5 Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Beberapa tahun belakangan ini Sumba menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan, baik itu wisatawan dalam negeri maupun wisatawan asing.

Selama ini destinasi wisata di Pulau Sumba yang terkenal di kalangan wisatawan berada di daerah Sumba Barat dan Sumba Timur.

Namun wilayah Sumba Tengah juga tidak kalah indah dan eksotis. Banyak tempat wisata menarik dan keren yang bisa kita kunjungi selama berada di Sumba Tengah.

Berikut adalah lima tempat wisata keren di Sumba Tengah yang bisa kamu kunjungi saat sedang berlibur.

1. Taman Nasional Manupeu Tanadaru

Taman Nasional Manupeu Tanadaru, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Taman Nasional Manupeu Tanadaru – Sumber: beritalingkungan.com

Merupakan taman nasional terluas di Sumba, Taman Nasional Manupeu Tanadaru memiliki luas hingga ±88,000 ha. Wilayahnya terbagi dalam tiga kabupaten, yaitu Sumba Barat, Sumba Tengah, dan Sumba Timur.

Variasi habitat hutan yang ada di sini beragam, mulai dari hutan mangrove, hutan dataran rendah, hutan hujan, hingga hutan musim perbukitan.

Bisa dibilang taman nasional ini merupakan surga bagi para pecinta burung. Terdapat 87 jenis burung yang bersarang di sini.

Bahkan tujuh spesies burung yang terdapat di sini merupakan fauna endemik yang hanya dapat ditemukan di Pulau Sumba, seperti Punai Sumba, Burung Madu Sumba, Burung Hantu Sumba, Sikatan Sumba, hingga Kakatua Jambul Jingga atau Cempaka dan Julang Sumba yang berada di ambang kepunahan.

Selain itu kawasan Taman Nasional Manupeu Tanadaru juga menjadi tempat singgah bagi burung-burung yang bermigrasi dari Australia atau Eurasia.

Rute menuju taman nasional ini dimulai dari Kupang menuju Waingapu menggunakan penerbangan selama satu jam. Lalu setelah itu dari Waingapu melalui Lewa, Waikabuba menggunakan jalur darat menuju taman nasional.

2. Air Terjun Matayangu

Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Sumber: genpi.co

Matayangu mempunyai arti ‘persinggahan sementara’ bagi masyarakat sekitar. Air terjun ini dipercaya sebagai tempat persinggahan arwah sebelum mencapai tempat yang lebih tinggi.

Air terjun ini berada di kawasan Taman Nasional Manupe Tanah Daru. Keunikan dari air terjun ini adalah memiliki dua sumber mata air.

Mata air pertama muncul dari dalam mulut gua yang memiliki ketinggian 75 meter. Pada saat musim hujan akan terbentuk air terjun lain yang berasal dari Sungai Matayangu dengan ketinggian 130 meter.

Lokasi Air Terjun Matayangu berada di Manurara, Katikuna Selatan, Kabupaten Sumba Tengah, Nusa Tenggara Timur.

Jika kamu ingin mengunjungi Air Terjun Matayangu kamu harus melakukan perjalanan udara dari Kupang menuju Waingapu selama satu jam.

Selanjutnya melakukan perjalanan darat selama dua jam menuju Waikabubak. Dari desa terakhir di Waikabubak kamu membutuhkan waktu tiga jam untuk sampai di Taman Nasional Manupe.

Sesampainya di Taman Nasional Manupe kamu masih harus menjelajahi hutan selama kurang lebih satu jam sebelum akhirnya tiba di kaki air terjun.

Walaupun membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang besar namun semuanya akan terbayarkan dengan suguhan pemandangan yang menawan.

3. Pantai Konda Maloba

pantai maloba, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

pantai maloba, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah – Sumber: hjf-ringan.blogspot.com

Masih berada di wilayah Taman Nasional Manupeu Tanadaru, Pantai Konda Maloba berada di bagian selatan TNMT. lebih tepatnya pantai ini berada di Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah. Pantai ini terletak di dua desa yaitu Desa Konda dan Desa Maloba.

