5 Cara Liburan ke Sumba dengan Mudah dan Murah

Cara Liburan ke Sumba – Sumba sekarang ini tengah menjadi destinasi wisata primadona yang sedang banyak banyaknya dikunjungi wisatawan.

Semenjak 2-3 tahun belakangan ini, banyak travel influencer maupun selebgram yang berbondong bondong pergi traveling ke Sumba.

Tak heran pamor Sumba kian melejit di linimasa. Para traveler influencer banyak yang berdecak kagum akan keindahan dari pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur ini. Para traveler juga mencap Sumba sebagai permata yang tersembunyi dari Indonesia.

Banyak influencer yang mengunjungi Sumba, membuat khalayak ramai juga ingin tahu betapa indahnya bumi Sumba. Banyak dari mereka yang belum tahu bagaimana cara menuju Sumba yang efisien dan murah.

Kini mari kita bahas secara seksama bagaimana Cara Liburan ke Sumba yang mudah dan murah disertai tips tips jika kamu sudah sampai di sana.

1. Backpackeran Ke Sumba

Untuk kamu yang anak travelng banget dan siap repot karena akan menjadi cerita yang indah lebih baik kamu pergi tidak melalui agen traveler atau opentrip.

Baca Juga ya :

Trip ke sumba bareng backpacker jakarta

Trip ke sumba bareng backpacker jakarta

Kamu bisa pergi dengan backpackeran. Budget yang dikeluarkan jika kita pergi ke Sumba dengan backpackeran cukup terjangkau.

Dengan backpakeran kamu bisa menyesuaikan perjalanan dengan budget yang kamu punya. Untuk seorang backpacker untuk berkunjung ke Sumba minimal perorangnya hanya harus mengeluarkan kocek mulai dari 1.5 – 2,5 juta atau lebih sesuai dengan kebutuhan mu.

Namun jika kamu kurang percaya diri solo backpacker ke sumba, maka salah satu Cara Liburan ke Sumba yang mudah dan murah adalah dengan ikut Komunitas Backpacker seperti ikut trip Sumba yang sering diadakan oleh Backpacker Jakarta.

2. Ikut Open Trip ke Sumba

Open trip menjadi pilihan yang ideal jika ku ingin mengunjungi Sumba. Mengingat medan di Sumba yang belum terlalu ramah untuk wisatawan.

Apalagi antar lokasi pertama dan lokasi lain memiliki jarak yang berjauhan, maka dari itu butuh effort lebih untuk mendatangi tempat wisata itu satu persatu.

Denga open trip, setidaknya kamu tinggal duduk tenang dan menyiapkan kamera untuk membuat konten nantinya. Kisaran harga untuk open trip ke Sumba cukup terjangkau untuk para wisatawan dengan keuangan menengah keatas.

Untuk satu paket open trip ke Sumba perorangnya harus membayar kisaran 3 sampai 4 jutaan tergantung berapa hari kamu disana dan fasilitas apa yang akan kamu dapat.

Cara Liburan ke Sumba yang murah dengan ikut opentrip

Cara Liburan ke Sumba yang murah dengan ikut opentrip – sumber : Turisma Travel 2020

Biasanya satu paket open trip ini sudah termasuk biaya penginapan, transportasi, makan, dan masuk tempat wisata.

Kelebihan dari open trip ini adalah, kamu akan dipandu oleh seorang pemandu lokal yang akan menunjukan kamu ke tempat wisata yan bagus. Mereka juga akan memberikan petunjuk tata krama jika kamu berkunjung ke suatu tempat.

Selain itu berpergian menggunakan jas open trip ini cocok kamu yang membawa anak dan harus membawa barang yang banyak, karena barang kamu akan dibantu dibawakan oleh salah satu orang dari agen travel yang kamu pesan.

Selain itu open trip ini juga cocok untuk kamu yang tidak ingin repot karena keperluan mu sudah disediakan disini.

Cara Pergi ke Sumba

Untuk menuju ke pulau Sumba tidak ada akses kendaraan darat. Jadi untuk menuju pulau Sumba kamu bisa memilih 2 alternatif yakni dengan cara naik pesawat atau dengan cara naik kapal Laut.

