Mengenal Hobba Kalla Di Sumba Barat

Hobba Kalla  –    Provinsi Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu provinsi yang paling sering dikunjungi oleh wisatawan karena keindahan alamnya serta tradisinya yang masih dilestarikan oleh masyarakatnya .  Selain tradisi dan keindahan alamnya, kuliner di Nusa Tenggara Timur juga menarik perhatian para wisatawan.

Kabupaten Sumba Barat yang ada di Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu Kabupeten yang wajib kamu kunjungi saat berlibur karena disini banyak kuliner, tempat wisata dan kampung adat yang bisa kamu eksplor. Salah satu tempat yang wajib kamu kunjungi saat berlibur  saat berlibur di Kabupaten Sumba Barat adalah Hobba Kalla.

Apa saja yang bisa kamu dapatkan saat berkunjung ke Hobba Kalla? Dan apa yang membedakannya dengan tempat wisata yang lain? Ini dia penjelesan mengenai Hobba Kalla yang ada di Kabupaten Sumba Barat.

 

Hobba Kalla Sumba Barat

 

Hobba Kalla Sumba  Foto: merahputih.com

Hobba Kalla Sumba terletak di Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dan Hobba Kalla memiliki luas 2 hektar, serta dikelilingi padang rumput hijau yang sangat memanjakan mata para wisatawan.

Jika kamu ingin berkunjung ke Hobba Kalla, waktu yang terbaik adalah saat sore hari karena sinar matahari  yang membuat pemandangan di Hobba Kalla menjadi indah, dan kamu bisa berfoto disini  serta fotonya bisa di upload di social media kamu.

Selain itu, hal menarik lainnya yang bisa kamu dapatkan di Hobba Kalla adalah kamu bisa melihat para gembala yang sedang menggembalakan hewan ternak mereka saat sore hari, dan kamu juga bisa bercengkrama dengan mereka.

Pantai Kerewei Dekat Hobba Kalla

Pantai Kerewei Dekat Hobba Kalla   Foto: triptrus.com

Tidak jauh dari Hobba Kalla, terdapat sebuah pantai yang sangat cantik pemandangannya bernama Pantai Kerewei. Pantai  Karawei pemandangannya sangat indah, dan pasirnya berwarna putih , serta airnya yang sangat biru jernih . Disini juga terdapat banyak pohon kelapa yang membuat udara menjadi sejuk, serta angin laut yang membuat kamu tambah betah berada di pantai ini.

Pantai Kerewei yang dekat denga Hobba Kalla ini bisa kamu jadikan tempat untuk berseluncur karena ombaknya cukup tinggi,  atau kamu bisa minum kelapa muda yang dijual oleh masyarakat sekitar. Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin menghilangkan penat dari segala aktivitas yang ada di Jakarta.

Benda Peninggalan Zaman Megalitikum di Hobba Kalla Sumba

Benda Peninggalan Zaman Megalitikum  di Hobba Kalla   Foto: molon.de

Selain terdapat padang rumput yang sangat luas dan juga pantai, di Hobba Kalla juga terdapat  sebuah peninggalan sejarah yakni benda  yang terbuat dari batu. Benda benda ini merupakan peninggalan dari zaman Megalitikum, dan masyarakat Sumba dahulu menggunakan batu untuk melakukan berbagai aktivitas.

Jika kamu melihat peninggalan benda sejarah seperti ini di Hobba Kalla, kamu bisa memotonya dengan kamera handphone atau foto bersama teman, pacar atau keluarga kamu, selain itu , kamu juga wajib merawat benda peninggalan sejarah yang satu ini agar tidak menjadi rusak.

Tradisi Pasola Yang Sering Diselenggarakan di Hobba Kalla

Pasola di Hobba Kalla   Foto : waingapu.com

Festival Pasola merupakan salah satu  kesenian  khas Sumba termasuk Sumba Barat, dan disini  dua orang saling bertempur dengan menggunakan tombak dari atas kuda. Tradisi ini biasa diselenggarakan di Kecamatan Lamboya, Kecamatan Wanakoka, Kecamatan Kodi, dan Kecamatan Gaura , serta tradisi ini diadakan setiap bulan Februari- Maret.

Hobba Kalla sering  terdapat berbagai acara  yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten atau  dari Kecamatan. Acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten atau Kecamatan adalah, Festival Pasola ( Pemerintah Kabupaten)  setiap bulan Februari,  dan juga acara pacuan kuda  (Kecamatan) yang diselenggarakan setiap bulan Juni- Juli.

Para wisatawan  baik lokal maupun mancanegara tidak dikenakan biaya untuk melihat festival Pasola, dan para wisatawan akan disuguhkan penampilan  menarik dari  atraksi yang dilakukan oleh para pemuda yang sedang bertarung diatas kuda.

Akses Menuju Hobba Kalla

Akses menuju Hobba Kalla sangatlah mudah, dan  bisa dijangkau oleh kendaraan pribadi.  Dengan menggunakan mobil atau motor, kamu dapat menempuh perjalanan selama 1 jam dari Kota Waikabubak, dan kamu bisa menikmati keindahan alam yang ada di Hobba Kalla.

Jika kamu yang ingin berlibir ke Hobba Kalla, jangan lupa datang bersama teman, pacar atau keluarga kamu, karena Hobba Kalla bisa kamu kunjungi setiap harinya, dan jangan lupa untuk bersenang senang serta  lepaskan penat kamu di Hobba Kalla.

BACA JUGA 

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x