Untuk menuju ke Pantai Konda Maloba hanya membutuhkan waktu selama ± 1,5 jam dari Waikabubak ibukota Kabupaten Sumba Barat, atau satu jam jika berasal dari Waibakul ibukota Sumba Tengah.

Walaupun begitu perjalanan tidak akan senyaman saat berada di kota provinsi. Namun semua akan terbayarkan saat kamu memasuki wilayah pantai yang masih perawan.

Pesona dari Pantai Konda Maloba adalah pasir putih dan ombak yang tenang. Air laut di pantai ini sangat jernih sehingga kamu dapat melihat berbagai jenis ikan seperti kerapu merah dan kerapu putih.

Di pantai ini juga terdapat batu besar yang menjulang sepanjang 15 meter. Oleh masyarakat sekitar batu ini dinamakan Appu Ladu yang berarti ‘Ibu Matahari’. Konon kabarnya batu ini adalah makam bangsawan yang hidup ratusan tahun lalu.

4. Kampung Adat Wawarongu

Kampung Adat Wawarongu, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Kampung Adat Wawarongu, Rumah Tradisional Sumba | Sumber: itchcreature.com/

Jika kamu ingin mengunjungi wisata budaya di daerah Sumba Tengah, Kampung Adat Waworungu bisa menjadi jawabannya.

Merupakan salah satu kampung tertua di Sumba, konstruksi rumah adat yang ada di Kampung Wawarongu masih terjaga keasliannya.

Ditambah lagi dengan kubur-kubur batu asli yang diletakkan di depan rumah membuat aura magis semakin terasa. Upacara sakral Tauna Usu Manua juga masih diselenggarakan di kampung ini.

Kampung Adat Wawarongu terletak di Desa Wendewa Barat Kecamatan Mamboro Kabupaten Sumba Tengah. Akses menuju Kampung Wawarongu bisa ditempuh melalui jalur darat dengan jarak ± 33km dari Ibukota Kabupaten Waibakul.

5. Makam Megalitik di Kampung Adat Pasunga

Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah

Makam Megalitik Kampung Pasunga, Tempat Wisata Keren di Sumba Tengah | Sumber: myphotosumba.blogspot.com/

Kampung adat Pasunga berada di Desa Anakalang, Waibakul, Ibukota Provinsi Sumba Tengah.

Tidak sedikit rumah adat di kampung ini yang sudah beratap seng, namun secara bentuk dan keseluruhan tradisi masyarakat Sumba masih dijalankan oleh masyarakat setempat.

Hiasan tulang-tulang babi juga terlihat di depan rumah yang menjadi simbol status sang tuan rumah. Kuda-kuda juga dibiarkan bebas merumput di halaman rumah.

Kampung Adat Pasunga menjadi salah satu tempat wisata keren di Sumba Tengah. Di kampung ini terdapat lempengan batu tegak terpasang dengan ukiran gambar kepala suku dan istrinya yang dibuat pada tahun 1926. Konon kabarnya pada saat itu 150 ekor kerbau dikorbankan saat mereka dimakamkan.

Untuk menuju ke Kota Waibakul kamu bisa melakukan perjalanan udara menuju Bandara Tambolaka di Kabupaten Sumba Barat Daya, dilanjutkan dengan perjalanan sekitar dua jam.

Selain itu kamu bisa menuju ke Bandara Umbu Mehang Kunda di Kabupaten Sumba Timur dan dilanjutkan dengan perjalanan darat sekitar tiga jam.

**

Itulah lima pilihan tempat wisata keren di Sumba Tengah yang wajib masuk ke list perjalananmu. Keeksotisan Sumba yang masih belum banyak terjamah wisatawan menjadi sebuah mutiara yang sangat berharga.

Tidak hanya wisata alam namun wisata adat dan budaya dapat kamu temui dengan mudah di Pulau Sumba. Kira-kira mana yang akan kamu kunjungi terlebih dahulu?

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x