1. Naik Pesawat Ke Sumba

Jika naik pesawat dari Jakarta tidak ada rute langsung menuju Sumba, melainkan kamu harus transit. Pilihan kota transit ada dua, kamu bisa pilih di Denpasar, Bali atau di Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Naik pesawat ke Sumba

Naik pesawat ke Sumba, Sumber : Kanwil Kemenag NTT

Perjalanan Jakarta – Bali ditempuh dalam waktu kurang lebih 2 jam ditambah dari Bali ke Sumba selama 60 menit perjalanan.

Sedangkan perjalanan Jakarta – Kupang memakan waktu kurang lebih 3 jam perjalanan.dan dari Kupang – Sumba juga memakan waktu 60 menit (semua tergantung jenis pesawat dan maskapai). Kisaran harga tarif tiket pesawat Jakarta – Sumba berkisar 1,5 – 3 juta rupiah perorangnya.

2. Ke Sumba Naik Kapal

Alternatif lain menuju ke pulau Sumba adalah dengan naik kapal laut. Kapal laut memiliki 2 rute perjalanan. Pertama dari Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya ke Pelabuhan Waingapu, Sumba Timur.

Kisaran harga yang ditawarkan kira-kira sebesar Rp400.000 ke atas. Namun salah satu kendalanya adalah waktu yang dibutuhkan cukup lama yakni dengan waktu tempuh sekitar 2- 3 hari tergantung rute perjalanan kapal.

Kamu juga bisa naik kapal laut langsung dari Labuan Bajo ke Waingapu Sumba dengan kisaran tiket Rp120.000 – an atau bahkan dari Kota Kupang atau dari pelabuhan Sape di Bima Sumbawa juga bisa.

kapal menuju waingapu Sumba

kapal menuju waingapu Sumba, sumber : KATA OMED

Jika berpergian dengan backpackeran kamu harus mencari transportasi, makan, dan penginapan tersendiri. Untuk makan perorang sekali makan bisa mengeluarkan budget dari 15 sampai 35 ribu. Sedangkan penginapan mulai dari harga Rp165.000 sudah ada.

Untuk transportasi kamu bisa memilih menyewa mobil atau motor. Untu keamanan disarankan memilih mobil dengan biaya sewa lebih mahal. Untuk keefisienan disarankan motor karena lebih gesit.

Pokoknya sesuaikan ya budget kamu. Dan juga untuk memudahkan perjalanan kamu, lebih baik kamu menyewa pemandu lokal yang sudah tau seluk beluk Sumba.

Tips Liburan ke Sumba

trip ke Sumba murah

trip ke Sumba murah, sumber : Turisma Travel 2020

Jika sudah tau cara ke sumba dan mau memilih cara backpackeran atau Ikut paket trip atau mungkin ingin menyoba solo backpacker maka selanjutnya ada beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan saat kamu akan liburan ke Sumba :

Pilih Waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Sumba  adalah bulan April hingga Oktober saat musim kemarau. Karena di waktu ini kamu dapat melihat keeksotisan Sumba yang sempurna.

Gunakan jasa pemandu lokal

Jasa pemandu lokal sangat penting, selain dapat membantu untuk menunjukan lokasi pemandu lokal juga berperan untuk membantu komunikasi dan bersikap sopan pada warga setempat.

Menjaga sopan santun

Selalu menjaga sopan santun ketika di Sumba, karena rakyatnya masih memegang teguh adat istiadat yang ada. Lebih baik sebelum melakukan sesuatu tanyakan pada pemandu mu dulu.

Pilih kartu provider yang tepat

Tidak semua kartu provider dapat digunakan di Sumba karena sering susah untuk mendapatkan sinyal. Kami menyarankan untuk menggunakan provider Telkomsel karena jaringannya yang stabil.

Siapkan fisik

Karena dari satu tempat wisata ke tempat wisata lain jaraknya lumayan jauh, kamu harun menjaga stamina agar tidak kelelahan dan sakit.

***

Itulah beberapa tips sebelum kamu pergi ke Sumba. Bagaimana, sudah siap belum untuk melihat keindahannya?

Penulis

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x