5 Tempat wisata di Sumba Barat Daya

Tempat wisata di Sumba Barat Daya – Tidak akan pernah habisnya ketika berbicara soal tempat wisata yang indah dan memesona di Pulai Sumba. Suatu daerah yang terletak di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memang banyak sekali menawarkan tempat wisata yang akan membuat wisatawan tidak akan pernah lupa akan sensasi dan keindahan alamnya.

Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan salah satu kabupaten yang memiliki beberapa destinasi wisata yang bisa membuat wisatawan kagum atas keindahan panoramanya.

Berikut kami sampaikan 5 tempat wisata di Sumba Barat Daya yang wajib kalian kunjungi:

1. Bukit Lendongara

ledonggara

Bukit Ledonggara, Tempat wisata di Sumba Barat Daya – Foto @lusi_xiaofeng

Tempat wisata di Sumba Barat Daya yang pertama adalah Perbukitan Ledonggara. Bukit dengan hamparan bebatuan dan rumput hijaunya ini memiliki daya tarik tersendiri sehingga pendakian pun tidak terasa melelahkan.

Kontur perbukitan yang menyerupai gelombang juga menambah nilai keindahan dari Bukit Ledongara Sumba ini. Untuk mencapai tempat yang strategis kalian diharuskan naik ke perbukitan selama 15-30 menit perjalanan kaki.

Bukit yang menjulang tidak terlalu tinggi dan lembah yang saling berselang-seling menjadikan Bukit Ledongara sangat cocok untuk dijadikan tempat untuk bersantai dan mengabadikan momen dengan berfoto.

Hamparan rumput ini terlihat bagaikan padang savana yang sangat indah dan eksotis. Duduk dan bersantai sambil menghirup udara segarnya dapat merelaksasikan fikiran dan fisik kalian.

2. Danau Weekuri

Danau Weekuri, Tempat wisata di Sumba Barat Daya

Danau Weekuri, Tempat wisata di Sumba Barat Daya- Foto @yanandriyan_

Danau Weekuri juga termasuk kedalam Tempat wisata di Sumba Barat Daya. Danau cantik ini adalah danau air asin yang terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur.

Danau Weekuri terletak sekitar 60 kilometer dari ibu kota kabupaten, Tambolaka. Danau ini memang dikelilingi oleh batu karang yang memisahkannya dengan laut.

Mitos setempat menyebutkan bahwa Weekuri konon dahulu merupakan nama sebuah perkampungan yang tenggelam akibat meluapnya air laut.

Danau Weekuri berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar terjauh 50 meter. Kedalaman danau berkisar 30 cm hingga 2,5 meter saat surut namun dapat mencapai lima meter saat laut pasang.

Danau Weekuri yang berwarna hijau kebiru-biruan ini merupakan danau yang sangatlah unik jika dibandingkan dengan danau-danau pada umumnya di Indonesia karena kandungan airnya yang asin dan payau.

Baca juga artikel tentang destinasi wisata di Pulau Sumba yang wajib kalian kunjungi:

3. Tana Wai Humba, Tempat wisata di Sumba Barat Daya

tana

Tana Wai Humba – Foto @jelajah.indonesia

Tanai Wai Humba adalah destinasi wisata di Sumba Barat Daya selanjutnya. Jika kalian berkunjung ke tempat ini maka akan merasakan pemandangan dan kondisi alam yang benar-benar masih terjaga kelestariannya.

Di tempat wisata ini kalian akan bisa melihat aktivitas masyarakat lokal sebagai petani dan tentunya kalian juga bisa belajar bercocok tanam dengan para petani tersebut.

Selain berlibur tentunya kesempatan ini akan menambah ilmu tentang adat istiadat dan budaya masyarakat lokal Sumba Barat Daya.

4. Pantai Pero

Pantai Pero, Tempat wisata di Sumba Barat Daya

Pantai Pero, Tempat wisata di Sumba Barat Daya – Foto @rhevie90

Pantai Pero terletak di desa Pero Kodi, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya. Wisatawan harus menempuh perjalanan sekitar 40 km dari ibukota Kabupaten Sumba Barat Daya, Tambolaka menggunakan kendaraan bermotor.

Pantai Pero adalah pantai yang memiliki keunikan tersendiri yaitu ombak dan keindahan matahari terbenam ketika hari sudah mulai senja. Selain keindahan pantai, di sekitar areanya juga terdapat pelabuhan dan desa nelayan.

Selain matahari terbenam, ombak di Pantai Pero cukup besar dan pantainya sangat cocok untuk lokasi berselancar. Jika wisatawan datang ke sana pasti banyak peselancar dari luar negeri mencoba menantang ombak di Pantai Pero ini.

5. Pantai Bawana

Pantai Mbawana

Pantai Mbawana – Foto @deni_namaku

Pantai Mbawana, juga disebut Pantai Batu Bolong, terletak di Kabupaten Kodi, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur. Jaraknya sekitar 59 kilometer dari Bandara Tambolaka dan dapat dicapai dalam waktu 1 jam 22 menit.

Keunikan Pantai Mbawana ini adalah pada tebing-tebing karang yang menjorok ke pantai, membuat dinding dengan lubang besar di tengah, karang berlubang ini memperindah Pantai Mbawana, pengunjung dapat menghubungkan lubang ini, sambil berfoto / selfie dan sedang menikmati keindahan pantai ini.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x