Pertama Kali ke Sumba, Baca Infonya

Pertama Kali ke Sumba, Baca Infonya

Hai guys, apabila kamu sedang mencari destinasi liburan di NTT, khususnya di Sumba. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan jika akan berkunjung ke Sumba agar kamu dapat mempersiapkan segala sesuatunya. Maka artikel ini wajib kamu baca terlebih dahulu.

Kemolekan tanah Sumba telah menjadi idaman dan favorit, tak hanya wisatawan lokal melainkan juga mancanegara.

Baca juga artikel lainnya ya:

Wisata Sumba Barat Daya yang Ngehits

Pantai mambang lamboya sumba

Pulau di selatan Flores ini layak menjadi salah satu destinasi wisata yang wajib Kamu kunjungi minimal sekali seumur hidup. Lantas, apa saja yang harus kita perhatikan ketika hendak ke sana?

  1. Memilih Waingapu atau Tambaloka

tips wisata ke sumba

Foto@Phinemo

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat hendak berkunjung ke Sumba adalah kamu harus memilih akan mendarat di Waingapu atau di Tambaloka.

Kedua daerah tersebut merupakan bandara yang ada di Sumba. Waingapu berada di sumba timur dan Tambolaka berada di Sumba Barat Daya. Kamu mesti menentukan pilihan destinasi tujuan untuk menentukan lokasi bandara tempat pesawat kamu akan mendarat.

Kalau pilihan kamu adalah Tambolaka maka kamu bisa mengunjungi beberapa desa adat yang tersebar di wilayah tersebut. Salah satu desa adat yang terkenal adalah rumah adat ratenggaro yang sangat iconic.

Tapi, kalau pilihan kamu jatuh untuk melihat lebih dulu padang sabana yang sangat eksotic maka kamu bisa memilih mendarat di Waingapu.

  1. Menyewa alat transportasi sesuai destinasi tujuan

Nah, hal lain yang perlu diperhatikan saat kamu berkunjung ke Sumba adalah alat transportasinya. Kalau kamu berkunjung ke Sumba Timur atau Waingapu maka sebaiknya kamu menyewa sepeda motor. Sedangkan jika kamu mendarat di Sumba Barat maka kamu sebaiknya menggunakan mobil untuk transportasi.

Adapun harga untuk menyewa motor adalah berkisar Rp100.000 per hari. Kemudian untuk menyewa mobil seharga Rp.800.000 per hari.

  1. Mempersiapkan fisik sebelum berangkat ke Sumba

Karena kamu akan menjelajahi pulau Sumba, maka sebaiknya sebelum berangkat kamu harus mempersiapkan fisik agar selalu fit selama perjalanan.

Menuju bukit, air terjun, padang savana dan lain sebagainya, semuanya diharuskan dengan trekking. Akan menguras tenaga dengan medan yang lumayan susah.

Terlebih bila hujan menerjang, maka jalanan akan licin dan Kamu harus berhati-hati karenanya. Oleh sebab itulah, persiapan badan harus fit dan tetap terjaga dengan baik.

Menuju bukit, air terjun, padang savana dan lain sebagainya, semuanya diharuskan dengan trekking. Akan menguras tenaga dengan medan yang lumayan susah.

  1. Tidak ada sinyal

tips wisata ke sumba

@Phinemo

Tips wisata ke Sumba selanjutnya adalah kamu harus memastikan urusan di rumah maupun dikantor telah beres. Kenapa? Karena sesampainya di sumba kamu akan terkendala oleh sinyal saat menghubungi keluarga atau rekan.

Pastikan untuk memberitahu orang-orang terdekat bahwa kondisi di Sumba akan sedikit terganggu oleh sinyal sehingga jika keluarga tidak khawatir saat tidak mendapatkan kabar darimu.

  1. Mempersiapkan uang cash

pantai mbawana

Foto@Phinemo

Persiapkan uang cash secukupnya saat berkunjung ke Sumba karena di sumba akan susah menemukan atm.

  1. Masyarakat lokal yang membawa parang

Ohya, satu hal lagi yang harus kamu ketahui saat berkunjung ke Sumba, yaitu masyarakatnya yang membawa parang. Eittsss, jangan buru-buru takut. Warga sumba menjadikan parang sebagai atribut yang biasa dikenakan oleh warga, khususnya warga sumba barat daya.

Parang biasanya disematkan di sarung atau dipakaikan mereka. Hal tersebut merupakan kultur yang mereka miliki dalam upaya melindungi diri. Bila masih khawatir kamu bisa menyewa pemandu wisata dari warga lokal untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang bisa terjadi.

  1. Biaya hidup di Sumba

Perlu diketahui oleh para traveler yaitu mengenai biaya hidup atau biaya makan. Gak dipungkiri bahwa biaya sekali makan di Sumba berkisar cukup mahal yaitu antara 35.000. Dan jangan lupa untuk selalu menyediakan uang cash ya.

Nah itu dia 7 info yang perlu kamu ketahui jika kamu ingin berkunjung ke Pulau Sumba. Dengan begitu kamu dapat mempersiapkan segala sesuatu yang kamu butuhkan sewaktu di Sumba. Selamat menikmati liburan di Sumba, guys.

You may also like...

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments
0
Would love your thoughts, please comment.x
()
x