 5 restoran terbaik di Sumba Barat ini.

5 Restoran Terbaik di Sumba Barat

1. D’Sumba Ate

D’Sumba Ate adalah tempat nongkrong gaul yang paling populer di Sumba. Restoran yang terletak di Waikabubak ini memang dirancang untuk menjadi terkenal, tidak heran mereka banyak melakukan promosi aktif di media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram.

Dekorasi restoran D’Sumba Ate didominasi oleh ornamen bambu. Suasana alami dan pedesaan seperti ini tentu menjadi daya tarik tersendiri, khususnya bagi turis mancanegara. Restoran terbaik di Sumba Barat ini juga menyediakan ruangan outdoor, yakni berupa saung bambu yang cocok untuk acara keluarga, karena bisa ditempati hingga 6-8 orang.

Tidak hanya menu khas Indonesia, restoran ini juga menyediakan makanan ala western, seperti pizza, steak, burger, dan grilled fish. Pengunjung bisa memilih aneka jus yang ditawarkan untuk teman menyantap hidangan. Selain makanan, D’Sumba Ate juga memiliki layanan spa, dimana kita hanya perlu membayar Rp 50.000,- per jamnya.

Restoran Terbaik di Sumba Barat

D’Sumba Ate – Foto: @dsumbaateofficial

2. Pondok Daun Ubi

Pondok Daun Ubi terletak tidak jauh dari pusat kota Waikabubak. Tepatnya di Jalan Weekarou, dekat dengan Kantor Bupati Sumba Barat. Sebenarnya, daun ubi itu sendiri merupakan sebuah nama makanan khas Sumba Barat. Masakan ini berupa campuran beras dan daun singkong yang ditumbuk, lalu direbus dengan campuran santan.

Pengunjung juga bisa mencicipi kuliner lokal itu di sini. Tidak heran Pondok Daun Ubi merupakan salah satu restoran terbaik di Sumba Barat. Terlebih bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke Sumba, tentu wajib mencobanya. Restoran ini banyak menawarkan menu khas nusantara, khususnya bakso ranjau yang begitu banyak diulas oleh netizen di Google.

Pondok Daun Ubi cocok untuk dijadikan tempat bersantap bersama teman dan keluarga. Suasananya nyaman, namun tidak murahan.

Restoran Terbaik di Sumba Barat

Pondok Daun Ubi – Foto: @pondokdaunubi

Selain kuliner, Pulau Sumba juga punya minuman khas yang wajib dicoba, baca disini:

3. Resto Maguro

Resto Maguro terletak di daerah Wee Karou, Loli, Sumba Barat. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Kampung Tarung, destinasi wisata populer di Waikabubak. Jika sedang kangen masakan seafood, restoran ini layak untuk dikunjungi. Resto Maguro memiliki rating cukup tinggi di Google, sehingga restoran ini cukup aman untuk dicoba.

Kuliner yang banyak direkomendasikan adalah grilled fish dan fish soup. Makanan lezat dan hangat sangat tepat untuk menutup perjalanan wisata yang panjang. Restoran ini luas, nyaman, dan dekat dengan area persawahan. Resto Maguro cocok untuk rombongan turis karena menyediakan lahan parkir yang memadai.

Jika ingin mencari hiburan tambahan, salah satu restoran terbaik di Sumba Barat ini menyediakan fasilitas karaoke. Jalan-jalan, makan, karaoke, lengkap bukan?

Restoran Terbaik di Sumba Barat

Keramaian di Resto Maguro – Foto: @maguro_resto

4. Rumah Makan Arista

Kemanapun kita pergi, selalu ada warung nasi rames yang menemani. Begitupun di Sumba. Waikabubak memiliki Rumah Makan Arista yang menyajikan beragam menu masakan rumahan khas Indonesia. Restoran ini cukup banyak mendapat review positif di Google. Oleh karena itu, selain mudah dicari, tentu kita akan lebih tenang dalam mencobanya.

Salah satu restoran terbaik di Sumba Barat ini terletak di Jl. Ahmad Yani, Wailiang, Waikabubak. Selayaknya warung nasi rames pada umumnya, proses memesan makanan di Rumah Makan Arista sangat simpel. Kita memilih lauk yang disajikan di display, menyantap hidangan, lalu membayar.

Restoran ini mendapat banyak respon baik karena menyediakan lauk yang bervariasi. Selain itu, pelayanannya juga cepat. Restoran cukup luas dan bersih, sehingga membuat pengunjung semakin nyaman untuk menikmati makanan. Jika ingin mencari restoran cepat tangkas agar tidak banyak hilang waktu jalan-jalan, Rumah Makan Arista adalah pilihan ideal.

Restoran Terbaik di Sumba Barat

Beragam Lauk di Rumah Makan Arista – Foto: @andrilaksono

5. Bakso Malada

Satu lagi restoran dengan masakan khas Nusantara yang ada di Sumba Barat. Bakso Malada berlokasi di daerah Komerda, Waikabubak. Pemiliknya berasal dari Wonogiri, jadi kita akan menemui rasa bakso khas Jawa di pedalaman Sumba.

Salah satu restoran terbaik di Sumba Barat ini buka sampai jam 5 sore. Namun, bisa saja tutup lebih cepat kalau bakso sudah ludes terjual. Jadi, jangan terlalu sore jika ingin menyantap pentol Bakso Malada.

Restoran ini cukup populer bagi masyarakat lokal sendiri, karena rasanya enak dan harganya murah. Bisa dibayangkan betapa enaknya makan bakso berkuah panas untuk mengisi tenaga sebelum mengelilingi Sumba.

Restoran Terbaik di Sumba Barat

Bakso Malada – Foto: @nanikayay

Itulah 5 restoran terbaik di Sumba Barat. Ayo mampir dan coba sendiri menu masakannya jika sedang berlibur ke Sumba. Ada yang murah dan menawarkan kuliner lokal, namun ada juga yang modern namun ber-budget mahal. Silakan sesuaikan dengan keinginan masing-masing.

Sampai bertemu di artikel selanjutnya!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x