Ada Pohon Jomblo di Pantai Londa Lima Sumba Barat

Pantai Londa Lima – Pulau Sumba memang kaya akan keindahan tempat wisata pantainya. Pantai Londa Lima Sumba adalah salah satu pantai yang memiliki keindahan dan keunikan panoramanya tersendiri.

Pantai Londa Lima berlokasi tepatnya di Desa Kutta, kurang lebih berjarak 15 km arah barat laut dari ibukota Waingapu, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Tempat wisata pantai ini resmi menjadi suatu destinasi wisata pada awal tahuan 2000an atas gagasan kepala desa dan masyarakat sekitar untuk mengenalkan keindahan Pantai Londa Lima ke seluruh Indonesia dan juga mancanegara.

Istilah “Londa Lima” dalam Bahasa Sumba memiliki makna bergandengan tangan atau beramai-ramai. Sehingga pantai ini sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga atau orang-orang terdekat.

Pantai Londa Lima Dijuluki sebagai “Cermin Dunia”

londa lima

Pantai Londa Lima Sumba – Foto @enddimuhfathir

Pantai Londa Lima Sumba ini dapat dijuluki sebagai “Cermin Dunia” karena mata akan selalu dimanja untuk setiap wisatawan yang mengunjungi surga kecil ini.

Menjelang fajar adalah waktu terbaik untuk menikmati keindahan yang mungkin di tempat lain masih jarang ditemukan momen seindah ini.

Sebaran cahaya matahari yang mulai menghangatkan tubuh berpender dengan sempurna ke arah setiap wisatawan yang berkunjung ditambah dengan biru jernihnya air laut.

Wisatawan dapat menikmati pemandangan ini segera setelah waktu shubuh sambil menghirup udara serta angin yang segar.

Nikmati Tenangnya Pantai Londa Lima

londa lima1

Pantai Londa Lima Sumba – Foto @3triwoel

Kalian juga bisa menikmati tenangnya nuansa pantai dengan hanya mendengarkan hemburan ombak yang tidak begitu besar sambil duduk santai di pesisir pantainya.

Akses yang sangat mudah juga menjadi nilai tambah dari pantai yang satu ini karena hanya berjarak kurang lebih 20-30 menit menggunakan kendaraan bermotor dari pusat kota Waingapu.

Ketika waktu pagi hari tiba, kalian juga bisa melihat nelayan-nelayan setempat yang hendak atau pulang setelah mencari dan mengakap ikan.

Pemandangan alami yang dapat kalian dapatkan di pantai ini menjadikan setiap momen yang terlewatkan tidak akan terlupakan.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

Siluet yang Nampak di Waktu Fajar

londa lima2

Pantai Londa Lima Sumba – Foto @sunu_and_wulan

Untuk para wisatawan ataupun fotografer profesional, mengambil foto matahari terbit memiliki tantangan lebih berat dibandingkan mengambil foto saat matahari terbenam.

Bangun pagi buta untuk mengejar momen matahari terbit sangatlah berat, belum lagi bila sang matahari pada akhirnya enggan muncul bersembunyi di balik awan. Jadi pastikan prakiraan cuaca ketika kalian ingin mengabadikan momen pada saat matahari terbit.

Namun, setiap usaha tersebut akan terbayarkan dengan indah ketika bisa mengambil foto siluet yang artistik dengan latar pantai yang sangat menakjubkan. Jadi siapkan pose dan kamera terbaik kalian saat mengunjungi pantai ini di waktu fajar.

Ada Pohon Jomblo yang Iconic di Pantai Londa Lima

londa lima3

Pantai Londa Lima Sumba – Foto @aprilyadunggio

Terdapat satu pohon yang sangat unik yang tumbuh berjarak sekitar 5-7 meter dari pesisir pantai. Pohon ini selalu menjadi spot foto incaran para wisatawan yang berkunjung.

Banyak wisatawan yang datang mengatakan jika pohon ini bernama Pohon Jomblo karena hanya satu batang saja tanpa ada pohon lainnya yang menemaninya.

Kalian juga bisa menaiki batang pohonnya dan lalu mengambil foto. Daunnya akan berwarna hijau pada saat musim hujan dan berwarna oranye ke kuningan saat musim kemarau.

Ketika laut pasang, maka pohon ini juga akan terendam oleh air laut. Di pantai ini wisatawan juga dapat berenang, berjemur atau bahkan memancing ikan.

Berbagai aktivitas sangat mungkin dilakukan di pantai ini. Untuk bisa merasakan semua atmosfer yang dari indah pantai ini, wisatawan hanya diwajibkan membayar Rp 5000,- untuk tiket masuknya.

Berkuda untuk Menyisir Pantai Londa Lima

londa lima4

Pantai Londa Lima – Foto @sid_eneas

Kalian akan mendapatkan pengalaman baru dalam mengunjungi suatu pantai. Pulau Sumba memang sangat terkenal akan kudanya.

Kalian bisa menunggangi kuda untuk berkeliling dan menyusuri pesisir pantai sambil menikmati keindahan pemandangan yang disajikan.

Untuk pemula dan yang belum pernah menunggangi kuda, nanti akan ada orang yang mendapingi kalian. Jadikan pengalaman yang unik ini menjadi agenda wajib kalian saat mengunjungi Pantai Londa Lima Sumba.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x