5 Wisata di Sumba Barat Daya yang Ngehits

Siapa di antara anda yang suka sekali melihat foto-foto traveling di Sumba dengan background alam yang super duper keren? Anda termasuk salah satunya? Ingin berlibur ke Sumba dan berfoto-foto di tempat wisata yang ngehits? Yuk, simak 5 wisata di Sumba Barat Daya yang Ngehits saat ini, supaya anda tidak bingung dalam menyusun traveling itinerary anda ke Sumba Barat Daya.

Akses ke Sumba Barat Daya

Pertama, yang perlu anda ketahui, Kabupaten Sumba Barat dan Kabupaten Sumba Barat Daya merupakan 2 kabupaten yang berbeda. Dalam artikel kali ini, kami akan memberikan referensi tempat wisata yang ngehits di Kabupaten Sumba Barat Daya.

Untuk traveling ke Sumba Barat Daya, anda sebaiknya memilih Bandara Tambolaka sebagai tujuan penerbangan anda. Karena belum ada maskapai yang langsung mencapai Bandara Tambolaka, anda harus transit dulu di Kupang atau di Denpasar, tergantung dari Maskapai yang anda pilih.

Sekadar saran, untuk mengeksplor 5 wisata di Sumba Barat Daya yang ngehits ini, sebaiknya anda menyewa mobil beserta supirnya. Karena memang beberapa lokasi wisata di Sumba Barat Daya tidak memiliki papan petunjuk. Atau anda bisa mengajak warga lokal yang paham dengan jalan ke 5 wisata yang akan kami rekomendasikan kepada anda.

5 Wisata di Sumba Barat Daya yang Ngehits

Berfoto Dengan Eksotiknya Bukit Lendongara

View Bukit Lendongara – Foto: today.line.me

Bukit Lendongara, merupakan tempat wisata yang cocok untuk menikmati sunrise ataupun sunset. Tapi kalau anda ingin melihat pernikahan warna hijau dan coklat yang melahirkan maha karya alam luar biasa dalam bentuk perbukitan yang luas, maka datanglah siang atau sore hari.

Bukit Lendongara terletak di di Desa Karunni, Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya. Hanya 30 menit dari Bandara Tambolaka. Anda bisa menjadikan Bukit Lendongara sebagai tujuan pertama wisata anda di Sumba. Akses ke sana sudah cukup bagus dengan jalan beraspal, sekalipun anda akan melewati jalan yang berliku dan naik turun khas Sumba. Tidak terlalu sulit untuk mencapai Bukit Lendongara ini, gratis pula.

 

Menikmati Birunya Laguna Weekuri

Spot terbaik di Laguna Weekuri – Foto: Vhyrabufteim

Laguna Weekuri atau biasa juga disebut dengan Danau Weekuri terletak di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara, Sumba Barat Daya. Danau ini dikelilingi batu karang yang kokoh, seolah menjadi pelindung danau dari tingginya deburan ombak laut. Ya, danau ini dikeliling oleh laut. Bentuknya oval dengan panjang sekitar 150 meter dan lebar 50 meter.

Untuk menikmati keindahan Danau Weekuri atau Laguna Weekuri, anda harus menempuh perjalanan sekitar 50 km atau 1 jam perjalanan. Dan untuk menikmati keindahan danau yang menenangkan ini, anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya masuk. Cukup bayar parkir mobil saja.

Spot Foto Hits di Pantai Bawana

Pantai Bawana – Foto: asokaremadja

Kalau sudah ke Kecamatan Kodi, maka sempatkanlah mengunjungi Pantai Bawana yang eksotik ini. Pantai ini sangat khas dengan batu karangnya yang besar dengan bentuk yang bermacam-macam dan unik. Mulai dari lengkungan yang asyik, sampai lubang besar di tengah batu karang yang sangat indah untuk dijadikan spot foto. Bila anda pengejar sunset, maka percayalah, anda akan mendapatkan pengalaman sunset terindah melalui pantai ini.

Dari Bandara Tambolaka ke Pantai Bawana hanya memakan waktu sekitar 1 jam, tidak terlalu terasa lama, karena sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan view alam khas Sumba yang luar biasa cantik.

Untuk masuk dan bermain di Pantai Bawana, anda hanya perlu merogoh kantong sebesar Rp. 25.000-Rp. 50.000 sebagai biaya masuk dan parkir di sekitar pantai. Tidak terlalu mahal untuk view yang super cantik kan?

Bermain Air di Waikelo Sawah

Salah satu spot foto di Waikelo Sawah – Foto: ayodolan.

Waikelo Sawah merupakan sumber mata air bagi penduduk sekitar, dengan debit air yang cukup deras yaitu 1000 liter per detik. Daya tarik utamanya adalah view di sekitar mulut goa yang sangat cocok dijadikan tempat untuk berfoto. Selain gua yang asri, Waikelo Sawah juga memiliki kolam dengan air yang sangat jernih.

Wisata Waikelo Sawah terletak di Desa Tema Tana, Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya. Tidak ada biaya masuk untuk menikmati si cantik Waikelo Sawah alias gratis.

Menyapa Keunikan Air Terjun Pabeti Lakera

Air Terjun Pabeti Lakera – Foto: merahputih.com

Bosan dengan pantai dan danau, tapi masih ingin bermain air? Kami ajak anda mengunjungi Air Terjun Pabeti Lakera yang terletak di Desa Delo kecamatan Wewewa Selatan, Sumba Barat Daya. Keunikan air terjun ini adalah karena dia memiliki 4 tingkatan. Untuk tingkatan pertama, Air Terjun Pabeti Lakera memiliki ketinggian 6 meter.

Kalau adrenalin anda terpancing untuk menikmati setiap tingkatannya, maka siapkan stamina anda untuk tracking dan menaiki serta menuruni puluhan anak tangga. Kalau lelah, bisa berhenti dulu, sembari menghirup oksigen yang segar dan menikmati suara aliran air terjun yang menyegarkan jiwa.

Konon, pada zaman dulu ada dua orang gadis yang bersahabat kental mencintai 1 orang pemuda yang sama. Karena tidak ingin saling menyakiti, kedua gadis ini pun menceburkan diri dan berubah menjadi 2 ikan, yang lagi-lagi konon katanya masih hidup sampai sekarang. Penasaran, mau menjumpai kedua ikan tersebut?

Air Terjun Pabeti Lakera berjarak 25 km dari Bandara Tambolaka atau sekitar 40 menit saja. Sama seperti beberapa tempat wisata di Sumba, tidak ada tiket masuk ke Air Terjun Pabeti Lakera ini.

Bagaimana, sudah siap mengunjungi ke 5 wisata di Sumba Barat Daya? Mana yang akan anda kunjungi pertama kali? For your information, harga sewa mobil di Sumba mulai dari Rp. 800.000 sudah termasuk supir. Anda bisa nego sendiri nanti ya, dan bisa pilih mau sewa langsung dari Tambolaka atau dari Kota Waikabubak. Selamat berwisata hits!

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x